5 Contoh Desain Rumah Jepang Minimalis Modern

5 Contoh Desain Rumah Jepang Minimalis Modern

Bosen dengan konsep arsitektur Indonesia. Pengen tahu cara orang asli negeri niphon membangun rumah dengan desain rumah jepang yang khas minimalisnya. Yuk pelajari mengapa, apa dan bagaimana caranya.

Biar gak penasaran dan menambah konsep ide inspirasi untuk membuat arsitektur minimalis yang luar biasa bagi kita semua.

Desain rumah Jepang dengan sliding door

Desain rumah Jepang dengan sliding door

Desain rumah Jepang yang pertama dianjurkan untuk menjadi pilihan Anda adalah desain rumah minimalis sederhana yang hadir dengan tambahan pintu sliding. Sliding door dapat menjadi ciri khas arsitektur Jepang yang khas.

Konsepnya adalah bringing outdoor to indoor yang bertujuan untuk membantu sirkulasi udara segar yang tetap lancar dan memiliki cahaya alami untuk masuk ke seluruh sudut rumah. Ruangan yang berada di sekitar taman sendiri dibatasi dengan pintu geser atau yang disebut dengan shoji.

Sementara sekarang ini lebih banyak orang sebut sebagai sliding door. Sliding door atau shoji pada bangunan rumah Jepang dimaksudkan supaya cahaya matahari tidak terhalangi dan transisi antara bagian dalam dan luar ruangan seminimal mungkin.

Jika Anda mencari inspirasi rumah Jepang yang lebih modern, tentu saja pintu geser yang terbuat dari bahan kaca dapat menjadi inspirasi inspiratifnya. Selain cahaya matahari bisa masuk, Anda juga bisa menikmati keindahan taman dari dalam ruangan.

Baca Juga : 10 Inspirasi Terbaik Desain Rumah Korea

Desain rumah Jepang dengan kayu & bambu

Desain rumah Jepang dengan kayu & bambu

Elemen kayu atau elemen bambu sangat umum ditemukan menjadi pelengkap bagi desain rumah Jepang minimalis. Keduanya dapat meningkatkan tampilan ruangan senatural mungkin. Dinding, pintu, meja, kursi dan aneka pernak – pernik kecil terbuat dari kayu asli.

Tidak jarang juga dalam rumah Jepang, elemen bambu menjadi hiasan terpilihnya. Untuk menambahkan elemen natural di ruangan, Anda juga bisa mulai dengan berburu berbagai macam furniture kayu. Anda juga dapat mengganti lantai dengan menggunakan lantai kayu atau tatami sebagai pilihan Anda yang terbaik.

Rumah Anda akan terasa sejuk dan bernuansa Jepang yang khas. Tekstur kayu dan juga bambunya juga dipercaya untuk menimbulkan efek tenang dan nyaman untuk rumah Jepang Anda.

Desain rumah khas Jepang dengan konsep open space

rumah Jepang kayu open space

Desain rumah minimalis modern dengan konsep rumah Jepang ini hadir bersama konsep open space. Pencahayaan alami akan Anda temukan. Tirai transparan atau tirai bambu juga dapat ditambahkan sebagai desain dan berguna sebagai pengatur cahaya yang masuk agar tampilan terlihat lebih natural.

Dengan konsep open space yang luas didalam rumah Jepang, cahaya matahari tidak akan membuat ruangan menjadi panas. Cahaya hangatnya akan menyebar sampai ke sudut ruangan yang nantinya dapat memberikan kesan alami yang menenangkan dan menyejukkan pikiran.

Konsep open space yang kaya cahaya sehingga dapat meminimalisir penggunaan listrik ini juga sering digunakan pada rumah Jepang dengan desain rumah minimalis 3 kamar atau 2 kamar.

Desain rumah khas Jepang dengan tanaman hijau

Desain rumah khas Jepang dengan tanaman hijau

Budaya Jepang memang sangat mencintai dan menghargai alam. Karenanya, mereka berusaha untuk menjaga relasi yang erat dengan alam bebas. Salah satu cara yang dilakukan adalah dengan menambahkan tanaman didalam ruangan.

Di Jepang sendiri, yang biasa dimanfaatkan adalah memilih berbagai tanaman hias seperti bonsai dan bambu. Anda juga bisa menggunakan tanaman palem, bunga dan anggrek. Namun pastikan agar ruangan masih tetap natural.

Baca Juga : 8 Konsep Taman Minimalis Kering Terbaik 2019

Desain rumah dengan penambahan ruang santai

Desain rumah dengan penambahan ruang santai

Kembali pada konsep Zen yang menjadi orientasinya, Anda bisa sediakan satu ruang khusus untuk tempat bersantai dengan suasana damai dan tenang. Ruangan tersebut juga bisa digunakan untuk meditasi, yoga atau sekedar berkumpul dengan anggota keluarga Anda.

Tambahkan bantal-bantal sofa yang duduk empuk dan lengkapi dengan ruangan bersama elemen alam. Semisal tanaman hias favorit atau miniature air mancur yang suaranya dapat menyejukkan ruangan serta membantu Anda agar bisa merasa lebih rileks.

Tinggalkan komentar