Pengertian, Ciri , Struktur & Contoh Teks Eksposisi

Contoh Teks Eksposisi – Artikel ini merupakan kelanjutan dari tulisan-tulisan sebelumnya mengenai palajaran bahasa indonesia. Berupa contoh-contoh kalimat, contoh paragraf dan contoh teks yang ada dalam penulisan bahasa yang baik dan benar.

Pada kesempatan kali ini akan kami bahas tentang pengertian, ciri, jenis, struktur dan contoh-contoh teks kalimat eksposisi.

Pengertian Teks Eksposisi

Teks eksposisi merupakan suatu susunan kalimat yang berisi mengenai fakta informasi yang dikembangkan dalam paragraf dan berguna untuk menerangkan suatu keadaan sehingga pembaca dapat mengerti atas uraian penulis.

Uraian yang tertulis berupa kalimat singkat, padat dan jelas dengan menggunakan kosa kata umum sehingga mudah dipahami oleh pembaca. Teks eksposisi ini dapat kita jumpai di majalah, koran dan argumen atau tulisan lain yang ada di media sosial.

Teks eksposisi juga bisa menjadi kata kesimpulan pada teks prosedur, guna menjadi patikan informatif suatu ringkasan teks prosedur tersebut.

Ciri-Ciri Teks Eksposisi

  • Menggunakan bahasa baku.
  • Pembahasan merupakan fakta bukan opin dari penulis.
  • Gaya penulisan dalam teks eksposisi besifat persuasif informatif.
  • Data dan informasi dipaparkan adalah sebuah informasi umum terbuka.
  • Penjabaran berdasarkan ilmu paten.
  • Obyektif dan netral, tidak memihak.
  • Menyajikan argumen yang valid dan terpercaya.

Jenis Teks Eksposisi

  • Teks eksposisi definisi

Paragrafnya berisi tentang teks yang menjabarkan dan menerangkan pengertian suatu topik pembahasan. Bersifat keilmu pengetahuan.

  • Teks eksposisi proses pengerjaan

Sebuah teks yang menerangkan langkah tips cara tahapan untuk melakukan suatu pekerjaan dari awal hingga akhir secara runtut dan sesuai aturan. Berupa informatif.

  • Teks eksposisi ilustrasi gambaran

Teks eksposisi yang menggmabarkan suatu yang sempit dan sederhana dibuat lebih luas dengan penjelasan mengenai topik tersebut.

  • Teks eksposisi laporan

Teks eksposisi laporan adalah teks yang berisi kalimat yang mengemukakan laporan hasil penelitian atau hasil wawancara dengan sumber terkait.

  • Teks eksposisi perbandingan

Sebuah teks yang berisi perbadingan-perbandingan antar dua sisi yang masih dalam satu topik dan datu kaitan, berupa gagasan, ide atau paparan lainnya.

  • Teks eksposisi pertentangan

Sebuah teks yang berisi perbedaan mengenai pertentangan antar dua sisi yang masih dalam satu topik dan datu kaitan, berupa gagasan, ide yang berbeda sehingga bertentangan.

Struktur Teks Eksposisi

  • Pembukaan (Orientasi)

Mengenai argumentasi dari penulis berupa gagasan terkait pokok permasalahan yang dibahas.

  • Tesis atau pernyataan pendapat

Dugaan penulis atau orang lain terkait permasalahan, namun dengan data dan informasi yang valid. Bisa diberikan pada awal paragraf, namun tak menutup kemungkianan dapat ditaruhkan di akhir paragraf.

  • Argumentasi

Bagian kalimat atau paragraf yang berisis bantahan atau pernyataan yang telah terbukti atas pokok permasalahan topik. Yang tujuan utamanya adalah memberi informasi sesuai argumentasi.

  • Penegasan ulang

Bagian akhir yang berisi kesimpulan dan penegasan dari beberapa jabaran pada kalimat atau paragraf sebelumnya. Kesimpulan dan penegasan ini disampaikan oleh penulis itu sendiri maupun orang lain yang lebih valid datanya.

Baca Juga : Cara Membuat, Menulis dan Contoh Kalimat Langsung

Contoh Teks Eksposisi Singkat Beserta Strukturnya

london inggris
@pixabay

Bahasa inggris merupakan bahasa umum yang digunakan untuk komunikasi internasional antar negara. Dalam komunikasi internasional bahasa inggris harus memiliki 4 skill utama untuk bisa memakainya, berupa pelajran dasarnyaagar mampu berbahasa inggris dengan baik dan benar. Skill tersebut berupa: Writing, Speaking, Listenin, Reading. (pembukaan tesis)

Menurut ahli bahasa yakni Dr.Rudy Setiyanto, pembelajaran skill dalam berbahasa inggris harus secara seimbang tidak dapat hanya satu atau dua saja yang dikuasai. Umumnya kemampuan writing (menulis) akan secara natural berhubungan dengan reading (membaca) karena sebelum menulis kata dan kalimat pasti kita akan melewati fase mengeja dan membaca dahulu. Sementara kemampuan speaking (berbicara) juga akan berkontraksi dengan kemampuan listening (mendengar) karena sebelum membicarakan kata, kita harus mengenalnya terlebih dahulu melalui pendengaran. (argumentasi)

Maka dalam penggunaan bahasa inggris formal maupun non formal, baik disekolah maupun di tempat umum. Keempat skill tersebut harus dikuasai dan dipelajari terlebih dahulu. Maka tak heran pula pelajaran bahasa inggris telah diajarkan kepada pendidikan-pendidikan bersekolah di negara kita. Guna mengenal bahasa internasional.  (penegasan berupa kesimpulan)

Contoh Teks Eksposisi Tentang Pendidikan

SEKOLAH
@BeritaSatu.com

Tesis:

Sistem pendidikan Indonesia sejak datangya era millenium 2000an, telah mengalami perubahan signifikan. Perubahan tersebut bermula katika pendidikan sekolah di Indonesia mengacu kepada satu kurikulum proses belajar mengajar. Yang mana, kurikulum 2006 tersebut menjadi puncak awal kebangkitannya sistem pendidikan negara kita.

Sedangkan puncak dari hasil yang dapat dirasakan yakni ketika kurikulum berganti kurikulum 2013 beberapa tahun silam. Meskipun masih ada beberapa sekolah yang belum menggunakan kurikulum tersebut. Namun kurikulum 2013 sudah menjadi acuan belajar yang efisien hingga saat ini.

Argumentasi:

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) sempat menyatakan bahwa, kurikulum 2013 diutamakan untuk sekolahan yang telah memiliki akreditasi A atau sekolah yang berstandar Internasional. Dapat terjangkaunya distribusi buku pelajaran juga menjadi syarat suatu sekolah menggunakan kurikulum 2013.

Sistem utama tahapan belajar kurikulum 2013 adalah mengamati, menanya, menalar, dan mencoba atau menciptakan sesuatu. Sehingga ada proses tahapan yang secara alamiyah dipelajari di dalam kegiatan tersebut.

Proses pembelajarannya juga menitik beratkan pada ilmiyah yang ditemui di lingkungan sekitar, berupa aktifitas, kegiatan dan peribadatan. Tidak hanya itu, kurikulum 2013 juga mengajarkan tentang hubungan antara proses belajar dengan ruhaniyah seorang dengan Tuhan Sang Pencipta. Jadi tercipta suasana keagamaan dan cinta alam karena ciptaan Tuhan Yang Maha Esa.

Melalui Kurikulum 2013 ini, pemerintah ingin menjadikan generasi bangsa Indonesia yang lebih produktif, kreatif, dan inovatif. Anggota Dewan Pertimbangan Presiden, Meutia Hatta juga mengimbunhkan bahwa sistem kurikulum 2013 ini berperan memajukan siswa agar bergerak aktif hingga mempunyai tujuan mendasar yaitu mencetak karakter generasi berkualitas, cinta tanah air dan bangsanya.

Penegasan Ulang:

Akan tetapi, para masyarakat lebih menilai kurikulum 2013 cenderung memaksakan sistem baru hingga diadakan secara mendadak dan mendesak untuk mngubah sistem yang telah lama berjalan. Menggabungkan dua cara belajar menjadi satu metode.

Meskipun mata pelajaran diberikan dibuat lebih sederhana dan sesingkat mungkin namun tingkat pemahaman dan pengetahuan juga akan lebih singkat (tidak luas). Oleh karena itu mata pelajaran tersebut dapat dikupas secara efektif.

Baca Juga : Ratusan Contoh Kalimat Imperatif Lengkap

Contoh Teks Eksposisi Tentang Kesehatan

manfaat air putih bagi kesehatan tubuh
@pixabay

Manfaat Air Putih

Tesis :

Air putih memiliki banyak manfaat termasuk mengembalikan ion tubuh yang hilang setelah beraktifitas seharian. Namun ada beberpa permasalahan yang sering dihiraukan para manusia yaitu malas minum air putih.

Argumentasi :

Air putih merupakan minuman mineral yang setiap hari dikonsumsi oleh seluruh makhluk hidup termasuk manusia. Fungsi air putih bila diminum oleh manusia sebagai zat yang berguna untuk melancarkan metabolisme tubuh, memberi asupan oksigen, mengatur suhu tubuh dan membersihkan seluruh  tubuh.

Dalam sehari manusia harus meminum air putih minimal 2 liter air atau 8 gelas. Guna membangun sistem kerja tubuh secara maksimal dan menjaga kesehatan tubuh agar normal setetlah berkurangnya energi.

Sering terjadi dehidrasi pada banyak orang. Hal tersebut dikarenakan cairan tubuh yang telah menipis bahkan hingga habis, yang menyebabkan kadar gula darah terganggu sehingga tidak dapat menjalankan aktifitas secara normal.

Penegasan Ulang :

Sehingga dapat disimpulkan bahwa air putih sangat vital. Masih banyak yang menyepelekan untuk meminum air putih 2 liter dalam sehari. Untuk itu kita harus mengawali dari diri kita, orang sekitar kita agar dapat menjalankan hidup sehat dengan rutin meminum air putih sehari minimal 8 gelas.

Contoh Teks Eksposisi Tentang Lingkungan

Hutan Sebagai Jantung Bumi

Semua makhluk hidup pada dasarnya bergantung pada hutan, merupakan sumber kehidupan yang pokok sebagai keseimbangan ekosistem di bumi. Dengan adanya hutan, udara akan menjadi segar. Penghidupan makhluk hidup akan tercukupi. Hutan juga dapat menjadi pencegah bencana alam termasuk menahan longsong dan banjir.

Namun sangat disaynagkan, pokok dari penghidupan bumi banyak dirusak oleh kalangan sendiri. Keegoisan yang menjadikan rusak alam ini. Rusaknya hutan termasuk awal dari berkurangnya organ pokok bumi.

Terbukti dengan banyaknya oknum yang melakukan pembakaran hutan untuk membuka lahan untuk pribadi tanpa mementingkan efek samping di masa depan. Sebab dari perbuatan mereka asap menjadi polusi untuk lingkungan sekitar, kemudian sumber perlindungan longsor dan banjir telah berkurang pula.

Hutan adalah pokok utama penghidupan bumi, berupa jantung bagi bumi. Ibarat pompa yang bila terus adanya angin baru akan menjadikan lingkungan lebih baik. Perkembangan dan perawatannya juga ditunggu lingkungan terkait di sekitar. Semakin banyak manusia egois akan semakin hilangnya hutan dari bumi ini.

Contoh Teks Eksposisi Ilustrasi

smartphone handphone hp
@asiatech.com

Ilustrasi Telepon Genggam Pintar

Ponsel pintar memiliki banyak kelebihan yang dapat digunakan oleh manusia setiap saat, sehingga manusia pun lebih mudah mengerjakan sesuatu dengan cepat dan waktu singkat. Meski begitu, ponsel pintar seharusnya digunakan secara bijak. Agar kelaziman sebuah barang terjaga, menjadikan baik pemakai bukan justru merusak para pemakai.

Di sisi lain dari pengguna, ponsel pintar juga rentan terhadap kerusakan. Jika ponsel telah sampai pada masa kerusakan maka ponsel akan dapat kehilangan fungsinya, maka penggunaan ponsel harus sesuai prosedur yang berlaku.

Ilustrasi di atas sangat relevan sebagai gambaran tentang bagaimana kita harus memaksimalkan kerja dengan sesuai kebutuhan gerak dalam keseharian kita di era modern ini. Sebagaimana penggunaan ponsel pintar, stamina diri kita pun juga harus kita pakai secara optimal dan bijak. Jika dipakai melampaui batas sadar dan mampu, maka kita mengalami overhead atau down kelelahan yang sangat dan akan rentan terhadap penyakit yang membuat kita kehilangan stamina dalam bekerja. Untuk itulah, harus bijaksana ketika mengatur pola stamina untuk tubuh kita saat nberaktifitas dan bekerja.

Contoh Teks Eksposisi Definisi

Untuk mengetahui apa itu teks definisi secara lengkap menyeluruh beserta contohnya, baca juga di artikel ini.

Tesis

Pisang termasuk salah satu tanaman yang biasa tumbuh di sekitar perumahan warga. Pohon pisang sering dijadikan cocok tanam untuk diambil buahnya sebagai makanan konsumtif. Kandungan yang dapat diperoleh dari buah pisang sangat banyak, yakni vitamin (A, B, B6, C), mineral (kalium, fosfor, kalsium, magnesium, dan besi) termasuk karbohidrat.

Selain buahnya, semua yang terdapat pada pohon pisang bisa dipergunakan sesuai kebutuhan hidup manusia. Daun pisang untuk bungkus makanan, jantung dan hati pada pisang untuk dijadikan sayuran tambahan ketika memasak. Bahkan kulit pisang juga memiliki manfaat bagi kesehatan. tak lain batangnya juga dapat diolah menjadi tali.

Argumentasi

Daun pisang sangat multifungsi, bisa digunakan para pedagang untuk membungkus makanan atau bahkan tempeyangakandiendapkan. Hal tersebut bukanlah tanpa alasan, dari segi kesehatan daun pisang sangat berpengaruh adanya dalam makananyang dibungkus. Zat polifenol yang terdapat di dalam daun pisang dapat menjadi antioksidan yang baik bagi makanan. Antioksidan sendiri berguna sebagai penangkal radikal bebas. Membungkus makanan dengan daun pisang terlihat sepelanamun sangat berefekpada kesehatan.

Sebagian masyarakat pedesaan juga memanfaatkan jantung pisang yang sudah sempurna untuk dimasak sebagai pelengkapsayuran. Kebiasaan masyarakat ini telah  turun menurundilakukan hingga sekarang. Fakta membuktikan bahwa jantung pisang mengandung flavonoid yang bisa menangkal radikal bebas dan pemicu sel kanker berkembang. Selain itu jantung pisang juga mengandung mineral, fosfor, serat, protein, zat besi, vitamin B1 dan C. Kandungan kompleks dari jantung pisang dapat dimanfaatkan oleh tubuh sebagai pencegah stroke, diabetes, anemia, gondok, dan dapat menurunkan kolesterol.

Hati pisang, bonggol pisang dan gedebok batang pisang muda ternyata memiliki manfaat bagi kesehatan.  Sering kali orang hanya mengambil buahnya saja tanpa memanen bagian lain termasuk gedebok. Kandungan zat tanin dari dalamnya dapat digunakan sebagai antiseptik, kemudian zat saponin dapat digunakan untuk mengencerkan dahak. Tak hanya itu, kalium darinya juga bisa berfungsi untuk melancarkan saluran buang air kecil. Untuk mengonsumsi hati dan bonggol pisang ini, kita dapat mengolahnya menjadi keripik atau sayur. Sedangkan gedebok pisang muda, hanya dapat dikonsumsi menjadi sayuran.

Kulit pisang, tidak luput memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh. Kandungan vitamin B, C, protein, lemak dan kalsium di dalamnya bermanfaat untuk menjaga kesehatan retina mata. Ekstrak kulit pisang juga dapat menjaga mood hati seseorang. Kulit pisang dapat diolah menjadi keripik, bahkan sekarang sudah ada tepung yang olahnnya dari bahan dasar kulit pisang dipasaran.

Penegasan Ulang

Selain mengenyangkan dan menjadi makanan penutup ketikan sarapan, ternyata seluruh bagian dari pohon pisang memiliki banyak manfaat tersembunyi bagi kesehatan tubuh ataupun aktifitas lain manusia. Baik dengan mengonsumsinya secara langsung maupun melalui proses pengolahan lebih lanjut sebelum memakannya. Semestinya saat memanen buah pisang, bagian pisang yang lainnya juga dimanfaatkan. Dengan mengetahui manfaat dan cara pengolahannya masyarakat dapat memanfaatkan secara maksimal untuk pribadi maupun banyak orang.

Contoh Teks Eksposisi Analisis

Mie instan murah enak lezat sedaap
@iradiofm.com

Mie instan merupakan makanan semi-berat yang mengandung karbohidrat sederhana. Karbohidrat sederhana pada mie instan hanya sejenis karbohidrat yang hanya bisa memberikan efek kenyang yang sementara di perut. Efek kenyan sementara tersebut justru kelak akan menjadikan perut lebih terasa lapar stelahnya, sehingga siapapun yang telah makan mie instan akan menjadi lapar dan terpicu untuk menyantap banyak makanan.

Apabila terlalu banyak mengkonsumsi makanan, maka tubuh kita akan menjadi gemuk bahkan bisa mudah terserang berbagai penyakit berbahaya. Oleh karenanya, memakan mie instan dan nasi putih secara bersamaan mesti dihindari mulai saat ini juga. Sebab, mengkonsumsi keduanya secara sekaligus tidak akan membuat perut kenyang serta sehat, tetapi malah akan membuat kita rentan terhadap sejumlah penyakit dalam waktu panjang kelak.

Contoh Teks Eksposisi Singkat Sederhana

Pesantren

Pesantren adalah sebuah bangunan yang di dalamnya terdapat sistem pembelajaran khusus. Meski di dalamnya terdapat pelajaran pengetahuan umum seperti sekolah yang setingkat.

Para Ulama berpendapat bahwa pesantren dapat merubah sifat, karakter dan pribadi santri menjadi lebih religius. Religius dalam berpikir akan masa depan dan realistis dunia yang semakin maju.

Di lain sisi pesantren juga termasuk asrama yang mempertemukan beberapa orang yang dari segi sifat, pribadi dan tempat asal yang berbeda dan mereka mencoba menjadi keutuhan yang terikat oleh tali ukhuwah ismaliyah (ikatan persaudaraan muslim).

Jadi Pesantren didirikan untukmemebentuk karakter para pelajar yakni santri yang lebih religius yang taat agama dan negara. Di dalam sistem belajarnya digabungkan dengan nilai-nilai persatuan dan kesatuan agar dapat meneruskan kemajuan islam di masa mendatang juga.

Contoh Teks Eksposisi Pertentangan

Olahraga bulutangkis dan olahraga tenis lapangan merupakan dua cabang olah raga yang sangat populer di dunia. Olahraga bulutangkis memiliki perbedaan yang sangat jauh dari olah raga tenis. Olahraga bulutangkis menggunakan kok sebagai salah satu alat media bermain sedangkan olahraga tenis menggunakan bola kecil.

Selain itu, tenis menggunakan raket yang lebih besar dan kuat daripada raket bulutangkis. Karena perlu daya  dan dorongan yang besar untuk melayangkan bola tennis. Sedangkan Lapangan pada olahraga tenis pun juga memiliki lebar dan panjang yang lebih besar daripada lapangan yang digunakan olah raga bulutangkis.

Sepatu dan sandal memang sama-sama sebagai alas kaki. Namun keduanya memiliki segi fungsi di tempat yang berbeda. Sandal untuk alas kaki secara umum, sedangkan sepatu untuk alas kaki dalam acara resmi.

Coba perhatikan  di dalam beraktiftas seharian kita menggunakan sandal. Sepatu hanya digunakan dalam bersekolah, bekerja dan tempat ynag lebih formal lainnya.

Dari bentuknya sepatu menutup kaki dari  bawah hingga mata kaki secara menyeluruh. Dan sandal hanya beralas tanpa menutup kaki bagian atas.

Jadi sepatu dan sandal adalah dua benda yang memiliki fungsi sama namun bentuk dan cara pemakaiannya sangat berbeda. Untuk itu selalu gunakan kedua benda tersebut secara tepat.

Contoh Teks Eksposisi Bahasa Inggris

Untuk dapat melihat contoh-contoh teks eksposisi bahasa inggris silahkan kunjungi laman ini. Di sana telah kami ulaskan kumpulan contoh teks paragraf eksposisi beserta struktur lengkapnya.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *