Doa Mendatangkan Rezeki

Doa Mendatangkan Rezeki

Amalan Dzikir & Doa Mendatangkan Rezeki – Setiap manusia memiliki jatah rizkinya masing-masing. Namun ada kalanya seorang hamba juga harus berdoa untuk memohon rezeki kepada Raab-nya.

Entah karena ada kebutuhan yang tidak terduga sehingga kurang akan mencukupi kebutuhan harinya. Atau bahkan memang terjangkit hutang piutang yang membuatnya harus segera melunasinya.

Maka dari itu ada beberapa kiat amalan dzikir dan doa orang beriman untuk meminta rezeki berlimpah dengan mudah dan lebih kepada Allah SWT.  Bahkan bila diamalkan rutin bisa melancarkan rizki berlimpah.

Meski hakekatnya rezeki yang telah Allah berikan kepada manusia sudah begitu banyak. Contoh riski bersifat umum seperti badan sehat, nikmat hidup dan harta untuk hidup keseharian.

Yang kedua berupa rizkin khusus, yakni hanya untuk orang-orang yang beriman saja. Contoh rezeki dimudahkan beribadah, ditingkatkan iman, tambah bersyukur, mudah mendekatkan diri kepada Allah SWT & ilmu yang bermanfaat.

Ada banyak cara untuk mendatangkan rezeki. Salah satunya adalah dengan banyaknya berdoa dan berdzikir untuk memohon kepada Allah SWT. Namun tak banyak yang tau pula urutan wirid apa saja yang harus dilakukan, berikut ulasannya.

Doa Mendatangkan Rezeki

Dalam al-quran Allah telah berfirman.

ادْعُونِي أَسْتَجِبْ لَكُمْ

Artinya: Berdo’alah kepada-Ku, niscaya akan Ku-perkenankan (kabulkan) untukmu. [QS. Al-mukmin : 60]

Banyak orang yang lupa bahwa salah satu kunci utama mendatangkan rezeki dengan cepat adalah berdoa dengan istiqomah.

Doa yang mustajab untuk mendatangkan rezeki dgn cepat di waktu mendadak adalah ketika seseorang mampu istiqomah dalam berdoa meminta kepada Allah. Dimana seseorang yang telah dekat dengan-Nya pasti apapun yang dia minta akan dikabulkan.

Berikut beberapa doa memohon rezeki yang insya Allah akan dikabulkan oleh Allah bila dibaca dengan khusyuk dan penuh harap.

Doa meminta rezeki yang melimpah bahasa arab

اللَّهُمَّ أكْثِرْ مَالِي، وَوَلَدِي، وَبَارِكْ لِي فِيمَا أعْطَيْتَنِي وَأطِلْ حَيَاتِي عَلَى طَاعَتِكَ، وَأحْسِنْ عَمَلِي وَاغْفِرْ لِي

Allaahumma aktsir maaliiy wa waladiiy wa baarik liiy fii maa a’thoitaniiy wa athil hayaatiiy ‘alaa tho’aatik wa ahsin ‘amaliiy wagfirliiy

Artinya: Ya Allah perbanyaklah bagiku hartaku, anakku serta berkahilah karunia-Mu. Panjangkanlah umurku dlm kethoatan kepada-Mu dan baguskanlah amalanku serta ampunilah dosa2ku.

Doa meminta rizki apapun tak terduga

اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ عِلْمًا نَافِعًا وَرِزْقًا طَيِّبًا وَعَمَلًا مُتَقَبَّلًا

Allaahumma inniiy as aluka ‘ilman naafi’an warizqon thoyyibaa wa‘amalan mutaqobbalaan

Artinya : Ya Allah, sungguh aku meminta kepada-Mu ilmu yg bermanfaat, rizki yang halal serta amal kebaikan yang diterima (di sisi-Mu).

Doa memohon rezeki

اللَّهُمَّ اكْفِنِى بِحَلاَلِكَ عَنْ حَرَامِكَ وَأَغْنِنِى بِفَضْلِكَ عَمَّنْ سِوَاكَ

Allaahumak-finiiy bihalaa lika ‘anharoomika, wa aghniniy bifadhlika ‘amman siwaaka

Artinya: Ya Allah cukupkanlah aku dgn segala sesuatu yang halal dan jauhkanlah diriku dari yang keharaman serta cukupilah diriku dengan karunia2-Mu dari bergantung pada selain Mu.

Doa untuk mendatangkan rezeki berupa jodoh

Adapun doa untuk mendatangkan rizki jodoh yang dicontohkan dalam al-quran dan bisa anda terapkan dalam doa keseharian, yakni sebagai berikut.

رَبَّنَا هَبْ لَنَا مِنْ أَزْوَاجِنَا وَذُرِّيَّاتِنَا قُرَّةَ أَعْيُنٍ

Rabbana hab lana min azwajina wa dzurriyyatina qurrata a’yun

Artinya: Ya Allah ya Tuhan kami, anugerahkan kepada kami isteri-isteri & keturunan kami sebagai penyenang hati.

Doa tersebut di atas termasuk potongan ayat di QS. Al-furqon : 74.

Doa sapu jagat

رَبَّنَا آَتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الْآَخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Robbanaa aatinaa fiddunyaa hasanah wafil akhiratii hasanah waqinaa adzaabannaar

Artinya: Ya Allah, berikanlah kepada kami kebaikan di dunia, berikan pula kebaikan di akhirat, dan lindungilah kami dari siksa neraka.

Doa tersebut ada dalam al-quran (QS. Al-Baqarah: 201).

Amalan dzikir dan doa-doa

  • Membaca dzikir laahauwlaa walaa quwwata illa billaah ketika setelah sholat tahajjud sebanyak-banyaknya
  • Membaca dzikir Laa ilaaha illaahul maalikul haqqul-mubin setelah sholat sebanyak 33 kali.
  • Membaca dzikir takbir, tahlil, tahmid dan tasbih.
  • Membaca surat Al-waqi’ah setiap selesai subuh.
  • Bersholawat kepada nabi setiap waktu, lalu memohon doa kepada Allah SWT.
  • Selalu berdoa kepada Allah dimana pun berada di waktu pagi hari & sore hari.

Amalan Khusus untuk Mendatangkan Rezeki

Sangat banyak sekali amalan-amalan ibadah khusus untuk bisa mendatangkan rezeki dari segala penjurun arah secara tak terduga yang bisa diamalkan semua orang muslim.

Namun tak semuanya bisa melakukannya dengan istiqomah. Adapun dalil dalam al-quran surat Nuh ayat 10-12, yang artinya.

“Aku (Nabi Nuh) berkata (pada mereka), “Beristighfarlah kepada Rabb kalian, sungguh Dia Maha Pengampun. Niscaya Dia akan menurunkan kepada kalian hujan yang lebat dari langit. Dan Dia akan memperbanyak harta serta anak-anakmu, juga mengadakan kebun-kebun dan sungai-sungai untukmu”

Adapun dalil dari hadist baginda Rasulullah Nabi Muhammad SAW yang arti sabdanya.

“Barang siapa memperbanyak ucapan istighfar; niscaya Allah memberikan jalan keluar bagi setiap kesusahannya, kelapangan untuk setiap kesempitannya dan memberi rizki dari arah yang tidak disangka-sangka (tak terduga)” (HR. Ahmad dari Ibnu Abbas)

Selain istighfar dapat menggugurkan dosa-dosa yang pernah diperbuat manusia. Allah SWT juga menjanjikan bahwa istighfar bisa menjadikan penghantar rezeki bagi hamba-Nya.

Para ulama dan orang-orangterdahulu juga telah mengamalkan doa meminta rizki tak terduga dengan cara beristiqomah dalam berdzikir kepada Allah SWT, terutama istighfar.

Penghalang Datangnya Rezeki

Banyak diantara kita yang tidak menyadari bahwa ada yang rusak pada dirinya sendiri. Sehingga bilamana ia telah berdoa dan berusaha namun tak juga dikabulkan permintaannya.

Perlu kita ketahui bersama ada juga aktifitas atau kegitan harian yang menjadikan penghalang turunnya rezeki, antara lain:

  1. Masalah pada hati,  jika seseorang tidak yakin bahwa Allah akan mengabulkan do’a-nya, maka seketika pula doanya tidak akan dikabulkan. Untuk itu baca juga doa menenangkan hati agar selalu tawakal.
  2. Penghalang lain yang paling besar yaitu memakan harta yang bukan haknya, atau bahkan haram baginya. Maka dari itu seseorang dianjurkan berhati-hati ketika memasukan makanan ke dalam perutnya.

“Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam menceritakan tentang seorang laki-laki yang telah menempuh perjalanan jauh. Sehingga rambutnya menjadi kusut dan berdebu. Lalu lelaki tersebut mengangkatkan kedua tangannya ke langit seraya berdo’a, ‘Wahai Tuhanku, wahai Tuhanku.’ Padahal, makanannya dari barang yang haram, minumannya dari yang haram, pakaiannya dari hasil yang haram dan diberi makan dari yang haram, maka bagaimanakah Allah akan mengabulkan do’a nya” (HR. Muslim).

Maka dari situlah kita harus selalu interopeksi diri agar selalu tambah membaik  pada hati dan juga perbuatan kita. Supaya apa? agar Allah selalu memudahkan di setiap langkah dan memudahkan untuk mengabulkan doa. wallaahu a’lam bisshowab.