5 Desain Taman Rumah Minimalis Kering & Praktis

5 Desain Taman Rumah Minimalis Kering & Praktis

Suasana sejuk dan rindang di rumah dengan desain taman minimalis merupakan impian bagi sebagian orang. Termasuk diri anda juga pastinya.

Terlebih dengan lokasi rumah perkotaan yang udara sekitar tk mendukung untuk menghirup dan melihat suasana hijau.

Jadi kesan alami dalam suasana lingkungan kurang. Di jalan pengap dengan polusi, di tempat kerja pengap dengan banyaknya industri.

Seharusnya di rumah terhibur dengan danya taman mini di depan atau di belakang rumah. Seperti penghijauan, kolam atau tempat santai yang natural.

Sehingga anda pun perlu ide inspirasi desain taman rumah yang akan anda pakai sebagai rujukan mempercantik rumah.

Nah, berikut beberapa desain hasil dari arsitek terbaik dari Indonesia hingga internasional luar negeri terkemuka yang bikin rumah anda semakin mempesona.

Seni desain dikutip dari beberapa maha karya arsitektur terbaik di Indonesia. Meski hanya dari segi pewarnaan, pemasangan tanaman maupun ornamen hias taman.

Taman Rumah Minimalis

Taman-Rumah-Minimalis

Rumah kecil desain minimlis tak perlu khawatir. Anda tetap bisa memberikan nuansa taman yang menyegarkan mata dan pikiran juga.

Jadi, bila pekarangan depan rumah anda hanya ada sedikit celah untuk taman. Sebaiknya perlu perhatian khusus agar tempat, kondisi dan suasana taman tetap ada lagi terjaga.

Modal 2 meter x 2 meter taman pun bisa terbuat. Dengan hiasan batu alam dan tanaman yang sederhana hijau alami juga terpancar sempurna di hadapan sang penikmat sepasang mata yang melihat.

Baca Juga : Desain Rumah Minimalis Ala Jepang

Taman Rumah Praktis

Desain-Taman-Depan-Rumah

Depan rumah masih kosong dan tak ada ide untuk membangun sesuatu? Buat saja taman sederhana yang praktis dan menjadi solusi pengurangan polusi udara.

Menata beberapa pasang tanaman yang variatif, baik dari segi jenis, warna, besar dan karakteristik tanaman yang disandingkan. Akan menonjolkan kesan unuk klasik tersendiri bagi penglihatan manusia.

Sudah pasti setiap orang yang melintas di depan rumah anda akan terpana oleh keunikan taman rumah anda. Meski hanya dengan tanaman yang dibesarkan di pot namun akan terasa seperti di taman bunga bila berdiri di antara tanaman lain di sekitarnya.

Jadi sangat solutif sekali bagi rumah yang depannya masih kosong tanpa ada hiasan dan fungsi sama sekali. Sebaiknya dibuat taman saja, agar semua orang dapat menerima efek indahnya alam darinya.

Taman Bunga Minimalis

Taman Bunga Kecil Depan Rumah

Ingin punya taman bunga di komplek rumah sendiri. Gampang kok. Yuk buat sendiri.

Dengan penataan yang di dasari rumput gajah atau rumput jepang yang membuat taman lebih hijau akan terpadu oleh bunga-bunga yang di tanam tepat mengelili rimbunan rumput tersebut.

Ditambah panorama bebatuan yang bisa membuat air siraman lebih merata karena dorongan berat batu yang mendorong tanah lebih ke bawah.

Taman Kering Teras Rumah

desain taman rumah minimalis kering

Desain taman rumah minimalis kering sangat menjadi dambaan hampir 70% pecinta relief hiasan alami rumah. Karena dengan adanya tekstur kering tapi masih dengan nuansa hijau alami membuat landscape dengan tema kering menjadi favorit.

Hunian akan terasa nyaman lagi bila tanaman yang ditanam asli bukan sebuah relief atau tanaman hias buatan. Lihat contoh gambar desain diatas.

Dengan bentuk persegi yang terbilang sangat minim sehingga tidak memakan banyak tempat membuatnya dapat ditiru oleh banyak model rumah. Baik rumah dengan tipe kecil maupun besar.

Perpaduan rumput dan tanaman hias lain yang mudah hidup meski dengan sedikit air akan sangat mendukung pola konsep taman kering. Dikombinasikan dengan tanaman hias pendek kecil seperti poho palem mini, pandan dan lainnya.

Kesimpulannya, dengan memanfaatkan space yang minim pada rumah anda, akan tetap bisa membuat penghijauan dengan konsep sederhana namun tetap membawa arti sebuah seni yang nyaman dilihat dan dinikmati.

Baca Juga : Desain Rumah Minimalis Ala Korea

Taman Hias Dinding Rumah Sederhana

taman hias dinding rumah

Terlihat aneh namun unik. Tips ini bisa anda coab untuk membuat pesona baru bagi rumah hunian anda. Menempelkan beberapa tanaman di dinding dengan bantuan pot tanaman dan lubangan jendela yang dibuat bersamaan tepat di tengah tembok (lihat gambar diatas).

Akan eksotis lagi bila terdapat tambahan hiasan yang sengaja dibuah untuk memeriahkan suasana. Seperti kandang hewan peliharaan, lukisan atau desain buatan yang memanjakan mata ketika memandang dinding tanaman hias tersebut.

Jadi, sebisa mungkin yang akan menjadi pusat pandang seorang tamu yang dtang ke rumah anda bukan taman yang ada pada bawah atau kolam yang telah anda buat. Tetapi mereka justru menunjukan sikap apresiasi terhadap kreasi yang telah anda buat, yaitu tanaman hias yang ditaruh di dinding.

Bahan dan tanaman yang perlu anda miliki ketika akan membuat taman minimalis di rumah anda adalah sebagai berikut.

  • Tanah subur
  • Tanaman hias
  • Pohon hias mini
  • Rumput hias
  • Batu alam hias
  • Kolam
  • Properti hias taman
  • Ide yang cemerlang

***

Mungkin cukup sekian pembahasan mengenai desain taman mini rumah yang dapat menjadi referensi anda. Tak harus menjadi arsitek modern yang terkenal untuk mendesain rumah pribadi anda.

Anda bisa mencari inspirasi sendiri dengan banyak cara, termasuk mencari ide dari website-website yang membahas tetntang properti dan desain arsitektur. Semoga mewakili apa yang anda harapkan. Jangan lupa kunjungi juga situs yang membahasa lebih detail mengenai desain rumah yang lebih lengkap di hustopia dan notepam.

Tinggalkan komentar