Doa Khatam Quran

Doa Khatam Quran & Terjemahannya – Semoga Allah selalu memberikan kemudahan bagi kita semua untuk selalu membaca dan memperlajari kalam suci-Nya.

Sebagaimana hadist yang disabdakan Nabi Muhammad SAW.

“Bacalah al quran, karena al-qur’an akan mendatangi pada hari kiamat sebagai syafaat bagi para pembacanya”

(HR. Muslim no. 1910)

Rasulullah SAW juga bersabda.

“Sebaik-baik dari kalian adalah orang yg mempelajari al qur’an dan mengajarkannya pula”

(HR. Bukhari no. 5027)

Nah, dengan semakin banyak kita membaca semakin sering pula kita mengkhatamkan al-quran. Tentu ada pahala dan safaat bagi. Semakin senang pula kan?

Namun di sisi lain, tentu juga ada doa khusus sebagai penutup khataman al-quran agar lebih afdhol dan berpahala lain juga, yakni berupa panjatan bacaan doa sesuai sunnah.

Arti Doa Khatam Al-Qur’an

Doa khotam quran merupakan bacaan yang diucapan berupa doa bahasa arab yang di dalamnya doa-doa yang telah disusun oleh para ahli.

Doa ini berisi tentang permohonan kepada Allah tentang ketaqwaan, keimanan dan keislaman serta keistiqomahan dalam kebaikan hingga dijadikan hamba yang ahli surga. Yang pokok darinya keinginan untuk selalu diberikan yang terbaik bagi peminta doa.

Karena di dalam sebuah hadist juga disebutkan bahwa Allah lebih suka kepada hamba-Nya yang suka berdoa kepada-Nya. Dan sebaliknya, Ia akan murka kepada mereka yang sombong, yakni yang tidak mau berdoa kepada-Nya.

Maka dari itu seusai membaca Al-quran atau menyelesaikan pembacaan Al-quran sebaiknya kita terlebih dahulu membaca doanya agar terlimpah keberkahan dan keridhoan Allah SWT.

Jadi inti sari dari doa khatam al-quran sebagai doa penutup setelah selesai membaca 30 juz dalam al-quran dan 114 surat di dalamnya.

Apakah orang yang tidak membaca doa khatam quran berdosa?

  • Jawabannya: TIDAK

Karena doa khatam quran merupakan anjuran, bukan kewajiban. Jadi bagi anda yang lupa atau tidak sempat untuk membaca doa khotam quran, itu tidak berdosa.

Walau bersifat Sunnah, namun doa ini sebaiknya tetap dibaca atau dilantunkan sebagai permohonan keistiqomahan dalam kebaikan bagi pembacanya.

Wallahu a’lam bish-showaab

Siapa yang harus membaca doa khatam quran?

  • Jawabannya: Semua mukmin & muslim

Dalam membaca doa khotam al-quran tidak ada pembatasan syarat untuk melantunkannya. Semua muslim nan mukmin boleh, tidak harus ustadzm hafidz qur’an, sholih ataupun kiyai.

Semua orang setetlah menyelesaikan bacaan quran hingga 30 juz dianjurkan berdoa khatam quran baik  arabnya saja ataupun beserta dengan latin artinya bahasa Indonesia ataupun melayu.

Apakah boleh belum khatam al-quran namun baca doa khatam quran?

كَانَ إِذَا خَتَمَ الْقُرْآنَ جَمَعَ أَهْلَهُ وَوَلَدَهُ ، فَدَعَا لَهُمْ

” Anas bin Malik Rhodiyallahu A’nhu pernah ketika khatam al-qur’an mengumpulkan keluarga dan anaknya lalu beliau berdoa kebaikan untuk mereka”. (HR. Ibnul Mubarok, Ibnu Abi Syaibah, Ibnu Nashr, Ibnu ‘Ubaid, Ibnu Adh Dhurais, Ibnu Abi Daud, Al Faryabi, Ad Darimi, Sa’id bin Manshur, Ath Thobroni, Al Anbari)

Kesimpulannya, jadi bila kita belum khatam quran namun ada seseorang sudah khatam dlam membacanya al-quran, kita bisa ikut berdoa bersamanya pula.

Doa Khatam Quran Bahasa Arab Singkat

Meski doa berikut ini pendek ringkas dan artinya, namun sudah lengkap mewakili semuanya. Karena doa tersebut merupakan permohonan yang harus diminta hamba kepada Tuhannya.

doa khatam quran

Arti makna:

Allaahummarhamnaa bil qur’aan..

waj’alhu lanaa imaamaw-wa nuurow-wa huuudaa wa rohmah..

Allahumma dzakkirnaa minhu maa nasiiina..

Wa a’llimnaa minhu maa jahilnaa..

warzuqnaa tilaawatahu aanaa al-laili wa athroofan nahaar..

waj’alhu lanaa hujjatan yaa Robbal aalamiin..

***

Dalam berbagai mushaf kitab al-quran sudah tertulis doa khatam al-quran baik karangan nu (nahdatul ulama), muhammadiyah dan lainnya sudah ada. Entah terbitan quran kudus, syamil, Cordoba dan lainnya pula.

Meski ada sedikit perbedaan dalam doa tersebut namun semua yang tertulis di dalam mushaf al-quran yang di letakan di akhir quran tersebut telah disusun oleh para ahlinya.

” baca juga: doa al-ma’surat

Adab Khataman Qur’an

Ketika membaca al-qur’an sebaiknya dalam keadaan suci, sebagaimana kita memuliakan kalam Allah yang tersusun di dalam al-quran tersebut.

  • Bersuci dari hadas dengan cara berwudhu
  • Memakai pakaian yang sopan
  • Menghadap kiblat bila mampu
  • Membaca ta’awud dan basmalah
  • Konsentrasi agar mengetahui maksud makna yang dibaca
  • Meresapi dengan hati agar meningkatkan iman
  • Direnungi dan khusyu’
  • Membaca dengan benar, jelas dan bagus
  • Membaca ayat per-ayat hingga khatam

Download Doa Khatam Quran mp3

Doa tersebut di atas disesuaikan dengan lirik anak-anak agar mudah dan cepat dihafal lirik doanya.

Adapun file pdf, anda bisa download gambar ini.

doa khatam al-quran

Meski ada beberapa pendapat mengenai doa khatam al-quran.Namun menurut banyak ulama diperbolehkan, selagi masih dalam koridor kebaikan dan sesuai konteks islam.

Wallahu a’lam bishowab

***

Sumber: bangkitmimpi – rumaysho

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *