Bacaan Doa Akad Nikah Islami

Doa Akad NikahPernikahan merupakan suatu ibadah yang mulia. Sebagaimana sabda Nabi Muhammad SAW, yang diriwayatkan Anas bin Malik yang artinya :

Apabila seorang hamba telah menikah, berarti dia telah menyempurnakan setengah dari agamanya. karena itu bertakwalah kepada Allah SWT pada separuh sisanya.

Hadist riwayat Al Baihaqi dalam kitab Syu’abul Iman. Dibenarkan oleh Syaikh Al Albani dalam kitab As Silsilah Ash Shahihah no. 625)

Selain mengikuti sunnah baginda Nabi Muhammad SAW untuk menyempurnakan sebgian dari ibadah agama, menikah juga perlu permohonan keberkahan dan karunia lain dari Allah SWT agar bisa langgeng hingga akhir hayat dan dipertemukan kembali di surga-Nya.

Maka dari itu agar semua susunan acara pernikahan bisa berjalan lancar tanpa ada halangan apapun. Perlu adanya doa yang dilantunkan setelah acara ijab qobul akad nikah selesai dilaksanakan. Baik doa dari tamu, diri sendiri maupun doa umum untuk pengantin dan seluruh tamu.

Doa Pengantin Setelah Akad Nikah

doa ijab qobul akad nikah pengantin baru

“Allaahumma inniy as’aluka min khoirihaaa wa khoiri maa jabaltahaa ‘alaih. Wa a’uudzubika min syarrihaa wa syarri maa jabaltaha ‘alaih.”

Artinya: yaa Allah, sungguh aku mohon kepada-Mu kebaikan pada dirinya dan kebaikan yang Engkau tentukan atas dirinya. Dan Aku berlindung kepada-Mu dari kejelekan padanya dan kejelekan yang Engkau tetapkan pada dirinya.

Doa Akad Nikah dari Tamu untuk Pengantin

“Baarakallahu laka wa baarakaa alaika wa jama’a bainakumaa fii khoiiir.”

Artinya: Semoga Allah memberkahi dirimu, baik dalam keadaan suka maupun duka dan selalu mengumpulkan kamu berdua dalam suatu kebaikan.

Bacaan Doa Malam Pertama

Doa Setelah Ijab Qobul Akad Nikah

susunan acara akad nikah islami

Sumber dari kitab Makarim Al-Akhlaq nomor 209. Percontohan dari Imam Ja’far As-shidiq bin Muhammad Baghir bin Ali Zainal Abidin bin Al-Husein (keturunan cucu Rasulullah).

Yang artinya :

Yaa, Allah dengan amanat dari Mu kujadikan dia istriku dan dengan kalimat-kalimat Mu dihalalkan bagiku kehormatannya. Jika Engkau tetapkan bagiku memiliki keuturunan anak darinya, maka jadikanlah keturunanku suatu keberkahan dan kemuliaan dan jangan jadikan setan ikut dan mengambil bagian darinya.

Yaa Allah, berilah karunia kelembutan pada istriku, kasih sayang dan ketulusannya. Ridhoi-lah aku dengannya. Kumpulkanlah kami dalam rumah tangga yang terbaik penuh kasih sayang dan kebahagiaan. Sesungguhnya Engkau mencintai kehalalan dan membenci kekharaman. 

Yaa Allah, limpahkanlah pada ku keturunan dan jadikan ia anak yang bertaqwa & cerdas, memiliki kelebihan, tidak ada kekurangan fisiknya dan jadikan sesuatu kesudahan pada kebaikan. 

Doa Ijab Qobul Akad Nikah Versi Kiyai Maimun Zubair

KH Maimun Zubair

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ . اَلْحَمْدُ للهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ حَمْدًا يُوَافِى نِعَمَهُ وَيُكَافِئُ مَزِيْدَهُ يَارَبَّنَا لَكَ الْحَمْدُ كَمَا يَنْبَغِى لِجَلَالِ وَجْهِكَ وَعَظِيْمِ سُلْطَانِكَ

***

اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ صَلَاةً تَمْلاَءُ خَزَائِنَ اللهِ نُوْرًا وَتَكُوْنُ لَنَا وَلِلْمُؤْمِنِيْنَ فَرَجًا وَفَرَحًا وَسُرُوْرًا وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلِّمْ تَسْلِيْمًا كَثِيْرًا

***

 اَللَّهُمَّ اجْعَلْ هَذَا العَقْدَ عَقْدًا مُبَارَكًا عَقْدًا لَيْسَتْ عَاقِبَتُهُ فِرَاقًا وَلَا خُصُوْمًا عَقْدًا مُبَارَكًا لَهُمَا وَعَلَيْهِمَا فِى أُوْلَاهُمَا وَأُخْرَاهُمَا حَتَّى يَلْقَاكَ وَأَنْتَ رَاضٍ عَنْهُمَا يَارَبَّ العَالَمِيْنَ 

 

***

اَللَّهُمَّ وَسِّعْ لَهُمَا الأَرْزَاقَ وَحَسِّنْ لَهُمَا الأَخْلاَقَ وَأَعِذْهُمَا مِنَ الشِّرْكِ وَالشَّكِّ والنِّفَاقِ وَسُوْءِ الأَخْلاَقِ

***

 اَللَّهُمَّ اجْعَلْ بَيْنَهُمَا يَاإِلَهَنَا الوِفَاقَ مَالَانِهَايَةَ وَلَاغَايَةَ وَجَنِّبْهُمَا عَنِ التَّخَاصُمِ وَالفِرَاقِ بِرَحْمَتِكَ يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ

***

 اَللَّهُمَّ اجْعَلْ هَذَا النِّكَاحَ أَبَدِيًّا سَرْمَدِيًّا حَتَّى يَلْقَاكَ وَأَنْتَ رَاضٍ عَنْهُمَا يَارَبَّ العَالَمِيْنَ

***

 اَللَّهُمَّ اجْعَلْ مَعَاشَهُمَا مَعَاشًا طَيِّبًا وَحَيَاةً طَيِّبَةً رَاضِيَةً مَرْضِيَّةً وَارْزُقْ لَهُمَا ذُرِّيَّةً طَيِّبَةً تَكُوْنُ مَعْقِبَةً عَاقِبَةً حَسَنَةً تَكُوْنُ سَبَبًا لِقُرَّةِ أَعْيُنِهِمَا إِنَّكَ عَلَى مَا تَشَآءُ قَدِيْرٌ وَبِالْإِجَابَةِ جَدِيْرٌ

***

 رَبَّنَآ آتِنَا فِى الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِى الْأَخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ . وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَا وَمَوْلَانَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلِّمْ. وَالْحَمْدُ ِللهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ

Artinya :

Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih Lagi Maha Penyayang. Segala puji bagi Allah Raabb Semesta Alam. Pujian yang sebanding dengan kenikmatan-Nya dan yang akan menjamin tambahan nikmat-Nya. Wahai Rabb kami, bagi-Mu segala bentuk pujian, sebagaimana pujian yang layak kepada Dzat-Mu Yang Maha Agung, dan kepada kerajaan-Mu yang Maha Besar. 

***

Yaa Allah, limpahkanlah rahmat-Mu kepada junjungan kami Nabi Muhammad saw, dengan rahmat yang penuh cahaya sebagai simpanan di sisi Allah dan menjadi suatu kemudahan, kebahagiaan dan kegembiraan bagi kami dan orang-orang beriman dan (berikanlah rahmat-Mu) kepada keluarga dan para sahabatnya, serta selamatkanlah mereka dengan keselamatan yang sempurna.

***

Yaa Allah, jadikanlah akad ini, sebuah akad yang penuh berkah, akad yang tidak ada setelahnya perpisahan (perceraian) maupun permusuhan, akad yang diberkahi bagi keduanya dan kepada keduanya dari awal sampai akhirnya hingga keduanya bertemu Engkau dan Engkau meridhai kepada keduanya, Wahai Rabb Semesta Alam.

***

Yaa Allah, luaskanlah rezeki bagi keduanya dan baguskanlah akhlaq bagi keduanya serta lindungilah keduanya dari perbuatan syirik, ragu-ragu, nifaq dan akhlaq yang buruk.

***

Yaa Allah, Ya Rabb kami, jadikanlah diantara keduanya, keserasian yang tidak ada putus dan ujungnya dan jauhkanlah keduanya dari permusuhan dan perpisahan dengan rahmat-Mu, Wahai Dzat Yang Maha Penyayang orang-orang yang penyayang.  

***

Yaa Allah, jadikanlah pernikahan ini, pernikahan yang abadi dan langgeng hingga bertemu Engkau dan Engkau ridha kepada keduanya, Wahai Rabb Semesta Alam.

***

Yaa Allah, jadikanlah maisyah keduanya, mata pencaharian yang baik dan penghidupan yang terbaik, nikmat dan diridhai serta limpahkanlah rezeki bagi keduanya keturunan ( anak ) yang baik-baik dan membawa kebaikan serta menjadi penyenang hati bagi keduanya, Sesungguhnya Engkau Maha Kuasa atas segala hal dan selalu segera dalam memenuhi permohonan (doa hamba).

***

Wahai Rabb kami, berikanlah kami kebaikan di dunia dan di akhirat pula. Dan peliharalah (jauhkanlah) kami dari api neraka. Semoga Allah melimpahkan rahmat dan keselamatan kepada junjungan dan panutan kami Nabi Muhammad saw. Dan juga kepada keluarganya serta sahabat-sahabatnya. Segala puji bagi Allah Rabb Semesta Alam.

Pelajari juga :

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *