doa sebelum tidur

Doa Sebelum Tidur + Dzikir & Amalan Rasulullah SAW Sebelum Tidur Lainnya

Doa Sebelum Tidur – Tidur juga merupakan istirahat alami tanpa ada kesadaran, semua kegiatan berkenaan dengan sistem sensorik dan motoriak beralih ke peristirahatan, sehingga tak merasakan apapun selama tertidur. Sehingga tidur cenderung tak bergerak kecuali organ dalam tubuh seperti pernapsan, jantung dan frekuensi kehidupan lainnya yang tanpa disadari telah ada.

Menurut agama islam tidur yang baik dan benar menurut ajaran islam adalah bernilai ibadah. Mengawali sebuah ibadah akan lebih berkah dan berfaedah bila dimulai dengan doa. Di waktu tidur itu juga manusia riskan untuk ddengan gangguan syaithon, Maka Rasulullah SAW mengajarkan doa dan amalan dzikir sebelum tidur guna melindungi diri dari godaaan jin dan setan yang terkutuk.

Disamping itu semua Rasulullah SAW mengajarkan kita tentang bagaimana cara adab sebelum dan sesudah bangun tidur. Karena dalam islam adab kehidupan yang baik telah diajarkan meski sekecil apapun, seperti makan, minum dan bersuci.

Berdoa juga termasuk salah satu amalan yang selalu dilakukan oleh para nabi dan rasul agar terhindar dari marabahaya dan ketika mengawali atau mengakhir suatu kegiatan. Adapun doa harian yang dianjurkan Nabi Muhammad berupa doa al-ma’surat, yaitu doa pagi dan petang, untuk dapat mempelajarinya silahkan klik link ini.

Langsung saja mari kita simak kupasan secara jelasa tentang doa dan fadilah doa tersebut. Langsung saja mari kita kupas tuntas tentang doa sebelum dan sesudah tidur beserta artinya dan juga amalan dzikir sunnah Rasulullah SAW sebelum tidur.

Doa Ketika Tidur

Sangat dianjurkan bagi kita semua untuk membiasakan diri dengan setiap kegiatan dengan doa, termasuk hendak tidur. Pada konteks doa mungkin Anda sudah hafal dengan pelafalan doa sebelum dan sesudah tidur, jangan salah arti, pelajaran ini bukan hanya untuk diri kita pribadi, tetapi bisa untuk anak-anak kita atau saudara sekitar kita.

Dengan cara mengetahuinya dan mengajarkannya kepada mereka termasuk pahala juga untuk kita. Sudah pasti ada fadilah, pahala dan hikmah dibalik mengamalkan kebaikan tersebut.

Doa Sebelum Tidur Sesuai Sunnah

doa-sebelum-tidur
@dataislami.com

بِسْمِكَ االلّٰهُمَّ اَحْيَا وَبِاسْمِكَ اَمُوْتُ

Bismika Allaahuma ahyaa wa bismika amuuutu

Arti Doa Sebelum Tidur

“Dengan menyebut nama-Mu Yaa Allah, aku dapat hidup dan dengan menyebut nama-Mu aku mati”

Alangkah baiknya bila kita membaca doa sebelum tidur dan doa-doa lain lebih menghayati  dan mengerti sesuai arti pelafalan. Karena bila sudah paham dan mengerti arti akan dapat melembutkan hati sehingga dapat menambah iman dan taqwa kita kepada Allah SWT. wallahu a’lam

Doa Bangun Tidur Ajaran Islam Beserta Artinya

doa-bangun-tidur
@dataislami.com

اَلْحَمْدُ ِللهِ الَّذِىْ اَحْيَانَا بَعْدَمَآ اَمَاتَنَا وَاِلَيْهِ النُّشُوْرُ

Alhamdulillahil ladzii ahyaanaa ba’da maa amaatanaa wa ilahin nusyuuuur

Arti Doa Bangun Tidur

“Segala puji hanya bagi Allah yang menghidupkan kami sesudah mati (menghidupkan kembali setelah tidur) dan hanya kepada Nya lah kami dikembalikan”

Setelah beberapa jam atau menit tertidur tanpa sadar, alangkah baiknya kita sebagai hamba untuk mengingat Tuhan kita kembali setelah terbangun dari tidur tersebut dengan cara berdoa setelah bangun tidur.

Doa ini juga menjadi salah bentuk syukur kita Allah SWT yang telah membangunkan kembali setelah mati (tidur tanpa sadar), karena tak sedikit mereka yang tidur lalu tak bangun kembali kecuali besok ketika hati kiamat, yakni tertidur dan berlanjut meninggal dunia.

Jika Allah berkehendak lain maka kita sudah pasti mengikuti jejak para orang yang mati dalam keadaan tidur tersebut. Untuk itu selalu bacalah doa sebelum tidur dan sesudah tidur karena mengingat Allah, mengingat Rasul termsuk amalan yang baik lagi menambah iman. wallahu a’lam

Amalan Sunnah Sebelum Tidur Sesuai Ajaran Rasulullah SAW

Sebelum membaca doa sebelum tidur tersebut, Rasulullah sering melakukan amalan sunah yang baik untuk diri berupa kebaikan untuk kesehatan tubuh maupun kesehatan rohani. Ada beberapa amalan dan dzikir khusus yang telah diajarkan Nabi kita Muhammad SAW. Bila ingin kelengkapan silahkan lihat pada video diatas.

Tidak tidur terlalu larut malam

Menurut ajaran hadist dari Nabi Muhammad SAW

أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَكْرَهُ النَّوْمَ قَبْلَ (صَلاَةِ) الْعِشَاءِ وَالْحَدِيْثَ بَعْدَهَا.

“Bahwasanya Rasulullah SAW sangat membenci tidur malam sebelum (shalat Isya’) dan berbincang-bincang (yang tidak bermanfaat) setelahnya (setelah isya’)”

Berwudhu sebelum beranjak ke tempat tidur

Beliau Shallahu ‘alaihi wassallam selalu bersuci dimanapun berada termasuk sebelum beranjak tidur. Beliau juga pernah bersabda dalam sebuah hadist riwayat Bukhori dan Muslim yang isinya “barang siapa yang hendak tidur maka bersucilah sebagaimna engkau bersuci sebelum sholat dan bacalah doa…..”. Beliau Rasulullah Shallahu ‘alaihi wassallamjuga bersabda, yang artinya.

“Barangsiapa memulai tidur (dengan dan) dalam keadaan bersuci, maka malaikat akan bersamanya di pakaiannya. Dia tidak akan terbangun hingga para malaikat berdoa ‘Ya Allah, ampunkanlah hambamu si fulan karena ia tidur dalam keadaan suci.’” (HR. Ibn Hibban)

Bersiwak sebelum tidur

Rasulullah SAW juga selalu bersiwak ketika beliau akan berwudhu, ketika hendak memasuki rumah dan ketika bangun malam akan mendirikan sholat. JAdi kita juga dapat melakukan siwak atau gosok gigi sebelum tidur itu berguna bagi kesehatan kita juga.

Bakteri dan kuman-kuman yang tertinggal di sela-sela gigi kita singkirkan terlebih dahulu sebelum tubuh kita melakukan metabolisme tubuh.

Menutup semua pintu

Meski terlihat sepele tetapi ini juga termasuk ajaran yang telah lama diajarkan Nabi kita nabi Muhammad SAW. Maha suci Allah yang telah mengajarkan semua ilmu melalui perantara nabi Muhammad SAW. Baik ilmu sekecil biji sawi maupun ilmu sebesar gunung.

Membersihkan tempat tidur

Kita juga diajarkan untuk selalu membersihkan tempat dimanapun kita akan singgahi dengan cara membersihkannya terlebih dahulu. Karena di suatu tempat hewan dalam bentuk serangga, ular atau makhluk lainnya bersembnyi di balik sudut pandang mata yang berbeda.

Untuk itu sangat baik bila kita mencontoh Rasulullah SAW tentang membersihkan tempat tidur dengan cara menebasnya sebanyak 3 kali dengan membaca basmalah.

Berdoa dan Dzikir sebelum tidur

Sebelum membaca doa tidur, beliau juga membaca dzikir dan surat-surat pilihan sebagai pelindung diri dari gidaan setan dan sebagai pengingat diri kepada sang Pencipta. Beliau selalu membaca :

  • Pertama membaca Surat Al Fatihah
  • Kemudian membaca Surat Al Ikhlas, Al Falaq dan An Naas, kemudian beliau mengibaskan ke seluruh tubuh
  • Membaca Ayat kursi sebanyak satu kali
  • Dua ayat terakhir dari Surat Al Baqoroh
  • Membaca Surat Al Kaafiruun
  • Membaca Surat Al Mulk dan As Sajdah
  • Membaca dzikir tasbih, tahmid, takbir dan tahlil
  • Lalu membaca doa sebelum tidur
Semua amalan dzikir diatas sesuai ajaran hadist yang disampaikan oleh Rasulullah SAW. Jika Anda mampu melakukannya ketika hendak tidur maka Anda termasuk muslim yang taat akan sunah dan ajaran Allah dan RasulNya. Jika dirasa belum mampu maka berjuanglah agar mampu mengamalkannya.
Oh ya Rasulullah SAW juga mengajarkan untuk selalu sholat sunnah witir sebelum tidur agar menjadi sholat sunnah malam bila dirasa tidak dapat bangun ketika terlelap tidur. Karena terlalu capek atau takut tidak bangun malam untuk sholat.

Dan bila terbagun ketika malam karena perasaan gelisah, takut, kaget atau bermimpi semacamnya, maka hendakalah  membaca doa perlindungan seperti dibawah ini, bil belum mampu maka cukup dengan istigfar dan ayat kursi untuk berlindung dan mengingat Allah.

أَعُوذُ بِكَلِمَاتِ اللهِ التَّامَّاتِ مِنْ شَرِّ مَا خَلَقَ

“Aku berlindung dengan Kalimatullah yang sempurna dari kejahatan yang ia ciptakan” (HR. Muslim no. 2708)

Amalan Sunnah Setelah Bangun Tidur

  • Berdoa bangun tidur
  • Mengusap wajah dengan bismillah dan dzikir pengingat Allah seperti tasbih, tahil, tahmid dan takbir
  • Merapikan dan membersihkan tempat tidur
  • Mencuci tangan tiga kali
  • Bersiwak menggosok gigi
  • Beristinsyar dan berwudhu

Fadilah Keutamaan Doa Sebelum dan Sesudah Tidur

  • Selalu mengingat Allah SWT dimanapun berada
  • Membuat tidur lebih terjaga dan berkualitas
  • Tubuh dan ruh terjaga dari godaan jin dan syaiton
  • Bila meninggal dunia dalam keadaan suci dan berlindung kepada Allah SWT
  • Pengingat akan kebesaran Allha
  • Menagamalkan sunnah Rasulullah SAW
  • Menambah rasa syukur akan nikmat hidup dan nikmat tidur
  • Berniat untuk beristirahat dalam bentuk agar dapat meningkatkan amalan ibadah lain

husni

Solo (Spirit of Java) - Magetan - Young - Moslem - Publisher - Marketer Online - Student - Worker

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *