Fungsi Materai Dalam Dokumen Penting dan Resmi

Fungsi Materai Dalam Dokumen Penting dan Resmi

Fungsi Materai – Terikat dengan kontrak dan perjanjian resmi lebih terlihat fair atau justru membuat beban bagi Anda? Perjanjian bentuk dokumen resmi memiliki perbedaan dengan dokumen yang tidak berdasar hukum.

Jika Anda berurusan dengan berkas, surat atau dokumen penting dan resmi, sudah pastinya membutuhkan sesuatu untuk menambah kepercayaan menjadi data yang berharga dan dapat menjadi data bersifat perdata. Maka penggunaan materai untuk penguat tanda tangan adalah hal yang wajib. Materai 3000 dan materai 6000, Mengapa harus demikian?

Maksud dan Pengertian Materai Tempel

Materai tempel, bisa disebut juga bea materai merupakan pajak atas surat berupa berkas dokumen yang bersifat perdata dan berbentuk dokumen untuk digunakan kepentingan pribadi maupun umum serta dapat di adili. Nilai yang bisa digunakan yakni materai 3000 dan 6000.

Salah satu fungsi materai pada dokumen resmi adalah menambahkan nilai hukum yang berlaku atas berkas dokumen tersebut. Sehingga kekuatan hukum materai 6000 dapat mengubah kualitas dokumen tersebut menjadi surat resmi dan berharga penting.

Materai juga merupakan nilai pajak kenegaraan yang ada pada dokumen penting yang memiliki nomor identitas tertentu. Waktu pembayaran tidak terikat waktu dan bersifat fleksibel, bisa dicari di beberapa Toko umum dan kantor pos terdekat.

Obyek Dokumen yang Dikenai Bea Materai

Aturan penggunaan materai 2018 ditentukan oleh UU yang telah berlaku sebelumnya. Menurut dasar peraturan pemerintah Nomor 24, tahun 2000 pasal 1 sampai dengan 5, ada beberapa dokumen yang bisa dikenakan bea materai.

  • Dokumen berupa surat serjanjian atau surat-surat lainya yang dibuat dengan sengaja sebagai alat pembuktian mengenai perbuatan perenyataan suatu keadaan dalam sifat hukum perdata
  • Semua bentuk akta notaris dan berkas salinan-salinannya
  • Akta yang dibuat/dikeluarkan oleh PPAT dalam bentuk rangkap-rangkapnya
  • Dokumen penting sebagai alat pembuktian saat pengadilan
  • Surat berharga atau bersifat resmi
  • Efek
  • Bilyet Cek Giro
  • Surat yang memuat perjanjian mengenai sejumlah barang atau uang

Terkadang di dalam surat lamaran pekerjaan membutuhkan materai diatasnya. Agar sistem kontrak atas nama hukum perdata di dalamnya.

Adapun syarat bea materai dapat dibayar dengan terutang bila :

  1. Dokumen diserahkan dan dibuat oleh satu pihka saja.
  2. Dokumen selesai dibuat dan dibuat oleh lebih dari satu pihak dengan isi yang berbeda.
  3. Berguna di suatu daerah dan digunakan di luar daerah tersebut.

Dokumen yang Tidak Dikenakan Bea Materai

Ada eberapa dokumen yang penting namun bisa digunkan tanpa menggunakan bea fungsi materai materai didalamnya, berikut beberapa berkas yang tidak dikenaikan bea materai :

  • Dokumen non formal

  1. Surat pengangkutan penumpang dan barang
  2. Surat penyimpanan/penyewaan barang
  3. Konosemen
  4. Keterangan perpindahan yang dituliskan pada dokumen barang
  5. Surat pengiriman barang atas dasar jual beli dengan tanggung jawab pengirim
  6. Bukti untuk pengiriman dan penerimaan barang berupa kwitansi atau surat tanda bukti
  7. Surat-surat yang masih dapat disamakan dengan surat-surat diatas.
  • Segala bentuk Ijazah Formal maupun Nonformal
  • Berkas tanda terima gaji, , uang tunjangan, pensiun, dan pembayaran lainnya mengenai hubungan kerja
  • Tanda bukti penerimaan dan pemberian uang negara, berupa uang dari Kas Negara, Kas pemerintah daerah dan peruangan didalam proses money banking
  • Kuitansi untuk semua jenis pajak yang berupa keuangan negara
  • Tanda terima uang yang dibuat untuk keperluan Intern pribadi suatu organisasi
  • Surat gadai pegadaian
  • Dokumen yang menyebutkan tabungan, koperasi, simpan pinjam dan sejenisnya
  • Tanda pembagian keuntungan hasil kerjasama, bunga atau yang lainnya dengan nama dan bentuk apapun kerjasama

Fungsi Materai 3000 dan 6000

fungsi materai pada surat
@theblindldr.blogspot.com

Berikut beberapa sub-bab yang menerangkan lebih jelas mengenai fungsi materai dan dimana materai harus diberikan, menurut pasal 2  ayat 1-4 dalam UU no. 13 tahun 1985 yang mengatur nilai materai suatu berkas.  Mengenai tarif besaran dan batasan pengenaan harga nominal materai diterangkan yang telah ada di pasal perundang-undangan.

Menurut pasal UU tersebut juga menjelaskan bila suatu surat atau berkas menjadi tidak sah bila tanpa materai, dan boleh dibayar secara terutang. Sebagaimna juga dijelaskan pada UU nomor 24, tahun 2000 pasal 1-5.

Fungsi Materai 3000

Menurut pasal UU diatas fungsi materai 3000 dapat dikenakan atas dokumen :

  • Surat yang memiliki harga nilai nominal dari Rp 250.000,- sampai senilai Rp 1.000.000,- dan tidak lebih.

  1. Tertera juga didalam surat tentang penerima dan pernyataan pembuukuan tentang uang tersebut.
  2. Berisi pula peryataan-pernyataan lain yang berkaitan dengan nilai uang dan barang tersebut.
  • Surat seharga wesel, promes atau aksep yang bernilai sama dengan yang telah dijaleskan di nomor 1.
  • Efek yang juga bernilai sama dengan yang telah dijelaskan di nomor 1 yakni tidak lebih dari 1 juta.
  • Bilyet atau cek dengan harga berapapun

Kesimpulan yang dapat kita ambil dari penjelasan diatas yaitu semua berkas yang bernilai diatas Rp 250.000,- dan tidak lebih dari Rp 1.000.000,- masuk dalam kategori bea materai 3000.

Fungsi Materai 6000

Sedangkan materai 6000 dapat dikenakan atas dokumen yang lebih memiliki nilai harga sesuatu lebih tinggi, yang seperti berikut;

  • Surat perjanjian dan surat penting lainnya (seperti: surat kuasa, surat hibah, surat perintah dan surat pernyataan) yang dibuat sebagai alat bukti mengenai perbuatan sesuai kenyataan atau keadaan yang bersifat perdata di mata hukum
  • Akta-akta notaris dan juga termasuk berkas salinannya;
  • Akta-akta yang dibuat oleh Pejabat Pembuat Akta Tanah dan termasuk rangkap-rangkapnya;
  • Surat yang memuat sesuatu hingga harga nominal lebih dari Rp 1.000.000,- (satu juta rupiah)
  • Surat yang memiliki harga tinggi hingga lebih dari satu juta rupiah. Meski dalam bentuk wesel, promes dan aksep.
  • Efek dengan nama jelas dan bernilai hingga nominalnya lebih dari Rp 1.000.000,- (satu juta rupiah).
  • Berkas dokumen yang akan digunakan sebagai alat pembuktian saat terjadinya Pengadilan, contoh :

  1. Surat-surat biasa perdata dan surat-surat keluarga
  2. Surat-surat yang semula tidak dikenakan Bea Meterai berdasarkan tujuannya, dan ditujukan ke lain penggunaan hingga nilai surat menjadi penting

Selain untuk surat-surat resmi, formal yang bersifat penting. enulis surat lamaran pekerjaan dan surat pengunduran diri sangat baik dan disarankan untuk menggunakan materai, guna memiliki nilai lebih atas adanya keseriusan dalam mengajukan surat tersebut.

Baca juga : 11+ Contoh Surat Lamaran Pekerjaan [VERSI-LENGKAP]

Membedakan Materai Asli dan Materai Palsu

ciri-ciri materai asli palsu
@wartakota,com

Lain halnya dengan uang kertas rupiah, untuk mengecek keaslian harus dilihat, diraba, dan diterawang. Untuk memastikan keaslian materai 6000 dan 3000 Anda harus melihat, meraba dan menggoyangkan.

Untuk melihat langsung, jika itu materai asli pasti ada hologram strip (perhatikan gambar diatas) bergaris tegak vertikal keatas, berlambang garuda pancasila, berwarna dasar silver dengan logo kementrian keuangan dan teks pajak.

Ketika diraba Anda akan terasa kasar di seluruh permukaan. Bila digoyang akan berubah warna pada sudut pandang yang berbeda. Materai 6000 warna magenta menjadi hijau, sedangkan materai 3000 akan berubah dari hijau ke biru.

PAda konteks tekstur dan gambar materai palsu akan terlihat buram dan tida jelas. Pada gambar logo garuda, kemenkeu dan teks perpajakan tidak jelas terlihat maupun terbaca (kabur). Lalu dari segi bentuk akan terlihat cacat tidak sempurna. (perhatikan gambar diatas merupakan materai asli)

Jika masih meragukan keaslian materai silahkan beli di kantor POS terdekat atau biro resmi tentang pernagko, materai dan berkas persuratan resmi di dekat Anda, jangan di pertokoan secara sembarangan.

Sanksi Melanggar Materai 6000

Kekuatan hukum surat perjanjian bermaterai sangat kuat. Seseorang yang memiliki surat perjanjian meski tanpa dibubuhi materai saja dapat menjadi bukti perdata dalam pengadialn terlebih surta atau dokumen yang terdapat materai padanya.

Dalam hukum perjanjian, Anda pun telah mengenal asas pacta sunt servanda yang dinyatakan dalam UU Pasal 1340 KUHperdata yang isinya.

“Semua perjanjian yang dibuat secara sah, berlaku sebagai undang-undang bagi mereka yang membuatnya”

Sehingga seseorang yang melanggar berkas yang disana terdapat materai dapat di kasuskan di pengadilan sebagaimana telah diatur oleh perundang-undangan.

***

Jadi dapat kita simpulkan bahwa fungsi materai adalah pajak yang membubuhi suatu surat atau berkas guna menjadikan berkas tersebut resmi dan dapat digunakan secara perdata menurut hukum dan UU yang berlaku.

Tinggalkan komentar