Doa Memohon Agar Diberikan Kemudahan Segala Urusan

Doa Memohon Agar Diberikan Kemudahan Segala Urusan

Doa Memohon Agar Diberikan Kemudahan Segala Urusan – Dalam mengerjakan aktifitas harian, setiap hamba akan merasakan sebuah cobaan dalam langkahnya. Mengapa harus ada hambatan? Karena dengan adanya ujian seseorang akan dapat naik tingkatannya.

Seperti saat anda sekolah, sebelum naik ke kelas selanjutnya pasti ada ujian semester terlebih dahulu yang harus dilewati. Bila nilai bagus akan naik dan bila nilai kurang maka akan tetap pada tingkatan yang sama.

Begitu pula dengan kehidupan ini, ada saja masalah yang membuat level keimanan dan ketaqwaan bertambah. Dengan selalu bersabar, beribadah dan berdoa. Iman akan semakin bertambah dengan ketaatan walau hanya dengan lembutnya bacaan doa melalui ucapan lisan (doa).

Nah, mungkin tahapan bersabar dan beribadah sudah paham dan sering mempraktekkannya. Untuk itu, adapun beberapa bacaan doa juga yang diajarkan islam dan dicontohkan oleh Nabi Muhammad SAW ketika seseorang ingin memohon suatu hajat terpenuhi.

Bahkan ketika kita lapang pun juga dianjurkan untuk berdoa, contoh doa sebelum makan, doa sebelum tidur. Dengan adanya doa tersebut kita akan selalu ingat dan lisan basah akan dzikir kepada Allah SWT.

Ketika senang, lapang dan banyak rizki saja ada doanya, apalagi ketika terdapat suatu urusan yang membuat kita khawatir akan kelancarannya.

Langsung saja. Berikut kumpulan contoh doa harian untuk meminta kemudahan dalam menjalani hidup dan memohon pertolongan yang bisa anda gunakan di setiap harian anda sesuai ajaran sunnah Rosululloh SAW.

Doa Diberi Kemudahan Ketika Dalam Kesulitan

اللَّهُمَّ لاَ سَهْلَ إِلاَّ مَا جَعَلْتَهُ سَهْلاً وَأَنْتَ تَجْعَلُ الحَزْنَ إِذَا شِئْتَ سَهْلاً

“Allaahumma laaa sahla illaa maaa ja’altahu sahlaaa, wa anta taj’alul hazzna idzaa syi’ta sahlaaa”

Artinya : “Ya Allah, tidak ada kemudahan melainkan yang Engkau buat sesuatu itu mudah. Dan engkau menjadikan kesedihan (suatu yang sulit), jika Engkau kehendaki pasti akan menjadi kemudahan (lebih mudah)”.

Doa Meminta Kelancaran Ketika Berbicara

رَبِّ اشْرَحْ لِي صَدْرِي وَيَسِّرْ لِي أَمْرِي وَاحْلُلْ عُقْدَةً مِنْ لِسَانِي يَفْقَهُوا قَوْلِي

“Rabbisy-rohliiy shodriiy, wa yassirliiy amriy, wahlul ‘uqdatam-mil lisaani yafqohu qouliy“

Artinya : “Ya Robbku, lapangkanlah kelonggaran dadaku, dan mudahkanlah untukku segala urusanku, dan lepaskanlah kekakuan dari lidahku, supaya mereka mengerti perkataanku”.

Doa Dimudahkan Urusan

ۗ رَبَّنَا لَا تُؤَاخِذْنَا إِنْ نَسِينَا أَوْ أَخْطَأْنَا ۚ رَبَّنَا وَلَا تَحْمِلْ عَلَيْنَا إِصْرًا كَمَا حَمَلْتَهُ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِنَا ۚ رَبَّنَا وَلَا تُحَمِّلْنَا مَا لَا طَاقَةَ لَنَا بِهِ ۖ وَاعْفُ عَنَّا وَاغْفِرْ لَنَا وَارْحَمْنَا ۚ أَنْتَ مَوْلَانَا فَانْصُرْنَا عَلَى الْقَوْمِ الْكَافِرِي

“Robbanaa laa tuaakhidznaa inna siinaa au akhtho’naa, robbanaa walaa tahmil ‘alainaa ishron-kamaa hamaltahuu ‘alaal ladziina min-qoblinaa, robbana walaa tuhammilnaa maa laa thoo qatalanaabih, wa’fuannaa waghfirlanaa warhamnaa – anta maulana fanshurnaa ‘alal-qaumil kaafiriiin”.

Artinya : “Ya Tuhan kami, janganlah Engkau hukum kami jika kami lupa atau kami tersalah. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau bebankan kepada kami beban yang berat sebagaimana Engkau bebankan kepada orang-orang sebelum kami. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau pikulkan kepada kami apa yang tak sanggup kami memikulnya. Beri maaflah kami; ampunilah kami; dan rahmatilah kami. Engkaulah Penolong kami, maka tolonglah kami terhadap kaum yang kafir”.

Doa Memohon Petunjuk (Belajar, Bekerja & Beraktifitas)

أَللّٰهُمَّ أَصْلِحْ لِىْ دِيْنِىَ الَّذِىْ هُوَ عِصْمَةُ أَمْرِىْ وَ أَصْلِحْ لِىْ دُنْيَاىَ الَّتِىْ فِيْهَا مَعَاشِىْ وَ أَصْلِحْ لِىْ آخِرَتِىَ الَّتِىْ فِيْهَا مَعَادِىْ وَاجْعَلِ الْحَيَاةَ زِيَادَهً لِّىْ فِىْ كُلِّ خَيْرٍ وَّ اجْعَلِ الْمَوْتَ رَاحَةً لِّىْ مِنْ كُلِّ شَرٍّ

“Allahumma ashlih liy diinil-ladzii huwa ‘ishmatu amriy, wa ashlih liy dunyaal-latii fiiihaa ma’aa-syii. Wa ash-lihlii aakhiroti al latii fii haa ma’aa dii, waj’alil hayaata dziyaadatal lii fii kulli khair, waj’alil mauta raa hatal lii min kulli syar“.

Artinya : “Ya Allah mohon kebaikan pada urusan agamaku karena itu adalah penjaga semua urusanku. Aku mohon kebaikan pada urusan duniaku karena itu tempat hidupku. Aku mohon kebaikan pada urusan akhiratku karena itu tempat kembaliku. Jadikanlah hidup ini tambahan kebaikan bagiku, dan jadikanlah kematianku waktu istirahat bagiku dari segala keburukan”.

Doa Dimudahkan Saat Melahirkan

يَا حَيُّ يَا قَيُّومُ بِرَحْمَتِكَ أَسْتَغِيثُ

“yaaa hayyu yaaa qoyyum birohmatika astagiitsu“

Artinya : “Wahai Yang Maha Hidup Kekal, Yang terus menerus mengurus (makhluk-Nya), hanya dengan rahmat-Mu saja, saya meminta pertolongan”.

Doa Meminta Perlindungan

اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ الْهَمِّ وَالْحَزَنِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ الْعَجْزِ وَالْكَسَ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ الْجُبْنِ وَالْبُخْلِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ غَلَبَةِ الدَّيْنِ وَقَهْرِ الرِّجَالِ

“Allaahumma inniiy auu dzu bika minal Hammi wal hazn, wa auudzu bika minal ‘ajzi wal kasal, wa auudzu bika minal jubni wal bukhel, wa auudzu bika min ghalabatid daiyni wa qohrir rijaal.”

Yaa Allah, sungguh aku berlindung kepada Mu dari kebingungan dan kesedihan. Aku berlindung kepada Mu dari kelemahan dan kemalasan. Aku berlindung kepada Mu dari sikap kepengecutan dan kekikiran. Aku berlindung kepada Mu dari lilitan hutang dan penindasan atas seseorang.”

**

Doa yang diajarkan Rosulullah tersebut diatas sangat kompleks dan masih umum, antara lain tersirat doa meminta perlindungan dari kelemahan, kelemahan, sifat pengecut, bakhil (pelit) membayar hutang, manusia jahat dan dijauhkan dari hutang dan riba.

Dan juga bisa dibaca ketika untuk memohon kemudahan ketika ujian, karena di situ juga ada kalimat permohonan untuk dijauhkan dari rasa malas.

Dikutip dari doa al-matsurat pagi dan sore.

Jangan lupa luruskan niat tenangkan hati raih petunjuk dengan cara terbaik yaitu berdoa untuk menenangkan hati.

Amalan Doa Petunjuk Jodoh

Dalam video yang disampaikan oleh Ustadz Adi Hidayat LC MA sangat jelas. Adapun doa meminta rezeki berupa jodoh yang telah dijabarkan di dalam kajian singkat tersebut. Doa Memohon Kemudahan

Doa Agar Dimudahkan Dalam Menghafal

رَبَّنَا آتِنَا مِنْ لَدُنْكَ رَحْمَةً وَهَيِّئْ لَنَا مِنْ أَمْرِنَا رَشَدًا

“Robbanaa ‘aa tinaa milla-dunka rohmah, wahayyi’ lanaa min amrinaa rosyadaa”.

Artinya : “Wahai Tuhan kami, berikanlah rahmat kepada kami dari sisi-Mu dan sempurnakanlah bagi kami petunjuk yang lurus dalam urusan kami (ini)”.

Doa Memohon Ampunan Dari Dosa

رَبَّنَا أَتْمِمْ لَنَا نُورَنَا وَاغْفِرْ لَنَا ۖ إِنَّكَ عَلَىٰ كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ

“Robbanaaa atmim lanaaa nuauronaa waghfirlanaa innaka ‘alaaa kullii sayaiin qadiiir“.

Artinya : “Ya Robb kami, berikanlah kesempurnaan bagi kami cahaya kami dan ampunilah kami, Sesungguhnya Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu”.

Faidah Keutamaan dan Manfaat Doa Tersebut

Pada kumpulan doa di atas sangat banyak sekali kalimat yang mengandung kata permintaan dan permohonan kepada Allah SWT. Namun agar lebih semangat menghafal dan mengamalkan doa tersebut. mari simak juga faidah bila kita membacanya:

  1. Sebagai pengingat bahwa tempat bergantung hanya kepada Allah SWT. tidak dengan yang lain. Sudah seharusnya seorang hamba yang beriman selalu memohon dan memasrahkan segala urusannya kepada Allah dengan perantara ibadah dan doa.
  2. Selalu mengingatkan bahwa seorang hamba memang punya rencana namun Allah berkehendak atas rencana Allah SWT. Dan rencana Allah adalah sebaik-baik rencana bagi hambanya. Tinggal bagaimana seorang hamba bisa senantiasa berjuang & berusaha.
  3. Memacu dan meningkatkan keimanan terhadap takdir yang telah Allah tentukan baginya. Baik ketika lapang maupun duka karena musibah. KArena sesungguhnya Tidaklah Allah memberikan beban kecuali hambanya itu mampu menopangnya.
  4. di balik takdir yang telah diberikan pasti dan pasti ada jalan keluar yang terbaik. Maka dari itu berdoa dan selalu dzikir untuk mengingat Allah adalah kuncinya.
  5. Banyak cara untuk mendekatkan diri kepada Allah agar ketaqwaan semakin meningkat. Salah satunya dengan bersabar, berdoa dan sholat.

Kiat Doa Cepat Dikabulkan

  • Mencari di waktu mustajabah. Sepertiga malam, sebelum salam, ketika sujud, sebelum dan sesudah sholat, antara adzan & iqomah dan hari jumat.
  • Bersuci. Dalam keadaan suci akan mendatangkan malaikat dengan gembira dan keadaan suci lebih disukai Allah dan Rosul-Nya.
  • Menghadap kiblat.
  • Khusyuk (tunduk, fokus dan penuh harap).
  • Bersuara lirih dan lembut.
  • Memuji Allah dan bersholawat Rasul diawal dan akhir doa.
  • Optimis dan yakin doa akan terkabul.
  • Khusnudzon biLLah.

Demikian wejangan yang bisa admin tuliskan untuk anda, semoga tulisan doa memohon kemudahan yang telah diajarkan oleh Al-quran & sunnah Rasulullah ini bisa diamalkan di setiap keseharian. Ada baiknya kami selaku penulis memohon ampun apabila ada salah tulisa & penyampaian. Kami berlindung kepada Allah dari hal-hal yang buruk. Wallahu a’lam.

gambar foto video rumasysho