Pengertian, Ciri dan Contoh Teks Prosedur Beserta Strukturnya

Pengertian, Ciri dan Contoh Teks Prosedur Beserta Strukturnya

Contoh Teks Prosedur – Bila kita ingin melakukan suatu kegiatan, ambil contoh cara ternak ayam kampung. Sudah pasti kita memiliki tahapan langkah yang akan kita kerjakan step by step. Tidak mungkin Anda langsung beli ayamnya sebelum buat kandangnya. Seperti itulah cara kerja teks prosedur, yakni aturan langkah mengerjakan sesuatu.

Mengapa perlu ada teks prosedur?  Lebih tepatnya menjelaskan langkah cara membuat atau cara bertindak agar memiliki goal yang jelas, terencana dan mudah dipahami tentunya.

Pengertian Teks Prosedur 

Teks Prosedur adalah teks yang didalamnya berisi tentang tahapan langkah untuk melakukan sesuatu secara rinci dan berurutan jelas. Dengan maksud memudahkan pembaca mengetahui alur tahapan yang akan dilakukan untuk mengerjakan sesuatu kegitatan.

Teks prosedur bersifat fleksibel tanpa batas, baik dari segi panjang kalimat maupun banyak kata. Yang menjadi nilai bahwa itu adalah kalimat prosedur atau bukan adalah step by step nya dan isinya yang mudah dimengerti oleh pembaca.

Ciri-Ciri Teks Prosedur

Adapun ciri-ciri khusus dari teks prosedur yaitu :

  • Menggunakan kalimat ajakan atau perintah (kalimat imperaktif)
  • Menggunakan kata kerja
  • Menggunakan kata penghubung (konjungsi) untuk menyambung baris satu dengan yang lain
  • Menggunakan Obyek yang rinci tepat dan jelas
  • Terkadang menggunakan bullets list numbering

Struktur Teks Prosedur

Mengenai struktur penyusunan teks prosedur dibagi menjadi tiga bagian. Yang pertama adalah bagian tujuan, kedua material bahasan dan yang terakhir langkah-langkah inti prosedurnya. Untuk lebih jelas simak ulasan berikut ini.

Tujuan

Struktur teks prosedur pertama, berisi tentang judul dan dilanjut dengan isi maksud tujuan penulisan teks tersebut atau hasil yang akan didapat setelah melakukan step tersebut.

Singkatnya ulasan tujuan akhir dari pekerjaan yang akan dilakukan.

Contoh : Membuat paspor, hasil yang akan dicapai tentu akan mempunyai paspor. Meski hanya satu langkah yang tak dapat dipenuhi dari tahapan tersebut, otomatis tak paspor bagi pelakunya (pelaksana prosedur).

Material

Bagian material teks prosedur berisi tentang bahasan alat dan bahan yang akan digunakan dalam step prosedur. Pada umumnya bisa diartikan tentang persiapan yang perlu dikerjakan sebelum eksekusi pelaksanan.

Contoh : Membuat paspor, persyaratan yang harus dipenuhi KTP asli dan foto kpoinya, KK asli dan foto kopinya, Ijazah asli dan foto kopinya dst.

Yang intinya bahan atau barang yang akan digunakan untuk step berikutnya.

Langkah-langkah

Inti dari teks prosedur ada disini. Bagian yang berisi teks langkah-langkah yang harus dikerjakan untuk mendapat hasil sesuai tujuan prosedur. Dalam penulisan dan pelaksanan langkah step ini harus secara urut tidak bisa dengan acak.

Contoh : Langkah membuat paspor, tidak mungkin Anda datang ke imigrasi langsung tanpa ada surat izin dari suatu instansi untuk membuat paspor.

Untuk itu perlu adanya urutan secara benar dan matang dalam proses pelaksanaannya. Fungsi dari teks prosedur sangat vital dibagian langkah ini, mulai dari urutan hingga penjabaran.

Macam Teks Prosedur

Teks prosedur protokol, teks prosedur yang menggambarkan langkah yang lebih mudah dan tidak sulit dimengerti.

Contoh : Cara Belajar Bernyanyi.

Menggambarkan langkah yang sering dilakukan orang banyak secara dengan cara yang sama, namun tahapan langkah yang berbeda..

Teks prosedur sederhana, prosedur yang digunakan untuk menjelaskan langkah yang sedikit.

Contoh : Prosedur Menggunakan Meja Makan Yang Benar.

Teks prosedur komplek, posedur yang diisi denagn langkah-langkah yang didalamnya perlu ada penjelasan lebih lanjut, seperti subtema langkah.

Contoh : Prosedur Menginstal UC di PC. Untuk lebih lanjut simak contoh teks prosedur sampai pembahsan di bawah

Di dalam step awal tertulis “download UC terlebih lalu install”. Untuk mendownload perlu sub-langkah lagi dan perlu perjelasan.

Jadi inti teks prosedur komplek menjelaskan suatu langkah secara detail.

Teks prosedur protokol, prosedur yang dapat dijelaskan di dalam suatu paragraf dan terdiri dari beberapa langkah yang tidak begitu detail rumit.

Contoh Teks Prosedur Kompleks

contoh teks prosedur cara membuat paspor
@bp.blogspot.com

Cara Membuat Paspor

Bagi Anda yang baru saja akan melakukan perjalanan ke lintas negera atau bahkan sudah sering melakukan perjalanan ke mancanegara, paspor adalah salah satu buku yang harus Anda miliki agar mendapatkan izin dalam sebuah perjalanan antar negara.

Secara resmi paspor dibuat dan ditanda tangini oleh negara pemegang paspor. Jadi tidak bisa dimiliki orang asing dari suatu negara. Untuk itu bila Anda belum memiliki paspor Anda tidak akan bisa mendapatkan izin berupa visa untuk keluar atau masuk ke negara lain. Bila Anda belum mengetahui apa itu visa silahkan baca, deskripsi tentang visa.

Dengan demikian pihak imigrasi membuka secara umum pembuatan paspor. Dengan biaya Rp 300.000,- untuk buku dan Rp 300.000,- untuk paspor elektroniknya, jadi total pembayaran Rp 600.000,-. Biaya tersebut sudah termasuk biaya administrasi dan biaya tambahan lain. Untuk perpanjangan paspor yang telah melewati batas masa aktif dikenakan biaya sebesar Rp 100.000,-.

Berikut tahapan cara membuat paspor baru :

  1. Persiapakan berkas yang dibutuhkan, yaitu : (1) KTP asli dan fotokopinya. (2) Akta kelahiran dan foto kopinya. (3) ijazah/surat nikah dan foto kopinya. (4) KK asli dan foto kopinya. (5) materai 6000. (6) pas foto ukuran 4×6 sebanyak 3 lembar.  Seluruh berkas tersebut dimasukan ke dalam map berwarna coklat.
  2. Harap membawa surat pernyataan atau suart izin pembuatan bila dikira sangat perlu. Karena setiap pembuatan paspor perlu data yang valid perjalanan seseorang.
  3. Datanglah ke kantor imigrasi secara langsung (tanpa diwakilkan). Dimohon untuk datang sebelum jam 14.00, dikarenakan kuota walk-in yang minimum. Sehingga diatur sedemikian ruap agar tidak ada salah paham antar pembuat dan pihak imigrasi.
  4. Setelah sampai di kantor imigrasi, ambil nomor antrian dan isi formulir yang telah diberikan petugas dengan data sesuai berkas yang dimiliki.
  5. Bila proses pengisian formulir selesai, kumpulkan bersama berkas lain Anda di loket petugas. Kemudian tunggu sesuai antrian untuk melakukan wawancara dan sidik jari.
  6. Jika telah selesai tahapan diatas, segera lakukan pembayaran dan Anda akan mendapat kwitansi pembayaran dari pembuatan paspor Anda. Terima kasih.

Contoh Teks Prosedur Kompleks Sederhana

contoh teks prosedur membuat makanan bakwan
www.primarasa.co.id

Cara Membuat Bakwan Enak

Bakwan merupakan camilan yang banyak diminati masyarakat Indonesia, terutama Jawa. Rasanya yang gurih dan lezat membuat lidah tak tahan LDR dengannya meski hanya sepekan. Karbohidrat yang terkandung di dalamnya juga dapat memberi rasa kenyang pada perut.

Selain itu biaya pembuatannya terbilah murah. Cukup dengan meggunakan bumbu dan bahan sederhana  yang mudah kita jumpai di sekitar rumah. Berikut cara membuat bakwan enak dan gurih.

Siapkan Bumbu dan Bahan :

  1. Tepung terigu ¼ kg
  2. Toge kecambah 5 sendok makan
  3. Jagung manis 5 buah
  4. Bawang merah 3 siung
  5. Bawang putih 5 siung
  6. Kemiri 2 butir
  7. Ketumbar 1 sendok teh
  8. Telur ayam 1 butir
  9. Daun bawang dan selederi secukupnya
  10. Garam sesuai selera

Proses :

  1. Rebus jagung hingga empuk
  2. Pisahkan biji jagung dari bulir batangnya
  3. Haluskan bawang merah, bawangg putih, kemtumbar, kemiri dan garam
  4. Buat adonan tepung terigu dengan mencampur bulir jagung dan kecambah toge yang sudah dicuci dan bumbu yang telah dihaluskan
  5. Siramkan sedikit air pada adonan
  6. Masukan telur dalam adonan
  7. Tambahkan selederi dan daun bawang sesuai selera
  8. Siapkan wajan dan panaskan minyak di atas api yang sedang
  9. Jika api telah memanas, tuangkan adonan menggunakan cetakan
  10. Kemudian tunggu hingga warna bakwan menjadi kuning kecoklatan
  11. Angkat dan tiriskan bakwan enak siap disajikan

Contoh Teks Prosedur Protokol

contoh teks prosedur protokol damainesia dotcom

 

Untuk memberikan contoh mengenai Teks Prosedur Protokol. Akan kami jelaskan sedikit, apa itu jenis prosedur protokol?

Teks prosedur protokol yaitu suatu teks yang berisi langkah yang dilakukan dengan tujuan yang sama namun langkah yang bebeda, sifat fleksibel siapapun memiliki cara sendiri-sendiri.

Yang menjadi penilaian akhir hanya tujuan, hasil dari pelaksanaan kegiatan tersebut sama. Berikut contoh teks prosedur protokol :

Cara Memasak Mie Instan A

  1. Langkah awal, rebus  air hingga mendidih
  2. Langkah kedua masukan mie dan bumbu ketika air telah mendidih
  3. Kemudian tunggu hingga mie mulai masak
  4. Jika mie telah masak, pindah air dan mie ke mangkok. Dan mie Anda siap disajikan

Cara Memasak Mie Instan B

  1. Langkah pertama, rebuslah air hingga mendidih
  2. Langkah selanjutnya, masukan mie ketika air telah mendidih sempurna
  3. Jika mie telah masak setengah (setengah matang), saring mie agar terpisah dengan air
  4. Kemudian rebus kedua kalinya air dan mie, dengan dimasukannya bumbu sekalian
  5. Setelah mie dan bumbu masak dengan sempurna, tiriskan pada mangkok
  6. Mie instan ala damainesia siap dikonsumsi

Dari kedua langkah tersebut memiliki tahapan berbeda namun memberika hasil yang sama. Begitulah inti dari protokol, fleksibel, bebas. Beda langkah satu tujuan.

Contoh Teks Prosedur Singkat Sederhana

contoh teks prosedur menggunakan barang (kamera dslr)
@pixabay

Nah, Untuk kali ini kami akan tuliskan bagaimana penulisan prosedur sederhanan dan singkat. Baik kita ambil tema cara menggunanakan kamera dengan baik dan benar. Simak conoth berikut.

Cara Menggunakan Kamera DSLR

  • Pegang dengan baik kamera
  • Nyalakan kamera
  • Posisikan obyek secara matang sesuai keinginan
  • Atur zoom in hingga menghasilkan hasil sempurna
  • Ketika Anda telah mendapat spot terbaik, tekan shuter speed pelan dan atur pencahayaan
  • Bila cahaya lampu flash telah keluar tekan  tombol shutter kembali

Contoh Teks Prosedur Sederhana dan Singkat

contoh teks prosedur cara menggunakan kompor listrik
@pixabay

Cara Menggunakan Kompor Listrik

  1. Bila Anda akan memasak dengan kompor listrik, usahakan untuk memasak dengan tingkat masakan yang sederhana. Contoh memasak nasi goreng atau menggoreng lauk.
  2. Jika ingin mulai memasak dengan kompor listrik, maka panaskan terlebih dahulu secara merata pan yang akan digunakan masak. Jika ingin memasaknya usahakan dengan cepat agar tidak gosong atau terlalu lama di atas pan.
  3. Jika Anda membuat kue sangat disarankan untuk menggunakan kompor listrik. Karena Kompor listrik memiliki daya panas tinggi yang dapat membuat kue berasa hambar. Selain itu memanaskan kompor listrik juga lebih lama daripada kompor gas atau kompor minyak.

Teks Prosedur Kompleks Bahasa Inggris

CONTOH TEKS PROSEDUR MEMBUAT MAKANAN NASI GORENG
@damainesia
How to make fried rice

Fried rice is one of the food menus that is only owned by Indonesia, but it is currently known to foreign countries.  It is not only because the taste is delicious but also simple in cooking it.

Many variants of fried rice can be served, starting from the basic ingredients which are used until the additional ingredients which are included. This time we will give some tips how to make pete fried rice. Here are the ingredients and steps you have to do.

Ingredients:

  • 1 plate cooked rice
  • 1 egg
  • salt and sugar to your taste
  • fried rice flavoring
  • 2 garlics
  • 1 onion
  • 2 red peppers
  • 5 petes
  • vegetable oil
  • chili sauce, soy sauce, and sliced cayenne

Equipment:

  • frying pan
  • spatula
  • kitchen stove
  • a plate

Steps:

  • First, mash some ingredients such as onions, garlics, and chilies until smooth.
  • Second, turn on the stove and heat the vegetable oil (use just a little vegetable oil).
  • The next step, add the mashed seasoning, an egg, and petes. Fried together until half cooked.
  • Then, put the cooked rice into the frying pan followed by other ingredients: chili sauce, soy sauce, and the sliced cayenne.
  • After that, stir them until blended and add a little bit of flavoring to your taste.

Contoh Teks Prosedur Membuat Makanan

Cara Membuat Nasi Goreng

Nasi goreng merupakan salah satu menu makanan yang hanya dimiliki negara Indonesia, yang hingga saat ini telah dikenal sampai manca negara. Bukan hanya rasanya yang menggoda namun juga singkat dalam mengolahnya.

Banyak varian nasi goreng yang bisa disajikan mulai, dari khas daerah, campuran sajian nasi goreng hingga bahan dasar yang digunakan. Nah, untuk kali ini kami akan ulaskan bagaimana cara memasak nasi goreng pete. Berikut Prosedur bahan dan langkah yang harus Anda lakukan.

Bahan dan bumbu :

  1. Nasi putih 1 piring makan
  2. Telur 1 butir
  3. Garam dan gula secukupnya
  4. Penyedap rasa (nasi goreng)
  5. Bawang putih 2 siung
  6. Bawang merah 1 siung
  7. Cabai merah 2 biji
  8. Pete 5 biji
  9. Minyak goreng
  10. Saus, kecap dan irisan cabai rawit

Baca juga : 1001 Contoh Paragraf, Artikel, Teks Eklpanasi Alam, Pelangi dan Lainnya 

Alat yang digunakan :

  1. Wajan penggorengan
  2. Spatula
  3. Kompor
  4. Piring

Langkah memasak :

  1. Langkah yang pertama, haluskan sebagian bumbu dan bahannya seperti bawang merah, bawang putih dan cabe hingga halus
  2. Langkah kedua, nyalakan kompor dan panaskan minyak goreng (gunakan sedikit minyak)
  3. Selanjutnya masukan bumbu yang telah dihaluskan bersama dengan telur dan pete, digoreng bersamaan hingga setengah matang
  4. Kemudian masukkan nasi ke dalam penggorengandan diikuti dengan dimasukannya bahan lain seperti kecap , saus dan irisan cabe rawit
  5. Selanjutnya aduk nasi hingga dirasa telah merata lalu tambahkan sedikit penyedap rasa sesuai selera Anda
  6. Jika sudah terlihat berwarna coklat dan menghasilkan aroma matang, nasi goreng siap diangkat untuk disajikan

Contoh Teks Prosedur Kompleks Membuat Makanan

contoh teks prosedur cara membuat pancake
saung.net
Cara Memasak Pancake (judul)

Siapa sih yang gak suka dengan makanan satu ini? Pancake, kue dadar yang terbuat dari tepung terigu, susu, gula dan telur. Rasanya yang manis bercampur kentalnya susu membuat lidah tak bosan menyantapnya.

Pancake bisa disajikan dengan banyak inovasi, mulai dari keju, meises sampai irisan daging. Namun kali ini yang akan kami ulas tentang pancake sederhana, pancake lapis madu.

Sebenarnya pembuatan pancake yang baik dengan mixer, tapi tak perlu khawatir Anda bisa menggunakan alat sederhana sendok dan garpu untuk mengolah bahan pancake. Oke langsung saja simak ulasan cara membuat pancake sederhana. (tujuan)

Bahan :

  • 4 sendok makan tepung
  • 2 butir telur
  • 2 (330 ml) susu
  • 1 tongkat mentega
  • gula secukupnya
  • madu (material)

Material :

  • 1 mangkuk
  • 1 sendok
  • 1 sendok garpu
  • 2 gelas kecil
  • 1 panci kecil
  • 1 wajan kecil (material)

Prosedur :

  • Pertama, masukkan tepung dalam mangkuk.
  • Tuangkan semua susu ke dalam cangkir kecil.
  • Pastikan itu 330 ml susu.
  • Masukkan susu ke dalam mangkuk, bila dirasa kurang manis, tambahkan gula.
  • Pecahkan semua telur ke dalam mangkuk berisi tepung tadi, lalu aduk menggunakan sendok garpu.
  • Siapkan wajan penggorengan dan panaskan mentega di bawah kompor api.
  • Cetak pancake sesuai selera. Lalu masukan ke wajan yang telah panas.
  • Biarkan pancake mix memasak sekitar 5 menit
  • Panaskan pancake hingga bagian atas berwarna coklat. Lalu angkat di piring sajian Anda
  • Balurkan madu di pertengahan lapisan pancake.
  • Pancake lapis madu sederhana Anda siap untuk disajikan. (prosedur)

Contoh Teks Prosedur Membuat Minuman Jus Bit

contoh teks prosedur Membuat mainuman jus bit
@wayahna
Cara Membuat Jus Buah Bit + Kurma

Bahan :

Satu buah bit dan tiga buah kurma. Apabila ingin dikombinasikan dengan yougurt juga bisa.

Cara membuat :

Pisahkan kulit dan buah bit dengan cara dikupas. Pisahkan juga isi kurma dengan buah kurma. Kemudian potong kecil dan lembutkan keduanya menggunakan mixer dengan ditambah sedikit air. Bila ingin divariasikan dengan yougurt, tinggal mix bersama dengan buah tersebut. Setelah lembut saring pada gelas bersih dan jus bit siap diminum.

Cara Membuat Jus Bit + Lemon

Bahan :

1 buah bit, 1 batang wortel dan 1 buah jeruk lemon

Cara membuat :

Kupas bit dan wortel. Lalu potong kecil-kecil buah bit dan wortel agar mudah dimixer. Masukan kedalam mixer dengan tambahan sedikit air putih. Setelah dirasa cukup halus, saring agar tekstur lebih lembut. Kemudian teteskan air jeruk lemon pada jus dengan cara diperas. Jus Bit siap disajikan.

Contoh Teks Prosedur Membuat Minuman Beserta Strukturnya

CONTOH TEKS PROSEDUR beserta strukturnya membuat minuman kopi
@damainesia

Cara Membuat Kopi (judul)

Kopi merupakan minuman yang terbuat dari seduhan biji kopi yang telah disangrai (dihaluskan) menjadi serbuk. Budaya meminum kopi telah menjadi budaya setiap pagi dan sore di banyak negara di dunia. Termasuk Indonesia.

Dengan adanya minuman kopi, pengguna (peminum) akan lebih terasa segar dari pikiran dan matanya. Oleh karena itu kopi banyak dikonsumsi oleh orang dewasa untuk menjaga harinya agar tidak kantuk.

Termasuk Anda, meminum kopi memang terlihat instan tinggal seduh jadi. Namun ada beberapa tahapan yang harus dikerjakan agar minuman kopi bisa dinikmati dengan rasa lebih menggoda. Berikut cara membuat kopi ala damainesia. (tujuan)

Bahan :

  • Satu sendok makan kopi
  • Satu sendok makan gula pasir
  • Air hangat secukupnya (material)

Alat :

  • Gelas dan Sendok (material)

Cara membuat :

  • Masukan satu sendok makan kopi dan satu sendok makan gula pasir.
  • Kemudian masukan air hangat dengan takaran gelas yang Anda inginkan
  • Bila memungkinkan ditambah gula sesuai selera Anda dengan cara diaduk
  • Kopi manis pahit Anda siap disajikan (langkah

Contoh Teks Prosedur Kompleks Menggunakan Masker Putih Telur

contoh teks prosedur menggunakan barang
@glamourindonesia,com

Walaupun pada saat ini banyak sekali masker-masker buatan pabrik yang di jual di pasaran bebas. Akan tetapi, masker alami tetap menjadi andalan bagi sebagian orang. Termasuk Anda bukan?

Secara menyeluruh banyak bahan alami yang dapat digunakan untuk masker wajah, seperti jeruk lemon, madu, susu dan masih banyak lagi. Namun kali ini kami akan menyajikan teks prosedur langkah penggunaan masker putih telur.

Kenapa menggunakan putih telur?

Karena putih telur termasuk masker tanpa efek samping bagi kesehatan kulit. Kedua, kulit telur dapat menegncangkan kulit bila telah mengering pada wajah sehingga wajah tidak berkerut. Ketiga, putih telur juga dapat mengangkat kotoran flek hitam yang mendekam di balik kulit wajah Anda.

Untuk lebih jelas tentang pemakaiaan putih telur untuk masker wajah simak langkah tahapan berikut ini :

Cara Menggunakan Masker Putih Telur

  • Siapkan satu butir telur ayam jawa
  • Pecah dan pisahkan putih telur dari kuning telur
  • Tambahkan sedikit madu bila tidak menyukai bau dari telur
  • Lalu bersihkan muka dengan air terlebih dahulu
  • Setelah wajah kering dari air, mulailah mengoleskan putih telur ke seluruh wajah secara merata
  • Jangan lupa oleskan juga pada lekukan wajah seperti samping hidung dan dekat rambut kepala yang tersembunyi
  • Tunggu hingga 20 menit agar mengering
  • Jika telah selesai, bilas menggunakan air bersih. Selesai.

Contoh Teks Deskripsi Bahasa Inggris

procedur how make a cofe
@pexels

How to Make Coffee (title)

Coffee is a drink made from steeping coffee beans which have been roasted (mashed) into powder. The culture of drinking coffee has become a culture every morning and evening in many countries of the world. Including Indonesia.

With the coffee drink, the user (drinker) will feel more refreshed from his mind and eyes. Therefore, coffee is consumed by many adults to keep the day from drowsiness.

Including you, drinking coffee does look instant, so you can make it. But there are several steps that must be done so that coffee drinks can be enjoyed with a more tempting taste. Here’s how to make damainesia-style coffee.

Materials :

1 tablespoon of coffee

1 tablespoon of sugar

Sufficiently warm water (material)

Tools:

Glass and Spoon (material)

How to make :

Put one tablespoon of coffee and one tablespoon of sugar. Then enter warm water with the size of the glass you want If possible, add sugar according to your taste by stirring Your bitter sweet coffee is ready to be served. (step)

***

Demikian penjelasan mengenai Teks Prosedur yang dapat kami sampaikan untuk Anda. Semoga bermanfaat, jangan lupa beri kami koreksi bila terdapat salah penulisan kata dan pemberian informasi melalui kontak kami. Terimkasih, salam damainesia.

Tinggalkan komentar