Kumpulan Gambar Doodle Beserta Cara Mudah Membuatnya

Kumpulan Gambar Doodle Beserta Cara Mudah Membuatnya

Gambar Doodle – Hai sahabat damainesia, jumpa lagi di website kami. Setelah kemarin membahas mengenai seni rupa, kali ini kami akan menyajikan salah satu contoh karya terapan dari seni rupa terebut. Yang mana telah banyak digunakan sebagai hiasan maupun aktifitas yang produktif di dunia seni, terutama kaula muda. Termasuk Anda bukan?

Untuk Anda yang masih pemula mungkin perlu banyak masukan agar menjadikan Anda lebih profesional dalam membuat karya berupa gambar doodle.

Tak perlu khawatir disini kami akan bahaskan secara lengkap apa itu gambar doodle, cara membuat dan tips agar hasil gambar Anda lebih membius mata penikmat karya coretan Anda.

Pengertian Gambar Doodle Art

Gambar Doodle adalah seni lukis berupa coretan yang dibuat dalam bentuk abstrak dan tidak memiliki tujuan khusus pembuatnya. Doodle art biasa dilakukan oleh seorang seniman yang hanya dapat menyalurkan bakatnya pada kertas atau media kecil lainnya.

Arti kata doodle itu sendiri adalah gambar yang tak meiliki arti. Oleh karena itu, sering kita dapati gambar doodle hanya sebuah lukisan abstrak yang tidak ada kandungan makna tertentu namun merupakan sebuah luapan emosi terkait.

Meski hanya sebuah coretan namun tak luput dari kombinasi antar unsur seni rupa berupa garis, bidang, bentuk dan lainnya.

Doodle art juga bisa diartikan sebuah coretan grafity mini yang dibuat untuk kesenangan pribadi maupun banyak orang. Karena di dalamnya bisa disisipkan sebuah kata untuk menuangkan isi hati.

Jika kalian masih kurang paham dengan makna arti doodle art. Pengertian singkat gambar doodle yakni sebuah karya seni coretan tangan yang berisi gambaran atas luapan seni, jatidiri dan emosi dalam gambaran abstrak.

Fungsi Seni Doodle Art

  • Meluapkan emosi dalam seni
  • Seni rupa bagi anak muda
  • Mengasah kreativitas dalam berkarya
  • Kegitana mengisi waktu luang
  • Mengurangi stres
  • Dapat meningkatkan konsentrasi
  • Menambah fokus
  • Berpikir luas dan prespektif dapat beragam

Sejarah Singkat Tentang Doodle Art

Sebenarnya tidak ada kepastian mengenai sejarah terciptanya doodle art. Tapi dahulu doodle art lebih digunakan oleh para manusia purba menggambarkan lukisan sejarah mereka didalam dinding-dinding gua dan coretan di bebatuan.

Contoh : gambaran lukisan tentang sejarah raja mereka, tips berburunya mereka yang disimpan dalam sebuah seni agar dipahami keturuanannya melalui lukisan doodle pada rautan dan pahatan batu dinding. Tak hanya itu sebgian para purba juga sering menggambar sesuatu pada kulit hasil bururannya untuk meluapkan emosi seni pada dirinya.

Kemudian pada 1930-an muncul kata “doodle”, “doodling”, yang artinya suatu pekerjaan untuk membuang waktu  malas. Maka tak heran bila seni gambar abstrak ini diberi nama “doodle art” karen funsi utamanya untuk mengisi waktu luang yang tak terisi sesuatu yang produktif.

Cara Membuat Gambar Doodle

doodle art
@BertuahPos.com

Mungkin untuk menciptakan karya yang luar biasa perlu adanya continue dalam berlatih. Begitu juga langkah dalam membuat doodle art.

Tak bisa dijadikan patokan hasil pertama Anda dalam membuatnya langsung amazing. Nah, perlu tahapan yang bisa menjadikan Anda lebih pro ketika menciptakan karya doodle.

Berikut tips langkah cara membuat gambar doodle art singkat sederhana secara cepat dengan hasil baik bagus dan mempesona mata pemandangnya.

Alat dan Bahan untuk Membuat Doodle Art

Sebelum Anda melangkah dalam pembuatan doodle art, persiapankan dulu alat dan bahannya. Agar apa yang Anda kerjakan lancar tanpa terpotong waktu dalam mencari alat dan bahan ketika proses pembuatan berlangsung.

Meskipun alat dan bahan dasar pokoknya hnya dua macam, yakni pena dan kertas saja. Anda juga memerlukan alat lain untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal sempurna sebagaimana pembuat doodle profesional.

Berikut alat &bahan yang diperlukan dalam menerapkan seni gambaran doodle.

  • Pensil
  • Pensil warna
  • Buku sketsa
  • Pulpen
  • Stabilo
  • Tinta pena
  • Spidol maker
  • Kapur
  • dan Cat air

Langkah Membuat Doodle Art

  • Mencari Inspirasi

Setelah alat dan bahan telah lengkap, mari berlanjut ke tahap selanjutnya, langkah membuat doodle pada kertas putih. Pertama “cari inspirasi”.

Inspirasi merupakan sumber utama menentukan hasil gambar doodle art. Dengan inspirasi yang matang karya dodle lebih terarah dan tidak kehabisan ide dalam proses pelukisannya. Yang intinya lebih menjadikan seni lukis doodle terarah dan bertujuan tertentu.

Mengenai inspirasi dapat datang dari mana saja, sesuai selera Anda. Seperti sebuah gambar, karikatur, seni desaign, grafis, pencahayaan maupun bentuk ritme coretan.

Untuk Anda pemula, cobalah mencari inspirasi dari karya-karya para pembuat doodle terdahulu seperti contoh berikut.

  • Menentukan Font

Seni doodle art tak lepas dengan konsonan huruf pada penerapan lukisnya. Maka dari itu tentukan pula font ukuran gambar dan tipe apa yang tepat untuk doodle art tertentu.

Pada tahap ini pula Anda juga dapat mengasah kemampuan berkreasi dalam seni lukis. Mendapatkan insight baru dan terapan dari emosi jiwa sesuatu naluri Anda.

Bila tak kunjung mendapat ide font cari saja di internet dengan cara ketik “font doodle“.

  • Kumpulkan Macam Karakter Pilihan

Mengumpulkan beberapa karakter dan elemen yang sesuai tema. Usahakan sebanyak mungkin agar ide selalu ada yang muncul ketika proses pembuatan. Seperti karakter hewan, monster, benda dan manusia dan tumbuhan.

Dengan adanya paduan antar karakter juga akan menciptakan keunikan tersendiri dari doodle art. Dengan begitu karya dodle mu akan nampak hidup dengan adnya riasan antar elemen baik karakter, font, tulisan maupun coretan garis dan bentuk lainnya.

  • Ekspresikan Seni Secara Bebas

Nah, setetlah alat, bahan dan ide telah menyatu tuangkan semua senimu secara bebas tanpa harus ada batasan karena doodle sengaja dibuat untuk meluapkan emosi jiwa yang tak dapat diluapkan oleh seorang seniman.

Yang pada intinya bila ada ide begini langsung eksekusi dan pertimbangkan dengan baik juga, hehe. Penilaian bagus atau tidaknya seni rupa bukan karena bagus dan keren saja namun juga dengan adnya seni lain seperti luapan emosi layaknya doodle yang Anda dibuat. Selamat mencoba, semoga menjadi seniman doodle yang banyak karya teman.

Kumpulan Gambar Doodle dan Cara Membuatnya

Untuk Anda yang masih pemula cek video diatas dan cobalah membuatnya agar lebih rileks tangan Anda dalam mengolah pena untuk membuat doodle art.

Bagi Anda yang telah terbiasa menggambar doodle berikut beberapa contoh karya seni gambar doodle art sederhana bagus keren hitam putih berwarna warna sesuai dengan karakter bermacam-macam.

Gambar Doodle 2 Dimensi

gambar doodle art
doodle art

Karya seni rupa dua dimensi merupakan seni karya yang dapat dinikmati dengan satu cara pandang dan tidak telihat dalam dimensi lengkapnya. Hanya sebuah gambaran yang beritme garis, bentuk dan ketebalan bidang saja.

Bila dalam gambar dodle 2 dimensi ditentukan oleh tidak adanya pencahayaan yang diciptakan melalui ketebalan goresan pena. Lihat pada gambar diatas, cukup dengan keadaan bentuk dan coretan garis saja tanpa ada pencahayaan.

Cara membuat doodle dua dimensi sangat lebih mudah daripada 3 dimensi karena cukup dengan mengupayakan sempurnanya bentuk dan goresan pemanis pada inti doodle dibuat. Doodle dua dimensi juga sangat cocok bila dikombinasikan dengan warna-warna (tak hanya hitam putih).

Gambar Doodle 3 Dimensi

doodle 3 dimensi
@saif-drawing.blogspot.com

Terdapat perbedaankan antara doodle 2 dimensi dan 3 dimensi!

Pada doodle 3 dimensi memiliki celah yang membedakan antar sisi cahaya. Sehingga nampak ada dan berasa timbul dan memiliki volume padahal hanya sekedar gambar ada sebuah media gambar saja.

Untuk membuatnya Anda cukup gambar dodle seperti biasa dan beri finishing pencahayaan. Seperti ada cahaya yang menerangi benda tersebut di satu sisi, jadi tedapat sisi gelap dan sisi terang.

Baca Juga : Kumpulan Karya Seni Rupa 3 Dimensi Yang Membuat Mata Terpesona

Gambar Doodle Berwarna

karakter doodle art
@senirupa.com

Gambara dodle art berwarna, berikut beberapa contoh karya doodle art warna-warni. Dengan penggambungan warna akan dapat membedakan karakter satu dengan yang lainnya sehingga tercipta karakter dan kombinasi karya coret dan goresan yang mempesona mata.

Doodle Art Doraemon

doodle doraemon
@instagram

Karikatur doraemon adalah karikatur yang sering digunakan oleh para seniman doodle perempuan. Selain wajahnya yang menggemaskan doraemon juga mudah untuk dibuat ketimbang karakter lain.

Bila tak ada feeling dalam menggambar doraemon kita juga dapat mencontohnya pada gambar atau foto doraemon yang telah banyak tersebar. Sehingga mudah didapat contoh gambarnya. Itulah beberapa penyebab karikatur doraemon sering ada pada doodle art.

Gambar Doodle 3D Keren

doodle 3 dimensi keren
@contohgambar.me

Karakter dengan seni 3 dimensi. Serasa memiliki bentuk timbul dan ada akan keberadaannya. Padahal sih cuman gambaran pada kertas. Itulah seni gambar 3 dimensi.

doodle art 3d
@NextWapBlog.com

Mungkin perlu perhatian khusus dalam pembuatannya. Solusi utama dalam membuat karya 3 dimensi yakni, tepatnya pemberian pencahayaan pada sebuah benda/karakter pada lukisan yang dibuat. Karena hal tersebutlah yang menjadi pokok agar karya 3d muncul.

Gambar Doodle Minion

contoh doodle
@miserviciotecnico.com

Warna khas kuning dengan desaign tubuh mini akan menjadi daya tarik keimutan sebuah karya doodle. Hati sang pembuatnya juga akan tergugah dengan adanya kartun minion.

Coba sejenak bayangkan bila ada kelucuan pada karya Anda secara otomatis perasaan dan jiwa akan ikut mersakan ekspresi pada gambar yang dibuat, benarkan?

Doodle Art Karakter

Gambar-Doodle-karakter-Warna
@gambarmania.website

Kombinasi karakter dengan tulisan. Sangat cocok untuk menjadi rujukan Anda yang akan membuat kartu ucapan bagi pacar, teman atau sahabat dengan kiriman karya doodle Anda. Ditambah dengan kado spesial dari mu.

Doodle Grafity

doodle grafity
@newhomeswarehouse.com

Tak hanya gambar dan karakter. Grafity juga dapat dipadukan pada doodle art. Tulisan yang unik dan banyak varian akan lebih cocok bila dipadu dengan goresan doodle.

Doodle Digital Art

digital doodle art
@static.skillshare.com

Gambar doodle art digital. Membuat doodle tak hanya dengan pena dan kertas saja. Mungkin sesekali Anda mdapat mencoba untuk membuat doodle art pada digital. Seperti aplikasi edit gambar, pothosop, corel draw dan lainnya. Padu digital akan lebih memudahkan Anda berkreasi semaksimalnya dengan kelihaian pengoprasian alat edit foto gambar tersebut.

Gambar Doodle Art Hitam Putih

doodle-art-best
@fariskanurzamanmulyana.wordpress.com

Meski hanya hitam ptuih namun doodle murni tercipta karena goresan pena. Sehingga dapat dikatakan doodle hitam ptuih termasuk karya doodle murni. Berikut beberapa karya doodle lucu, keren hingga yang paling mudah dibuat untuk pemula.

Doodle Art Batik

Doodle Art Batik
@twitter

Gambar Doodle Nama

doodle-art-name
@obatrindu

Untuk melihat lebih banyak karya gambar doodle nama silahkan kunjungi link ini.

Gambar Doodle Lucu

doodle lucu
@sahabatnesia

Gambar Doodle Monster doodle art lucu

@graffitiarts.co

Gambar Doodle Sederhana

contoh doodle art simple dan sederhana
@grafis – media

Gambar Doodle Art Mudah

Gambar-Doodle-Mudah
@seni-bolgspot.com

Gambar Doodle Art Simpel

Doodle karakter monster
@grafimedia

Foto Gambar Doodle Ulang Tahun

doodle ucapan
@nabillaharris-blogspot.com

Dengan tambahan tulisan yang diselipkan di tengah gambar dodle Anda termasuk menggunakan karya doodle sebagai kartu ucapan. Selamt ulang tahu, selamat hari jadi atau sekedar menulis nama untuk orang yang ingin Anda beri karya gambar doodle Anda.

Doodle Arabic Art

doodle arabic dubai uea
@dubaigarfi.com
doodle art caligraphy
@behance.net

Dua contoh doodle art tulisan arabic yang cukup mengesankan. Yang pertama tentang peta negara Uni Emirate Arab dan yang kedua tulisan bahasa arab yang dihiasi dengan hiasan doodle. Untuk menlihat referensi lain mengenai karya doodle art caligrphy silahkan klik link tersebut.

***

Itulah tadi beberapa contoh karya gambar doodle yang dapat kami sajikan sebagai rujukan Anda yang akan membuat seni doodle. Terus asah kemampuan kalian agar terus muncul para pencetus seni doodle yang baru di era modern ini.

Salam damainesia, sampai jumpa di artikel lain. Jangan lupa tingglkan pesan komentar, like dan share.

Tinggalkan komentar