Inilah Lafal Bacaan Doa Memotong Ayam Sesuai Sunnah

Inilah Lafal Bacaan Doa Memotong Ayam Sesuai Sunnah

Doa Memotong Ayam – Daging ayam merupakan salah satu kebutuhan pangan yang paling dicari ibu rumah tangga, pedagang dan produksi lainnya.

Daging ayam yang biasa dioleh untuk disajikan dalam bentuk menu makanan akan lebih lezat dan penuh berkah bila saat menyembelihnya sesuai dengan tata cara potong yang benar menurut syariat agama islam.

Karena menurut agama islam, jika daging tidak disembelih dengan benar maka jatuh pada bahan makanan yang tidak halal. Maka dari itu sangat perlu adanya anjuran doa memotong ayam.

Begitu juga dengan daging ayam, ada urutan tata cara khusus & lafadz bacaan doa doa memotong ayam ketika pelaksanaan potong ayam yang sesuai sunnah contoh dari Rosulullah SAW.

Rukun & Syarat Memotong Ayam

Rukun ini berlaku pada saat menyembelih ayam atau hewan lainnya, baik di hari biasa, qurban maupun ketika aqiqah. Rukun dan doa memotong ayam.

  • Penyembelih seorang muslim. Dari aturan agama islam sangat wajib sang eksekutor jagal beragama islam. Karena jika muslim maka akan ada lafal bacaan doa yang menyebut nama Allah ketika menyembelih hewan.
  • Alat yang digunakan menyembelih pisau tajam. Agar tidak menyakiti hewan sebaiknya pisau sudah terbukti tajam.
  • Hewan yang halal untuk dimakan. Pastikan juga hewan yang akan disembelih halal. Nilai halal tidak terpaku pada jenis saja, misal babi (haram), sapi (halal). Namun pada aspek lain. Contoh: ayam hasil curian. Itu masuk kategori haram.
  • Menyebut nama Allah. Pentingnya mengagungkan asma Allah adalah untuk menata niat hati. Agar selalu berfikir bahwa segala urusan kita harus melibatkan Allah SWT.
  • Membaca basmalah dan doa. Doa akan kami berikan pada bab dibawah ini. Yang utama membaca bismillah lalu takbir Allahu Akbar, lalu baca shalawat.
  • Tujuan niat yang jelas. Pastikan juga hewan yang akan disembelih benar-benar untuk dikonsumsi, bukan untuk hal lain yang menunjukan kepada kesyirikan.
  • Jantan & Betina. Tak ada perlakuan khusus dalam menyembelih hewan, hanya saja diutamakan jantan. Karena sudah pasti tidak dalam keadaan mengandung anak atau bertelur.

Sunnah Menyembelih Hewan (Termasuk Ayam)

  • Hewan menghadap kiblat

Agar menjaga sunnah dan adab terhadap ajaran Rasulullah SAW, kita juga harus menjalankannya sesuatu tuntunan AL-quran dan Al-hadist. Adab dalam berdoa kan juga menghadap kiblat, jadi ketika kita lafalkan doa memotong ayam, usahakan menghadap kiblat juga.

  • Orang yang menyembelih dewasa berakal

Penyembelihan harus orang dewasa dan berakal sehat karena lurus dan benarnya niat akan lebih terjaga.

  • Menggunakan pisau/parang tajam

Tips agar hewan tidak merasakan sakit ketika dipotong sebaiknya pisau sudah dalam keadaan sangat layak pakai (tajam).

  • Membaca sholawat Nabi

Bacaan doa potong ayam akan lebih sesuai dengan sunnah bila membaca sholawat. Karena hampir semua ibadah terdapat bacaan solawat di dalamnya.

  • Membaca tasmiyah

Menyebut nama-nama Allah, bisa referensi dari dzikir, takbir hari raya ataupun asmaul husna. Agar lebih sempurna doa memotong ayamnya.

  • Membiarkan darah mengalir

Setelah leher hewan diembelih menggunakan pisau, letakkan badan hewan agar darah bisa mengalir keluar dengan sempurna dan hewan tidak merasakan sakit.

Lafadz Niat Memotong Ayam

lafal doa dalam bahasa arab

أَعُوْذُ بِاللهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيْمِ: نَوَيْتُ أَنْ أَذْبَحَ هَذَا الدَّجَاجَةَ أَنْ يَقْطَعَ حُلْقُوْمَ وَالْمَرِىءَ فَرْضًا لِلَّهِ تَعَالَى اللهُ أَكْبَرُ، اللهُ أَكْبَرُ، ا، بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ

Lafal bahasa indonesia

A’uudzu billahi minasysyaithonir rojiiim. Nawaitu An-Adzbaha Hadzad-Dajaajata Ay-yaqtha’a khulquma wal mari a Fardhol-lillaahi Ta ’ala, Allahu Akbar Allahu Akbar Bismilahir-rohmanir-rohiiiim.

Artinya

Aku telah berlindung kepada Allah dari godaan Syaithon yang terkutuk. Aku berniat menyembelih ayam ini dengan memutuskan tenggorokan dan kerongkongannya hanya karena Allah Ta’ala. Allah yang Maha Besar, Allah yang Maha Besar. Dengan nama Allah yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang.

Urutan Doa Memotong Ayam & Hewan Lainnya

Berikut urutan bacaan sebelum anda menyembelih hewan sesuai ajaran Rasulullah SAW dan pendapat para ulama’. Doa ini juga berlaku ketika potong hewan aqiqah, qurban, kurban hari raya idhul adha.

Termasuk doa memotong ayam, menyembelih kuda (horseasy), berqurban sapi dan penyembelihan hewan lain yang  halal dan thoyyib.

Membaca Bismillah

doa memotong ayam

Lafal indonesia:  Bismillahirohmaanirroohiiim

Urutan pertama dengan memuji Allah dengan bacaan basmalah. Bisa dibaca dengan pendek (bismillah) atau yang panjang (bismillahirohmanirrohiim).

Dalam membaca bismillah tidak ada perdebatan sama sekali, mau membaca versi pendek atau panjang silahkan. Selagi semua memiliki unsur niat baik dan ikhlas karena Allah sembelihan tetap sah.

Sholawat Nabi Muhammad SAW

doa menyembelih ayam

Lafal indonesia:  Allahumma sholli wasasllim ‘alaa nabiyyinaa muhammad

Membaca shalawat kepada baginda nabi Muhammad SAW sangat variatif. Boleh memakai yang pendek ataupun yang panjang pula. Namun anjuran pendek saja agar hewan tidak merasakan sakit yang lama ketika dipegang oleh kita.

Membaca Niat Memotong Ayam

Bacaan niat doa memotong ayam sudah kami tulis dan ulaskan di atas untuk lebih jelasnya, kami tulis kembali.

lafal doa niat memotong ayam

Lafal indonesia:  A’uudzu billahi minasysyaithonir rojiiim. Nawaitu An-Adzbaha Hadzad-Dajaajata Ay-yaqtha’a khulquma wal mari a Fardhol-lillaahi Ta ’ala, Allahu Akbar Allahu Akbar Bismilahir-rohmanir-rohiiiim.

Membaca Takbir

doa potong ayam

Lafal indonesia:  Allahu akbar

Membaca takbir tiga kali lalu diiringi dengan tahmid diakhirnya saat menyembelih hewan. Dan jangan lupa lafadzkan doa di bawah ini juga.

Membaca Doa Menyembelih Ayam dan Hewan Lain

lafal doa menyembelih ayam

Lafal indonesia:  Allahumma hadzihii minka wa ilaika fataqabbal minnii yaa kariimm

Adapun doa di atas tak hanya untuk jenis ayam saja. Namun untuk hewan lain juga seperti kambing, domba, sapi, kerbau, unta dan hewan halal lainnya.

Pentingnya Membaca Doa Ketika Menyembelih Hewan

Sebagai adab kita sebagai hamba Allah, kita niatkan lurus hanya untuk Allah SWT saja penyembelihan ini. Karena sesungguhnya segala sesuatu amalan aktifitas kita semua dinilai dari niatnya. Apabila niat buruk maka buruk pula amal itu, apabila bagus niatnya bagus dan berpahala pula amalan itu.

Kemudian mengikuti sunnah yang dicontohkan Nabi SAW. Orang yang paling dicintai Nabi adalah orang yang suka dan mengamalkan sunnah-sunnah yang ditinggalkan beliau. Dan bila kita melakukan ini kita termasuk cinta pada Nabi juga.

Yang ketiga, untuk membuktikan rasa syukur kita kepada Allah SWT dengan cara mengagungkan dan selalu berdzikir ketika mengerjakan semua hal.

Lalu yang terkahir, sebagai jaminan akan kehalalan hewan tersebut yang disembelih. Bilamana hewan disembelih tanpa melafalkan nama Allah maka haram hewan tersebut, kecuali hewan yang hidup di air saja.

Cara Menyembelih Ayam yang Baik & Benar

Dalam menyembelih hewan pasti ada tips tata cara dan doa yang baik dan benar agar hewan tidak merasakan sakit. Simak ulasan berikut ini.

Berbuat kasih sayang terhadap hewan

Pastikan ketika memegang ayam tidak dipaksa dan tidak dipegang terlalu erat, agar ada space gerak untuk ayam. Memotong ayam juga tidak boleh dengan siksaan.

Bukan hanya manusia yang ingin hatinya tenang, hewan juga butuh ketenangan (meski dalam ujung kematian untuk disembelih).

Asah dahulu pisau

Dengan pisau yang tajam yang telah diasah, ayam tidak akan merasakan sakit yang pedih sangat ketika digorok. Darahnya pun dapat mengalir dengan baik jika dipotong hanya dengan 1 kali gesekan.

Memotong leher ayam dengan baik

Ketika memotong leher ayam cukup putuskan uratnya saja. Jangan sampai putus hingga lehernya secara utuh.

Menghadapkan hewan ke arah kiblat

Hal ini juga dilakukan oleh Rasulullah dan para sahabat. Kita selayaknya sebagai kaumnya harus patuh dan taat mengikuti ajaran beliau.

Membaca niat dan doa 

Untuk bacaan niat dan doa telah kami tuliskan di materi atas.

***

Demikian pembahasan mengenai doa memotong ayam, semoga dapat menjadi pelajaran bagi kita smeua. Pelajari juga bacaan doa yang lainnya di website damainesia.com. Terima kasih. Wassalamu’alaikum.

***

Pencarian:

doa memotong ayam

doa potong ayam

doa menyembelih ayam

bacaan doa memotong ayam

lafal doa memotong ayam

lafadz doa memotong ayam

kajian doa memotong ayam

artikel doa memotong ayam

tulisan doa memotong ayam

doa memotong ayam bahasa arab

doa memotong ayam bahasa indoensia

doa memotong ayam beserta artinya