Rahasia Amalan & Doa Agar Hati Tenang, Tentram Lagi Ikhlas

Rahasia Amalan & Doa Agar Hati Tenang, Tentram Lagi Ikhlas

Doa Agar Hati Tenang – Setiap jiwa manusia memiliki perasaan. Merasakan kesenangan dan merasakan kegelisahan. Itu semua tidak bisa kita prekdisikan.  Untuk itu ada anjuran amalan khusus dan doa agar hati lebih merasakan kedamaian, jauh akan kekhawatiran.

Gelisah merupakan perasaan yang muncul ketika seseorang terkena ujian musibah. Entah datang dari dirinya sendiri maupun orang lain. Bisa karena hutang, pikiran, susah tidur, pekerjaan menumpuk dan bahkan permasalahan kecil lainnya.

Di samping itu, bila sesuatu yang membuat hati tak nyaman dibiarkan saja. Maka akan bisa menjadi racun tersendiri bagi dirinya. Maka dari itu islam mengajarkan kepada umat manusia agar selalu berdoa memohon perlindungan kapan pun dan dimanan pun.

Jadi, bagaimana lafal bacaan doa meminta kelapangan hati agar tenang, nyaman dan tentram? Berikut jawaban dan penjelasannya.

Amalan Agar Hati Tenang & Tentram

nasehat pernikahan

Sebelum beranjak ke doa-doa penenang hati, mari kita pelajari dahulu kiat agar doa ini benar-benar memudahkan lahiriyah dan bathiniyah kita untuk menjadikan qalbu sebagai penopang semangat beribadah dan muamalah.

Bersabar & Lapang Dada

Amalan sabar memang mudah diucapkan tapi sulit dilakukan. Sampai-sampai Rasulullah SAW juga menasehati sahabat dengan kata “Jangan marah” diulang sebanyak 3 kali. Itu menandakan arahan untuk mengontrol emosi kesabaran hati.

Dari situ bisa kita lihat acuan juga bahwa di zaman sahabat saja senantiasa diingatkan oleh Nabi Muhammad SAW. Apalagi sekarang, siapa yang mau mengingatkan atas kelalaian diri.

Sebagaimana juga firman Allah SWT dalam QS. Al-baqarah:153.

“Hai orang-orang yg beriman, mintalah pertolongan (kepada Allah SWT) dengan sabar dan (mengerjakan) sholat, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar.”

Jadi, walaupun bersabar termasuk berat namun harus selalu kita biasakan untuk melatihnya. Hingga kita menjadi orang yang dicintai Allah dan Rasul-Nya karena kesabaran kita.

Tilawah Al-Qur’an

Sebagaimana AL-Quran diturunkan sebagai petunjuk bagi semua manusia. Kemudian terdapat anjuran pula untuk selalu membaca dan mengjaganya (dengan cara dihafal).

Bacaan al quran juga merupakan bacaan yang indah. Hingga pada masanya Umar bin Khattab yang luluh dan masuk islam karena mendengar indahnya bacaan al-quran yang dilantunkan adikknya yang telah masuk islam terlebih dahulu (Fatimah RA).

Selain itu, bila anda melihat di youtube banyak video reaction listening qor’an for non-muslim. Banyak dari mereka yang mengatakan “bacaan yang bagus dan indah”

Itu semua membuktikan bahwa dengan membaca dan mendengarkan Al-quran bisa melunakan hati hingga menjadi tentram, nyaman dan damai.

Jangan lupa baca juga doa khatam qur’an bila sudah selesai mengkhatamkan bacaan seluruh al-quran. Bila mana ingin membacanya untuk sekedar menengkan hati juga diperbolehkan.

Sholat & Dzikir

Memperbanyak dzikir dan istighfar untuk mengingat Allah adalah kebahagiaan tersendiri bagi para ulama dan habaib. Mereka saja suka dan mengerjakannya sampai ribuan kalimat thoyyibah terucap dari lisan mereka.

Seharusnya kita juga mencontohnya agar bisa menjadikan hati kita seperti para yang terhormat tersebut di atas. Hati mereka selalu tenang dengan keadaan dekat dengan Allah (melalui dzikir).

Ditambah dengan sholat. Entah sholat wajib maupun sunnah bila dikerjkan dengan tujuan ibadah dan ikhlas, secara langsung juga akan memberi respon baik pada hati manusia yang penuh dengan kotoran bila jauh dari Allah.

Selalu Mengingat Allah

Dengan selalu mengikutsertakan Allah dalam segala urusan kita, insyaallah Allah SWT akan melancarkan dan mencukupkan aktifitas kita.

وَمَنْ يَتَوَكَّلْ عَلَى اللَّهِ فَهُوَ حَسْبُهُ

“Dan barangsiapa yang bertawakal kepada Allah niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)nya.” (QS. Ath-Thalaq : 3)

Apapun yang kita rasakan, baik itu sedih, gelisah, kecewa, hati tak tenang, Allah SWT selalu tau apa yang terbaik untuk kita. Tugas kita hanya berdoa, berusaha, kemudian bertawakal.

Silaturahim

Setiap harta yang kita miliki, di sana terdapat hak orang lain. Untuk itu dalam ajaran islam diperintahkan bersedekah, infaq dan zakat.

Dengan cara bersedekah kita bisa menjalin silaturahim antar sesama manusia. Dari sana pula pengguguran prasangka akan hilang dan kelapangan hati akan mulai terbuka.

Selain itu dengan bersilaturahmi kita juga lebih dekat kepada orang lain. Bisa bercanda gurau, saling menasehati dan bahkan bisa mengingatkan ketika lalai.

Dengan semua amalan kegiatan di atas, seseorang akan merasa kebih lega ketika hatinya bergemuruh. Akan merasa nyaman ketika hatinya tertutup anyaman. Akan merasa bahagia ketika hatinya gundah gulana.

Doa Agar Hati Tenang

doa berhubungan intim badan malam pertama wanita dan pria

Bacaan doa menenangkan hati

Yang pertama anda baca adalah doa ini.

أَللّٰهُمَّ إِنِّى أَعُوْذُ بِكَ مِنَ الْهَمِّ وَالحَزَنِ وَالْعَجْزِ وَالْكَسَلِ وَالْبُخْلِ وَالْجُبْنِ وَضَلَعِ الدَّيْنِ وَغَلَبَةِ الْرِّجَالِ

Allaahumma Inniy a’uu dzubika minal-hammi wal hazni, wal ajzi, wal kasali, wal bukheli, wal jubni, wa dhoola’id daini, wa gholabatir rijaal

Artinya : “Ya Rab-ku, aku berlindung kepada Mu dari rasa sedih serta duka cita atau kecemasan, dari rasa lemah serta kelemahan, dari kebakhilan serta sifat pengecut & beban hutang serta tekanan orang-orang (jahat).”

Doa tersebut di atas juga terdapat dalam kumpulan doa pagi dan petang.

Ada juga doa untuk memohon ketenangan hati.

أَللّٰهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ نَفْسًا بِكَ مُطْمَئِنَّةً، تُؤْمِنُ بِلِقَائِكَ، وَتَرْضَى بِقَضَائِكَ، وَتَقْنَعُ بِعَطَائِكَ

Allahumma inni as aluka nafsaam bika muthma innah tu’minu biliqooika, watardho biqodoika, wataqna’u bi’athoika

Artinya : “Ya Allah, aku memohon kepada-Mu jiwa yang merasa tenang kepadaMu, yang yakin akan bertemu denganMu, yang ridha dengan ketetapanMu, dan yang merasa cukup dengan pemberianMu.”

Lalu baca juga asmaul-husna.

Dzikir asmaul husna juga bisa mententramkan jiwa. Mengagungkan nama Allah dan selalu ingat akan nama-nama mulai dari Allah.

“Hanya milik Allah asmaa-ul husna, Maka bermohonlah kepada-Nya dengan menyebut asmaa-ul husna itu dan tinggalkanlah orang-orang yang menyimpang dari kebenaran dalam (menyebut) nama-nama-Nya. nanti mereka akan mendapat balasan terhadap apa yang Telah mereka kerjakan.” (QS. Ql-A’raf: 180)

Doa menenangkan hati agar tentram damai

اللَّهُمَّ مُصَرِّفَ الْقُلُوبِ صَرِّفْ قُلُوبَنَا عَلَى طَاعَتِكَ

Allaaahumma Mushorrifal-Quluub, Shorrif Quluubanaa ‘Alaa Thoo’atik’

Artinya: “Ya Allah yang mampu mengarahkan hati, arahkanlah hati kami untuk menuju ketaatan kepadamu.” (HR. Muslim)

رَبَّنَا لَا تُزِغْ قُلُوبَنَا بَعْدَ إِذْ هَدَيْتَنَا وَهَبْ لَنَا مِنْ لَدُنْكَ رَحْمَةً إِنَّكَ أَنْتَ الْوَهَّابُ

‘Rabbaaaa Laa Tuzig Quluubanaa Ba’da Idz-Hadaitanaa wa Hab Lanaa Mil-Ladunka Rahmah Innaka Antal-Wahhaaabe

Artinya: “Ya Allah ya Tuhan kami, janganlah Engkau jadikan hati-hati kami condong kepada sesuatu kesesatan sesudah Engkau anugerahkan petunjuk kepada kami, dan karuniakanlahdi sisi kami rahmat dari sisi Engkau; karena sungguh Engkau-lah yang Maha Pemberi (karunia).”
(QS. Ali Imran: 8)

***

Demikian tadi beberapa kiat rahasia amalan dan doa guna menyejukkan hati seorang hamba. Yang pada dasarnya bisa disimpulkan hati yang tenang karena khusyuk ibadah dan hati yang selalu mengingat Allah SWT.

Ingatlah agar selalu memohon perlindungan kepada Allah untuk dihindarkan rasa sedih, gundah, cemas dan perasaan negatif lainnya. Cukup sekian ulasan dari kami. Syukron.