Kumpulan Doa Aqiqah Bahasa Arab Latin Singkat

Kumpulan Doa Aqiqah – Sebagai umat muslim istilah aqiqah sudah buka kata yang asing. Aqiqah merupakan ajaran Sunnah yang dianjurkan bagi umatnya agar bisa menerima pahala dan hikmah dari aqiqah tersebut.

Dalam penebusan aqiqah dengan cara menyembelih hewan, tak selayaknya dilakukan secara sembaranagan. Karena di dlamnya terdapat syarat & hukum aqiqah yang harus dipenuhi, termasuk doa dalam ibadah aqiqah.

Nah, pada pembahasan kali ini akan dibahas mengenai kumpulan contoh ucapan dan bacaan doa aqiqah bagi anak laki-laki maupun perempuan sesuai sunnah dalam hadist shahih Nabi Muhammad SAW.

Niat Aqiqah

Meski pelafadz-an niat bisa dengan lirih dan di dalam hati, namun pembacaan niat secara lisan pada aqiqah dan qurban biasanya dilafalkan oleh sebagian muslim lain di Indonesia, termasuk kalangan nu maupun yang lainnya.

Karena pentingnya niat seakan-akan harus tertera dalam segala urusan agar uraian hal yang dikerjakan memiliki goal yang jelas sesuai arah.

Maka dari itu mari kita hafalkan bacaan lafal niat akikah berikut ini.

doa aqiqah

Doa Aqiqah

Dalam ibadah aqiqah, menunjukan bahwa seorang hamba sangat bersyukur atas limpahan karunia amanah seorang anak padanya.

Maka dari itu luapan bahagia pantas diucapakan melalui lisan dan tindakan. Lisan dengan cara berdoa kepada Allah dan tindakan dengan cara menyembelih hewan aqiqah.

Adapun doa sebelum menyembelihnya yakni sebagai berikut.

Bahasa Arab Lengkap Panjang

Diawali dengan bacaan basmallah lalu diikuti dengan doa berikut ini.

اَللّٰهُمَّ اَنْ هٰذِهِ عَقِيْقَةُ فُلَانِ ابْنِ فُلَانٍ اَللّٰهُمَّ اجْعَلْهَا فِدَاءً لِفُلَانِ ابْنِ فُلَانٍ مِنَ النَّارِ

Artinya : “Ya Allah ini adalah aqiqah fulan bin fulan . Ya Allah semoga aqiqah ini Engkau jadi kan sbg tebusan bagi fulan (supaya terhindar) dari siksaan api neraka.”

Latin Bahasa Indonesia Singkat

Bismillaahiwawllaahu Akbar. Allahumma minka wa laka.. Allahumma taqobbal minni. Haadzihi ‘aqiqatu… (Sebutkan Nama Bayi)

Artinya : “Dengan menyebut nama Allah. Allah yang Maha Besar. Yaa Allah, dari-Mu & untuk-Mu. Ya Allah, (maka) terima lah dari kami, ini lah aqiqahnya … (Sebutkan Nama Bayi).”

Doa Ketika Potong Rambut

Ketika bayi telah berusia tujuh hari, dianjurkan pula untuk memotong rambutnya agar bersih layaknya bayi baru lahir dan suci dari yang lainnya. Sebaiknya tidak sekedar dipotong namun digundul agar bisa tumbuh secara rata dan bagus.

Adapun doa yang telah dicontohkan Nabi Muhammad SAW yakni sebagai berikut.

Bismillaahirrahmaanirrahiim. Alhamdulillaahi rabbil ‘alamiin. Allaahumma nuurus samaawaati wa nuurusy syamsyi wal qamari, Allaahumma sirrullaahi nuurun nubuwwati rasulullaahi shallallaahu ‘alaihi wasallam walhamdulillaahi Rabbil ‘alamin.

Artinya : “Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih & Maha Penyayang. Segala puji bagi Allah, Rabb semesta alam, Ya Allah, cahaya langit, matahari dan bulan. Ya Allah, rahasia Allah, cahaya kenabian, Rasulullah Saw, dan segala puji bagi Allah, Rabb semesta alam.”

Doa Ketika Meniup Ubun-Ubun Bayi

Allahumma innii u’iidzuhaa bika wa dzurriyyatahaa minasy syaithaanir rajiIim

Artinya : “Ya Allah, sesungguhnya aku memohon perlindungan untuk dia (bayi) & keluarganya dari godaan syaitan yang terkutuk.”

Bacaan Doa Walimah Aqiqah

اَللّٰهُمَّ احْفَظْهُ مِنْ شَرِّالْجِنِّ وَالْإِنْسِ وَأُمِّ الصِّبْيَانِ وَمِنْ جَمِيْعِ السَّيِّئَاتِ وَالْعِصْيَانِ وَاحْرِسْهُ بِحَضَانَتِكَ وَكَفَالَتِكَ الْمَحْمُوْدَةِ وَبِدَوَامِ عِنَايَتِكَ وَرِعَايَتِكَ أَلنَّافِذَةِ نُقَدِّمُ بِهَاعَلَى الْقِيَامِ بِمَا كَلَّفْتَنَا مِنْ حُقُوْقِ رُبُوْبِيَّتِكَ الْكَرِيْمَةِ نَدَبْتَنَا إِلَيْهِ فِيْمَا بَيْنَنَا وَبَيْنَ خَلْقِكَ مِنْ مَكَارِمِ الْأَخْلَاقِ وَأَطْيَبُ مَا فَضَّلْتَنَا مِنَ الْأَرْزَاقِ

اَللّٰهُمَّ اجْعَلْنَا وَ إِيَّاهُمْ مِنْ أَهْلِ الْعِلْمِ وَأَهْلِ الْخَيْرِ وَأَهْلِ الْقُرْآنِ وَلَاتَجْعَلْنَا وَ إِيَّاهُمْ مِنْ أَهْلِ الشَّرِ وَالضَّيْرِ وَالظُّلْمِ وَالطُّغْيَانِ

Allaahummahfadzhu min syarril-jinni wal-insi wa ummish-shibyaani wa min jamiiais sayyiaati wal ‘ishyaani wahrishu bihadlaanatika wa kafaalatika al-mahmuudati wa bidawaami ‘inaayatika wa ri’aayatika an-nafiidzati nuqaddimu bihaa ‘alal qiyaami bimaa kalaftanaa min huquuqi rububiyyaatika al-kariimati nadabtanaa ilaihi fîmaa bainanaa wa baina khalqika min makaarimil akhlaaqi wa athyabu maa fadldlaltanaa minal arzaaqi.

Allaahummaj’alnaa wa iyyaahum min ahlil ‘ilmi wa ahlil khairi wa ahlil qur’aani wa laa taj’alnaa wa iyyaahum min ahlisy syarri wadl dloiri wadz dzolami waththughyaani.

Artinya :

“Ya Allah, jagalah dia (bayi) dari kejelekan jin, manusia dan ummi-shibyan, serta segala kejelekan dan kemaksiatan. Jagalah dia dengan penjagaan dan tanggungan-Mu yang terpuji, dengan perawatan dan perlindunganmu yang lestari. Dengan hal tersebut aku mampu melaksanakan apa yang Kau bebankan padaku, dari hak-hak ketuhanan yang mulia. Hiasi dia dengan apa yang ada diantara kami dan makhluk-Mu, yakni akhlak mulia dan anugerah yang paling indah”

“Ya Allah, jadikan kami dan mereka sebagai ahli ilmu, ahli kebaikan, dan ahli Al-Qur’an. Jangan kau jadikan kami dan mereka sebagai ahli kejelekan, keburukan, aniaya, dan tercela.”

***

Demikian tadi beberapa doa aqiqah yang bisa kami kutipkan untuk anda, semoga bermanfaat. Bila ada salah penulisan dan penyampaian itu dari kami, bila terdapat kebenarannya itu murni hanya dari kemurahaan Allah ta’ala.

Dikutip dari beberapa artikel lain di website: pelangiaqiqah.com – pelangiaiqah.co.id – dutadakwah.co.id – salafy.or.id

Lihat juga contoh kartu ucapan undangan aqiqah

Pelajari juga bab pernikahan di artikel pernikahan dalam islam

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *