5+ Manfaat Daun Angsana yang Tersembunyi – Lihat Disini

Daun angsana merupakan daun dari pohon angsana, yang dikenal sebagai pohon dengan kualitas tinggi pada kayunya. Pohon angsana memiliki nama latin Pterocarpus Indicus, dan juga sering disebut dengan nama Sono Kembang. Mungkin beberapa dari Anda, belum mengetahui, bahwa tanaman angsana ini juga diketahui tanaman yang termasuk ke dalam kategori tanaman yang berdaun lebat dan banyak manfaat daun angsananya.

Dengan daunnya yang lebat menjadikan penampilan dari pohon atau tanaman angsana terlihat mirip dengan pohon beringin. Karena hal tersebut, tidak jarang orang salah mengindentifikasi pohon angsana. Meski memiliki banyak kemiripan, pohon angsa memiliki banyak manfaat dibanding daun beringin. Salah satunya bisa terlihat dari permintaan tinggi industri terhadap bahan menggunakan pohon angsana.

Hal ini tidak lain karena bagian kayu dari daun angsana, kita bisa mengolah pohon angsana dan daunnya menjadi barang yang berkualitas tinggi. Pohon angsana sendiri diketahui bisa tumbuh mencapai 50 meter lebih. Jenis daunnya juga diketahui berseling dengan ukuran panjang mencapai sekitar 2 cm.

Mengenal Daun Angsana

Daun-Angsana

Daun angsana yang berasal dari pohon angsana dimanfaatkan untuk berbagai keperluan pengobatan tradisional. Salah satu ciri khas dari daun angsana yakni, jenis daun tersebut memiliki tingkat kepekaan yang cukup tinggi. Dengan karakteristik tersebut, hal ini menjadikan daun pohon angsana menjadi bio indicator pencemaran udara yang sangat baik.

Karena hal ini, tidak jarang para ilmuwan menggunakan daun angsana, sebagai pemantau pencemaran udara khususnya melalui analisa kadar klorofil dari daun tanaman. Selain dapat menjadi bio indicator pencemaran udara yang sangat baik, daun angsana juga sangat baik untuk pengobatan penyakit akut.

Tidak hanya menjadi obat tradisional, rupanya daun angsana juga sangat berkhasiat untuk kesehatan. Apa sajakah khasiat daun angsana untuk kesehatan? Beberapa khasiat daun angsana untuk kesehatan meliputi.

Manfaat Daun Angsana

buah-pohon-daun-angsana

Sebagai obat ampuh batu ginjal

Buat para penderita batu ginjal, daun angsana bisa dijadikan sebagai bahan dasar obat herbal alami paling ampuh. Ambil dan pilih daun angsana yang masih muda, lalu campurkan dengan daun kumis kucing dan daun keji beling secukupnya.

Rebus semua daun dari tanaman obat herbal tersebut bersama dengan air sebanyak 115 mill. Ramuan dari bahan alami ini bisa Anda konsumsi dengan cara diminum 1 kali sehari dan dengan takaran 100 mill per minum, atau dengan cara diinfus.

Apabila batu yang berbentuk kristal sudah keluar, atau bahkan berbentuk air seni yang keruh dan berbusah, konsumsi obat herbal ini bisa dihentikan dan lanjutkan dengan mengkonsumsi air seduhan daun kumis kucing.

Sebagai obat sariawan dan diare yang efektif

Bahkan bisa dibilang, ini merupakan jenis keluhan kesehatan yang paling umum dan diderita oleh hampir semua orang, baik itu oleh orang dewasa atau anak – anak. Nah, untuk mengobati masalah kesehatan tersebut Anda bisa memanfaatkan daun angsana.

Silakan Anda ambil daun angsana yang masih muda dan segar, lalu campurkan dengan ruas kulit kayu angsana yang agak tua. Rebus dengan air secukupnya sampai mendidih dan tambahkan dengan sedikit garam.

Anda bisa menjadikan ramuan ini sebagai obat kumur untuk keluhan sariawan, sementara itu untuk keluhan diare sendiri Anda bisa meminum ramuan tersebut. Tetapi jika sariawan yang Anda derita sudah terlanjur parah, maka Anda bisa mencampurkannya dengan daun saga dan daun sirih.

Sebagai obat bisul yang ampuh

Tentunya Anda tidak pernah menyangka sebelumnya, jika ternyata daun angsana ini juga sangat bermanfaat sekali untuk mempercepat proses penunaan bisul. Daun tersebut akan bekerja dengan cara merangsangnya bisul yang ada di bagian tubuh Anda agar lebih cepat atau mudah pecah.

Apabila Anda memang memiliki gangguan kesehatan yang demikian, maka Anda hanya perlu mengambil beberapa helai daun angsana yang masih muda, kemudian cuci dengan alkohol dan emas – remas sebelum akhirnya ditempelkan di bagian tubuh yang terhadap bisul. Anda bisa mengulangi cara ini setiap 3 jam sekali agar mendapatkan khasiatnya.

Untuk merawat rambut agar senantiasa sehat

Bahkan daun angsana yang sudah tua bisa dimanfaatkan untuk perawatan kecantikan pada rambut Anda, utamanya untuk melembutkan dan melebatkannya. Caranya mudah sekali, yakni dengan merendam beberapa helai daun tersebut dalam sebuah baskom yang berisi air sambil diremas – remas.

Jika sudah, usapkan daun ini ke kulit kepala sampai merata, tunggu sampai mengering kemudian lanjutkan dengan keramas seperti biasa. Anda bisa menggunakan ramuan ini secara rutin untuk mendapatkan khasiatnya.

Efektif untuk mengobati demam

Kandungan yang ada di dalam daun angsana ini ternyata juga terbukti efektif untuk obati demam yang biasanya menyerap pasien dari segala usia. Untuk keperluan tersebut Anda perlu menambahkan gula merah ke dalam perasaan air daun angsana sebelum akhirnya dikonsumsi. Sebab memiliki rasa yang manis dari gula merahnya, sehingga mengkonsumsinya untuk mengobati demam akan jadi lebih menyenangkan.

Demikian informasi yang bisa kami bagikan tentang ragam manfaat terbaik daun angsana bagi kesehatan dan kecantikan. Semoga bermanfaat.

husni

Solo (Spirit of Java) - Magetan - Young - Moslem - Publisher - Marketer Online - Student - Worker

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *