Kumpulan Contoh Teks Eksposisi Ilustrasi Lengkap Terbaru

Contoh Teks Eksposisi Ilustrasi – Mengenai pengertian, ciri dan syarat untuk menuliskan teks eksposisi telah kami bahas di artikel sebelumnya. Bagi Anda yang belum mempelajarinya silahkan kunjungi laman ini. Agar lebih jelas mengenal teks eksposisi Anda harus kuasai terlebih dahulu strukturnya lewat laman tersebut.

Dalam pembahasan kali ini, kami akan bahsanya mengenai kumpulan macam jenis contoh teks paragraf eksposisi ilustrasi saja.   Berbeda dengan eksposisi yang lain yang membahas mengenai luasnya pokok masalah topik. Untuk ilustrasi hanya membahsa mengenai kesamaan sifat tertentu untuk ditujuan atas keadaan yang hampir sama pula sifatnya.

Ya, begini inti kesimpulan mengenai pengertian teks eksposisi ilustrasi, Merupakan suatu teks paragraf eksposisi yang menyajikan ilustrasi gambaran sederhana mengenai sesuatu yang didalamnya terdapat kemiripan atas sifat kerja yang dilakukan antar keduanya.

Ciri-Ciri Teks Eksposisi Ilustrasi

Teks eksposisi ilustrasi juga memiliki beberapa ciri khusus agar dapat menjadi kalimat sempurna dalam penyususnanya. Namun tidak banyak perbedaan dengan ciri teks eksposisi umumnya. Inilah ciri-ciri teks eksposisi ilustrasi :

  • Memiliki gaya penulisan paragraf informatif.
  • Memaparkan definisi , langkah-langkah, serta metode dalam melaksanakan tindakan
  • Terdapa jawaban mengenai pertanyaan : siapa, apa,  bagaimana, kapan, dimana dan mengapa.

Contoh Paragraf Eksposisi Ilustrasi

manfaat air putih dingin dan hangat
hellosehat.com

Dalam organ tubuh manusia terdapat metabolisme peredaran aktivitas tubuh sebagaimana mesin pada mobil. Tubuh manusia juga mengubah energi kimiawi berupa bahan bakar makanan yang diubah menjadi energi panas dan energi mekanis.

Nasi yang Anda makan akan dibakar oleh organ sistem metabolisme tubuh sebagaimana bensin dibakar dalam silinder bak mesin mobil. Energi kimiawi yang disediakan oleh nasi akan diubah menjadi energi panas yang membuat tubuh tetap hangat. Termasuk berubahnya makanan tersebut menjadi energi mekanis berupa kekuatan otot-otot dapat memompa darah dalam tubuh hingga dapat mengalir di seluruh organ tubuh termasuk pokok dari mesin manusia yakni jantung. 

Contoh Eksposisi Ilustrasi Sederhana

Sebuah organisasi membutuhkan kerjasama yang kuat dan erat agar bisa berjalan dengan baik sesuai tagretnya. Seperti sebuah mobil yang bergerak dikarenakan adanya mesin mobil dan komponen-komponen lain yang saling berkerjasama.

Organisasi juga membutuhkan komponen struktur yang berkaitan seperti ketua organisasi, wakil ketua, sekretaris, bendahara, humas, helper dan anggota kelompok. Mereka itulah yang menjadi mesin penggerak organisasi. Sebagaimana sebuah mobil jika satu komponen rusak, maka semua akan berimbas pula. Semua akan mati tidak bergerak dan bahkan bila tak segera diperbaiki akan menjalar rusak ke komponen lain.

Begitu pula pada organisasi, semua pihak memiliki fungsi dan tugas masing-masing  yang bila mana satu rusak maka akan dapat menggangu jalannya organisasi. Jika salah satu dari mereka kendor yang lain akan ikut kendor dalam flesibilitas kerja. Bahkan bagian terkecil dari organisasi pun sangat vital adanya pada organisasi agar dapat tetap berdiri dan ada. 

Contoh Eksposisi Ilustrasi Singkat

Di zaman modern ini, mencari orang jujur dan tulus adalah hal yang teramat susah. Ibaratnya mencari jarum di dalam tumpukkan benang yang berbaur di satu ruangan, untuk menemukan orang yang jujur harus dilakukan dengan secara teliti dan serius agar orang tersebut benar-benar bisa dan dapat dipercayai seutuhnya. Langkanya orang jujur dan tulus tersebut disebabkan oleh pergeseran nilai moral yang kini semakin bertolak balik ke arah negatif. Maka tak heran bila banyak para atasan yang enggan memberi jabatan dalam waktu singkat

Baca Juga : Teks Deskripsi (Pengertian, Ciri, Prinsip dan Contoh)

Contoh Teks Eksposisi Ilustrasi Ilmu

Ilmu pengetahuan menjadi salah satu bekal untuk manghadapi masa depan. Kita dapat memanfaatkannya sebagai mana kita mau. Tergantung sang pengendali ilmu, dapat berguna sebagai hal positif. Tetapi juga dapat memberikan dampak buruk, seperti tajamnya pedang. Jika kita menggunakan pedang untuk perang melawan pemberontak itu hal yang bermanfaat tetapi bila untuk memberontak itu hal yang tercela.

Hal tersebut juga berlaku pada ilmu pengetahuan, jika ilmu tersebut digunakan untuk hal positif, maka sudah pasti akan mendatangkan manfaat bagi diri sendiri maupun orang lain.

Maka dari itu, kita wajib menggunakan ilmu pengetahuan yang telah kita dapatkan dengan baik supaya alam semesta juga dapat mendapatkan kebaikan darinya pula.  

Contoh Teks Eksposisi Ilustrasi Pendidikan

Sebuah pohon akan tumbuh besar dengan sendiri. Untuk menjadi pohon tinggi menjulang ke arah langit maka bibit pohon harus terus dirawat dengan baik dengan cara penyiraman dan pemupukan rutin.

Bagitu pula sebuah proses pendidikan. Semestinya harus berorientasi bagai proses ilustrasi pohon tumbuh menjadi besar. Pendidikan yang baik perlu  proses yang panjang hingga memakan banyak waktu dan tenaga , karena hasil tak akan mengkhianati usaha yang berlaku pada alam yang kita kerjakan. Termasuk pemberian pendidikan yang baik pada benih generasi bangsa ini.

Untuk itu, para orang tua dan pendidik juga harus menjadikan proses rutinitas yang baik sebagai orientasi utamanya dalam mendidik anak didik mereka. 

Contoh Teks Eksposisi Ilustrasi Tentang Perusahaan

Ketika seekor semut menemukan suatu benda baik berupa makanan konsumtif atau benda lainnya, maka seekor semut tersebut pasti akan berusaha memindahkannya sendiri namun bila terasa berat. Maka ia akan memanggil teman-teman untuk membantunya memindahkan benda tersebut ke tempat tujuan mereka. Tanpa rakus semut pun berbagi satu sama lain karena benda tersebut termasuk hasil kerjasama bersama.

lLyaknya sebuah kerjasama dalam suatu perusahaan, jika suatu perusahaan ingin menuju kesuksesan maka wajib baginya untuk bekerjasama antar anggota bila terdapat masalah yang besar. Target yang besar akan menghasilkan value yang besar pula, maka dari itu pihak perusahaan juga harus memberi apresiasi kepada seluruh anggota yang telah membantu untuk berkembang.

Oleh karena itu, kerjasama antar anggota perusahaan dengan pihak atasan perusahaan harus dijalin dengan baik agar tercapai cita-cita tinggi yang ingin diraih bersama dan untuk bersama. Target perusahaan juga masuk dari target para anggota pekerjanya. 

Contoh Teks Eksposisi Ilustrasi Smartphone

Smart Phone merupakan benda yang memberikan banyak manfaat kepada manusia, sehingga manusia menjadi lebih mudah melakukan segala hal dengan waktu cepat, singkat dan bersa ringan. Walaupun demikian, Smart Phone seharusnya digunakan dengan bijak.

Smart Phone tersebut menggambarkan bagaimana kita harus dapat mengoptimalkan seluruh prioritas untuk sebuah pekerjaan. Sebagai pengguna SamrtPhone kita juga harus selalu memperhatikan stamina dan kemampuan kita dengan baik agar tubuh selalu stabil dan tidak mudah terjangkit penyakit.

Maka dari mengatur stamina tubuh akibat pekerjaan dan aktifitas harian adalah hal penting untuk mengatur kesehatan kita pribadi. Untuk itu selalu waspada dan jaga kesehatan tubuh dengan cara memaksimalkan kinerja gerak otot dengan otak. 

Contoh Teks Eksposisi Ilustrasi Alam

Semut yang berjalan terkadang mharus melewati banyak rintangan, baik halangan besar maupun kecil. Rintangan kecil seperti tiupan angin yang membuat barisan mereka bergeser dan bahkan rusak. Sedangkan rintangan besar biasanya dapat menjadikan sebagian dari para gerombolan semut mati di tempat, misal injakan kaki manusia yang tak menggunakan mata kakinya untuk melihat.

Begitu pula pada manusia yang hidup di dunia ini, terkadang terus mendapat ujian yang ringan tanpa pernah ada rintangan besar. Bila tertimpa musibah agak sedikit besar terus mengeluh. Apa jadinya ditimpa musibah yang besar, apakah hingga mati? Tentu tidak, mungkin hanya mati rrasa maupun hati saja karena ujian berat tersebut.

Contoh Teks Eksposisi Ilustrasi Beserta Judulnya

Ilustrasi Sederhana Kehidupan

Supir becak yang terus bersabar menunggu penumpang pasti sudah akan mersakan hasilnya bila telah datang penumpang padanya. Namun aktifitas menunggu di hariannya tak luput dari ilusi penumpang semata. Yakni menunggu yang tak pasti datang. Karena masih banyak transportasi lain yang lebih diminati oleh penumpang.

Pada diri seorang pengusaha pun juga sama. Harus ada usaha yang peuh dan perjuangan yang kadang membuat hati rapuh. Ada kalanya rugi padanya, karena sesuatu terntentu. Namun dibalik itu semua ada jalan yang terbaik yang telah Tuhan gariskan pada kita. Rejeki tak pernah salah tangan.

Baca Juga : Teks Eksplanasi (Pengertian, Ciri, Prinsip dan Contoh)

Contoh Teks Eksposisi Ilustrasi Lengkap

Bagai pena kadang untuk menuliskan hal yang baik, seperti mencatat ilmu dan menulis informasi. Namun terkadang pena juga digunakan oleh orang jahat. Seperti tanda tangan sumpah palsu, kontrak palsu dan korupsi uang dengan surat janji palsu.

Tak berbeda dengan lidah kita kadang ia melontarkan kata berisi ilmu dan kabar yang baik bagi pendengarnya. Namun lidah juga banyak digunakan utnuk mencela orang tak bersalah dan mencaci yang tak seharusnya dibenci.

Maka dari itu jagalah lidah agar tak menjadi racun diri sendiri dan orang sekitar kita nanti. Lidah juga dikatakan pedang, yang bisa menusuk dari depan maupun belakang.

***

Demikian tadi kumpulan contoh teks paragraf kalimat eksposisi yang kami ulaskan untuk Anda, semoga dapat bermanfaat, salam damai, Damainesia. Jangan lupa like, share dan sertakan comment untuk memberi kritik saran.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *