Pengertian, Ciri, Fungsi, Contoh Teks Eksplanasi & Strukturnya

Pengertian, Ciri, Fungsi, Contoh Teks Eksplanasi & Strukturnya

Pengertian, Ciri, Fungsi dan Contoh Teks Eksplanasi – Terdapat beberapa jenis teks yang dapat kita jumpai di penulisan tata bahasa dalam sebuah bacaan harian, berupa buku, koran atau artikel. Di Artikel yang kemarin kita telah mengulas tentang Teks Prosedur, teks yang berfungsi untuk mengatur suatu tahapan kerja yang sesuai SOP Salah satunya teks eksplanasi. Namun untuk kali ini cukup berbeda.

Pernah tersirat dalam pikiran Anda sebuah pertanyaan. Apa itu Teks Eksplanasi?

Mungkin sering kita jumpai kata eksplanasi, namun mengetahui maknanya masih hal asing bagi beberapa orang. Termasuk Anda kah? Masih tergolong sangat minim.

Untuk itu damainesia akan mengulasnya di artikel ini, mulai dari pengertian teks eksplanasi, cir-ciri, struktur, tujuan hingga contoh-contoh teks paragraf eksplanasi kompleks budaya, alam dan lainnya.

Pengertian Teks Eksplanasi

Dalam kaidah bahasa eksplanasi berati keterangan, penjelasan dan kelanjutan. Sedangkan makna teks atau paragraf eksplanasi menurut istilah tata bahasa adalah suatu tulisan berupa paragraf yang memuat suatu informasi dengan kaidah penjelasan dari persoalan “mengapa” dan “bagaimana” meliputi berbagai hal yang mempunyai proses berkelanjutan.

Biasanya teks eksplanasi digunakan untuk menuliskan berita mengenai peristiwa alam, sosial, kehidupan makhluk hidup,budaya dan pengetahuan. Dan disusun berdasrkan fakta dalam bentuk artikel, berita maupun esssai.

Tujuan Teks Eksplanasi : Menjelaskan informasi kepada pembaca tentang sesuatu kejadian berdasarkan ide gagasan yang menjadi persoalan masyarakat banyak dan memiliki solusi untuk persoalan tersebut. Seolah-olah pembaca paham dengan apa yang terjadi berdasarkan jawaban dari teks berupa hubungan sebab-akibat kejadian.

Ciri-Ciri Teks Eksplanasi

Ciri-ciri teks eksplanasi yang harus diketahui sebelum menulis paragraf eksplanasi.

Informatif (memberi informasi)

  • Menuliskan informasi berdasarkan fatka yang ada
  • Fakta pada teks eksplanasi bersifat ilmiyah dan logis
  • Struktur teks berupa pertanyaan umum, sebab-akibat dan intreprestasi
  • Tata penulisan menggunakan kalimat pasif dan konjungsi, waktu, seperti jika, maka, pertama, kedua dan terakhir.
  • Membahasan tentang fenomena yang telah terjadi
  • Teks tidak berupa paragraf atau kalimat provokatif 
  • Menggunakan kata kerja aktif
  • Menggunakan kalimat pasif

Struktur Teks Eksplanasi

Mengenai struktur penyusunan ada tiga pilar dalam membentuk teks kalimat eksplanasi hingga menjadi keutuhan. Berikut ulasan 3 pilar paragraf/teks eksplanasi :

Pertanyaan

Pertanyaan umum, memuat penjelasan suatu topik berupa penjabaran proses terbentuk dan proses terjadinya dengan menggunakan kalimat efektif.

Sebab dan akibat

Berisi pemaparan mengenai detail proses terjadi dan tahapan akibat dari awal sampai akhir.

Interpretasi

Kesimpulan dan penutup, berisi tentang kesimpulan dan penutup topik secara ringkas. Singkat dan solusi dari teks paragraf di atasnya.

Pembedaan nama struktur biasanya dibedakan menurut skema penulisan yaitu :

Pertanyaan, terkadang dituliskan sebagai pembukaan.
Sebab akibat, bisa disebut dengan isi pokok gagasan tulisan.
Interpretasi, bisa disebut sebagai kesimpulan isi dan penutup.

Contoh Teks Eksplanasi Pelangi Beserta Strukturnya

contoh teks eksplanasi pelangi beserta strukturnya
@pixabay

Pelangi

Pernyataan Umum (pembuka):

Pelangi atau yang biasa disebut bianglala adalah fenomena alam berupa cahaya warna-warni paralel satu sama lain di langit atau media lainnya. Pelangi terjadi karena adanya pembiasan cahaya matahari oleh butir-butir air, sehingga juga dianggap sebagai peristiwa optik. Umumnya pelangi berbentuk busur cahaya dengan berbagai warna yang yang tersusun sejajar dan tampak di langit ketika hujan ringan. Tak jarang, pelangi juga dapat dilihat di sekitar air terjun.

Deretan Penjelas (isi):

Proses terjadinya pelangi yang indah melalui beberapa siklus. Pelangi muncul karena cahaya matahari membias dan dibelokkan dari satu medium ke medium lain oleh butir-butir air yang ada di atmosfer. Saat sinar matahari melewati tetes air hujan, cahaya matahari dibiaskan sehingga menciptakan beragam warna yang terpisah.

Selanjutnya terjadi pembelokan cahaya. Masing-masing dari warna pelangi akan dibelokkkan ke arah sudut yang berbeda sehingga membuat warna pelangi semakin memakau. Pembelokan cahaya membuat cahaya yang mulanya putih berubah menjadi spektrum warna. Warna pertama yang dibelokkan adalah warna ungu. Sementara warna terakhir yang dibelokkan ialah warna merah. Adapun aneka warna yang lain, diantaranya kuning, jingga, hijau, biru, dan nila.

Interpretasi (penutup):

Warna pelangi dapat terlihat utuh diakibatkan oleh geometri optik pada proses penguraian warna. Ketika hujan ringan turun bersamaan dengan munculnya sinar matahari, pada saat itulah fenomena pelangi terjadi. Tetapi keberadaan kita sangatlah penting. Agar bisa melihat pelangi, kita harus berada di antara tetesan hujan dan matahari dengan posisi membelakangi matahari. Sederhananya, kita, matahari, dan pusat busur pelangi berada pada satu garis lurus.

Contoh Teks Eksplanasi Bahasa Inggris

contoh teks eksplanasi pelangi bahasa inggris beserta strukturnya
@pixabay

Rainbow

General Statement (pembuka)

Rainbow or commonly called Ferris wheel is a natural phenomenon in the form of colorful light parallel to each other in the sky or other media. Rainbow occurs due to refraction of sunlight by water grains, so it is also considered an optical event. Generally rainbows are arc-shaped with various colors arranged in parallel and visible in the sky when the rain is light. Not infrequently, rainbows can also be seen around the waterfall.

Explanation row (sebab akibat):

The process of the rainbow is beautiful through several cycles. The rainbow arises because sunlight diffuses and deflects from one medium to another by grains of water in the atmosphere. When sunlight passes through drops of rainwater, sunlight is refracted to create a variety of separate colors.

Then there is a deflection of light. Each of the colors of the rainbow will be deflected towards a different angle, making the rainbow colors more enjoyable. The bending of light makes the initially white light change into a color spectrum. The first color that is deflected is purple. While the last color that is deflected is red. As for various other colors, including yellow, orange, green, blue, and indigo.

Interpretation (penutup):

Rainbow colors can be seen intact due to optical geometry in the color decomposition process. When light rain falls along with the appearance of sunlight, that’s when the rainbow phenomenon occurs. But our existence is very important. In order to be able to see the rainbow, we must be between the raindrops and the sun with the backward position of the sun. Simply put, we, the sun, and the center of the rainbow arc are in a straight line.

Contoh Teks Eksplanasi Bencana Alam Tanah Longsor

contoh teks eksplanasi tanah longsor fenomena alam beserta strukturnya
@pixabay

Tanah Longsor

Pernyataan Umum (pembuka):

Tanah Longsor merupakan peristiwa alam berupa pergerakan tanah karena adanya pergerakan masa  bebatuan dan bongkahan besar tanah. Tanah longsor juga dapat diartikan sebagai peristiwa geologi berpindahnya material batuan dan tanah dari tempat yang tinggi ke  tempat yang lebih rendah. Sehingga tanah longsor banyak terjadi di berbagai  daerah di Indonesia, terutama di daerah pegunungan.

Deretan Penjelas Sebab Akibat (isi):

Secara garis besar, tanah longsor dapat disebabkan oleh dua faktor yaitu faktor alam dan faktor sosial. Banyak peristiwa  tanah longsor terjadi karena adanya gempa. Gempa yang menggerakkan lempeng bumi memicu pergeseran-pergeseran bebatuan sehingga mengakibatkan lapisan bawah tanah pecah dan terjadi longsor.

Selain itu, bencana  alam ini juga bisa diakibatkan karena curah hujan yang tinggi dan tidak ada pepohonan yang menyerap air. Daerah lereng-lereng pegunungan yang curam dan hutan-hutan yang gundul sangatlah rawan terjadi tanah longsor.  Ketika musim penghujan tiba dalam kurun waktu yang lama namun kondisi tanah sangat tandus mengakibatkan terjadinya penguapan air di permukaan tanah. Penguapan ini menyebabkan munculnya rongga tanah bahkan retakan di permukaan. Sehingga saat turun hujan lebat, tanah tidak mampu lagi menampung lebih banyak air dan terjadilah longsor.

Di samping itu, faktor sosial penyebab tanah longsor adalah karena ulah tangan manusia. Tanpa sada, manusia terus menumpuk sampah di daerah pegunungan, membuka lahan sembarangan, menambang batu di lereng gunung, mengunduli hutan secara liar yang semuanya itu dapat mengakibatkan tanah longsor.

Interpretasi (kesimpulan dan penutup):

Tanah longsor menjadi bencana alam yang tidak boleh kita abaikan. Peristiwa tanah longsor berlangsung sangat cepat dan sulit kita hindari jika kita berada di tempat kejadian bencana longsor tersebut. Telah banyak bencana tanah longsor terjadi yang memakan banyak korban jiwa. Oleh karena itu, Karena itu perlu tindakan pencegahan terutama di daerah-daerah rawan longsor dengan menanam pohon di daerah lereng, gunung, dan hutan karena akar pohon dapat menyerap air sehingga meminimalisir longsor, melakukan reboisasi, menertibkan diri membuang sampah pada tempatnya, lebih bijak memanfaatkan hutan.

Contoh Teks Eksplanasi Singkat Fenomena Alam

Contoh teks eksplanasi beserta struktur ciri pengertian

Kekeringan

Kekeringan sempat melanda India dan Pakistan beberapa waktu lalu. Suhu ekstrim panas membuat tanah kering begitu juga kemarau panjang melanda kedua negara tersebut. Kekeringan ini merupakan kejadian alam yang sering terjadi apabila telah memasuki musim panas. Terlebih pada daerah yang minim akan hutan dan perkebunan pepohonan.

Hutan dan pepohon di perkebunan dapat bertindak sebagai cadangan penyimpanan air. Jadi jika suatu daerah minim tanaman, hal ini bisa berdampak pada kekeringan di daerah tersebut. Kekeringan dan kemarau panjang tentu saja menyebabkan kegiatan masyarakat terganggu. Susahnya air dan tingginya suhu membuat aktifitas sedikit terhambat. Dari mencuci, memasak, mandi dan bekerja.

Di beberapa daerah membuat tampungan besar guna menyimpan tandon air untuk beberapa waktu ketika musim kemarau kering datang. Namun sebagian daerah pula tetap menghiraukan hal tersebut. Untuk itu sangat disarankan bila sudah mengetahui akan datang musim kering sebaiknya sedikit berhemat dan terus menampung cadangan air agar cukup untuk keperluan makan dan minum dibeberapa waktu ke depan.

Contoh Teks Eksplanasi Sosial

Contoh teks kalimat paragraf eksplanasi sosial - Pengangguran
@hellosehat,com

Fenomena Sosial yang era millenium ini sering terjadi, banyaknya pemuda baik lulusan sarjana maupun SMA sederajatnya yang masih pada posisi non-produksi. Padahal dengan adanya SDM terhitung lebih banyak pemudanya diharap dapat memajukan negara. Pengangguran, Kenapa dan Bagaimana solusinya?

Contoh Teks Eksplanasi Sosial Singkat

Pengangguran

Pengangguran merupakan isu buruk yang terus meningkat di Indonesia. Hingga saat ini belum ada solusi yang efektif untuk masalah tersebut. Seiring dengan pergantian presiden, banyak solusi yang telah diusahakan dan dilakukan, namun program-program tersebut masih saja belum dapat memenuhi keinginan. Karena setiap tahunnya tingkat pengangguran terus meningkat.

Terdapat beberapa faktor penyebab adanya pengangguran, seperti pertumbuhan ekonomi yang tidak seimbang, meningkatnya usia produktif (bonus demografi) yang tidak dapat terkontrol. Terlebih karena SDM yang kurang memadahi membuat banyak pengangguran dan sebab lainnya.

Dengan banyaknya pengangguran akan menimbulkan tingginya angka kemiskinan dan kriminalitas. Oleh karena itu harus sesegera mungkin untuk ditangani, mencari pemecahan masalah atas dampak buruk itu.

Cara sederhana yang dapat dilakukan hanya mengubah mindset pemudanya agar mereka lebih produktif dalam bertindak dan dididik dengan kreatifitas. Disamping itu sang orang tua berkewajiban memberikan pendidikan yang berkualitas dan meningkatkan pengarahan yang mendukung minat, bakat dan kreatifitas anak. Melalui sedikit cara tersebut diharapkan dapat mengurangi pengangguran.

Contoh Teks Eksplanasi Budaya

contoh teks eksplanasi budaya beserta strukturnya - budaya jawa wayang
wibowo.co

Perubahan Budaya

Penyataan Umum

Budaya tidak selamanya identik dengan keturunan, masa lalu dan hal-hal tradisional lainnya. Misal pakaian, bahasa, seni, makanan dan keseharian lain. Akan tetapi kita mengira budaya adalah simbol daerah tertentu atau kebiasaan daerah tertentu saja.

Bagian Penjelasan Isi

Menurut para ahli, buadaya adalah cara hidup yang berkembang yang dimiliki banyak orang atau suatu kelompok dengan mengikuti alur zaman dan bersifat waris-mewarisi satiap generasinya. Sepintas terlihat sama dengan paragraf diatas namun yang berbeda adalah pada kata cara hidup berkembang, mengikuti alur hidup namun tidak melupakan kebiasaan lama yang telah terjalin baik.

Jika dikelompokan budaya terbagi menjadi tiga bagian, yaitu kepercayaan, pengetahuan dan estetika. Yang ketiganya tersebut akan menghasilkan hukum, bahasa, adat, tradisi, teknologi, makanan dan kehidupan harian lainnya. Budaya juga berkembang sesuai zaman yang dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti :

  • Hubungan antar manusia yang berbeda daerah bertemu pada satu daerah, maka salah satu orang tersebut harus menyatukan atau mengikuti budaya yang ada.
  • Seperti perkembangan teknologi saat ini. Cara hidup, kebutuhan harian dan cara bersosial akan berubah dengan datangnya teknolgi tersebut. Jadi perubahan zaman sangat berpengaruh pada perubahan budaya.
  • Adanya seorang atau sekelompok yang memiliki lingkungan/budaya ekstrim.

Dapat dikatakan budaya dan tradisi baru datang karena adanya modifikasi budaya lama yang menyatu dengan perkembangan zaman.

Bagian Penutup

Sehingga tidak selamanya budaya itu buruk, budaya itu kuno, budaya itu tidak relevan. Justru akan menjadi ironi bila satu sisi budaya hilang hanya karena manusia lain yang tidak dapat menyesuaikan budaya yang ada.

Contoh Teks Eksplanasi Tsunami Beserta Strukturnya

Contoh Teks Eksplanasi Tsunami Beserta Strukturnya
@pixabay

Contoh Teks Eksplanasi Tsunami

Pernyataan Umum

Tsunami menurut arti bahasa berarti gelombang pelabuhan. Dalam bahasa jepang tsu- (pelabuhan) dan –nami (gelombang). Sedangkan para ilmuwan menyatakan bahwa tsunami adalah gelombang susur laut akibat dari gempa.

Jadi tsunami adalah gelombang yang datang atas sebab gempa bumi atau pergeseran lempengan bumi yang menyebabkan air laut berombak besar hingga ke kawasan pantai. Besaran gelombang tsunami juga dapat menghantam daratan di sekitar pantai.

Sebab Akibat

Ketika gempa datang permukaan laut akan bergelombang dan menyebabkan pergeseran dasaran laut hingga meluapkan sisa air laut dengan gelombang akibat patahan dan pergeseran tanah. Sesaat gempa terjadi air akan susut dan kembali dengan bentuk gelombang yang besar berupa tsunami.

Gelombang tsunami di laut melaju lebih cepat dibanding gelombang normal darat. Gelombang tersebut mampumenyebar ke segala arah hingga ketinggian 30-50 meter dengan kecepatan sekitar 800 km/jam. Maka dari itu gempa di dekat laut dan bergesernya lempengan tanah di sekitar lautan dapat memungkinkan terjadi tsunami.

Simpulan (interpretasi)

Tsunami memang telah menjadi ancaman nyata bagi manusia. Salah satu peristiwa bencana alam yang amat sangat dahsyat. Menyebabkan kerusakan besar bahkan menyapu ribuan nyawa dalam sekejap.

Maka dari itu kita harus selalu waspada dan berbanyak doa untuk menyiapkan diri menghadapi semua cobaan apapun. Walau tidak semua bencana berbahaya, namun waspada dan doa adalah kunci utama.

Contoh Teks Eksplanasi Gempa Bumi

gempa bumi bmkg - teks eksplanasi gempa bumi
@tribunnews.com

Gempa Bumi

Pernyataan umum (Pembuka)

Gempa bumi merupakan suatu goncangan atau getaran yang terjadi karena adanya pergeseran lapisan batu bumi yang berasal dari bawah permukaan bumi. Peristiwa alam tersebut lebih sering terjadi di daerah yang dekat dengan gunung berapi dan di daerah sekeliling pantai lautan luas.

Deretan penjelasan (Isi)

Gempa bumi terjadi disebabkan karena pergeseran lempengan daar laut dan letusan gunung berapi yang efeknya membuat kerusakan di sisi lain permukaan bumi. Gempa bumi terjadi sangat cepat dalam hitungan detik. Gempa bumi juga termasuk bencana dahsyat yang tidak dapat dihindari.  Getaran gempa bumi dalam skala besar dan merambat cepat  dapat mengruntuhkankan bangunan dan menimbulkan banyak korban jiwa.

Berdasarkan penyebab asal gempa, gempa bumi dibedakan menjadi dua, yaitu gempa tektonik dan gempa vulkanik. Gempa bumi vulkanik terjadi karena letusan dari gunung berapi yang sangat dahsyat, hingga membuat tanah di sekitar ikut bergetar merasakan dahsyatnya letusan gunung.

Sedangkan gempa tektonik terjadi karena lapisan kerak bumi yang telah rapuh sehingga mengalami pergerakan geser. Lapisan batuan dari dalam bumi dari masa ke masa akan terus rapuh dan bergeser, sehingga terjadi benturan antar lapisan. Dari benturan lapisan tersebut munculah gempa dari permukaan bumi yang disebut tektonik. Gempa tektonik lebih sering terjadi dari pada gempa vulkanik.

Penutup (Interpretasi)

Gempa dapat terjadi kapan saja dan dimana saja, tanpa mengenal waktu, bencana alam tak dapat dihindari siapapun. Meskipun demikian, konsentrasi gempa cenderung terjadi di tempat-tempat tertentu saja rawan gempa, seperti pada batas Plat Pasifik. Tempat ini dikenal dengan lingkar api dikarenakan banyaknya gunung berapi dan seringnya terjadi letusan.

Contoh Teks Eksplanasi Gunung Meletus

contoh teks eksplanasi gunung meletus
@ultimate-survival-training.com

Teks Eksplanasi Gunung Meletus

Pembukaan / Penyataan umum

Fenomena alam ini terjadi karena semburan endapan magma dari dalam perut bumi berkat dorongan gas dengan kekuatan besar. Bencana alam gunung meletus juga bisa dikatakan fenomena alam yang mengerikan dan bisa menyebabkan kerugian termasuk hilangnya nyawa seseorang.

Sebab Akibat

Hampir seluruh gunung berapi akan mengeluarkan magmanya di waktu terntentu. Bila dalam kadar mengelurakan magma besar, dapat menyebabkan gempa aktif di tanah sekitar gunung. Bisa dikatakan bahwa hampir semua gunung berapi berpotensi  gempa, karena susunan antar lempeng bumi dan gunung berdekatan.

Awal terjadinya gunung meletus ditandai adanya suhu naik dratis pada lempeng bumi. Hal tersebut membuat material batuan disekitarnya meleleh karena suhu panas yang dahsyat, yang disebut magma pijar dari dalam bumi.

Disaat itu juga akan gas akan bercampur dengan magma. Hingga menjadikan letusan besar karena gas bertemu dengan magma. Gas dapat mendorong magma keluar dari dalam perut gunung dari 60-160 kedalaman permukaan bumi. Setelah sampai ke mulut gunung magma akan mengalir hingga suhu turun dan menjadi bebatuan kembali.

Dampak positif dari letusan gunung yaitu lahan bekas magma dan abu di sekitar gunung berapi akan menjadi subur, material dikeluarkan dari perut bumi dijadikan bahan dasar bangunan, seperti batu dan pasir. Dikelola kembali menjadi wisata alam, sumber daya air, dan energi panas bumi.

Sedangkan dampak negatif sangat terlihat bahayanya terhadap makhluk hidup di sekitar, terutama kita manusia. Karena mengeluarkan gas beracun, awan panas sehingga dapat merenggut nyawa seseorang bila berada di sekitar gunung ketika meletus.

Debu vulkaniknya juga dapat mengganggu aktifitas manusia sehari-hari. Sedangkan bagi tumbuhan, lahar juga membuat tanaman di sekitar lahar keluar menjadi mati. Tak berbeda dengan hewan, banyak hewan yang mati karena tidak kuat akan panas yang dahsyat dari magma dan suhu sekitar. Dan longsoran bebatuan ketika gunung meletus juga menyebabkan ekosistem di sekitaran gunung.

Bahkan di setiap terjadinya gunung meletus pasti ada kerugian yang diperhitungkan. Dan berdampak pada iklim di dunia berubah pasca gunung meletus.

Kesimpulan (interpretasi)

Hingga saat ini gunung meletus masih menjadi bencana yang menyeramkan untuk manusia. Karena luar biasanya gunung berapi dapat membentuk dan menghilangkan pulau. Bahkan atmosfer bumi dapat tertutup akibat perubahan suhu yang ekstrim ketika gunung berapi meletus.

Untuk itu bagi Anda yang berada di sekitar gunung berapi, selalu waspada dan ikuti intruksi dari BMKG bila pra, pasca dan saat gunung berapi bereaksi.

***

Demikian penjelasan mengenai Teks Eksplanasi yang dapat kami sampaikan untuk Anda. Semoga bermanfaat, jangan lupa beri kami koreksi bila terdapat salah penulisan kata dan pemberian informasi melalui kontak kami. Terimakasih, salam damainesia.

Tinggalkan komentar