Contoh Seni Rupa 3 Dimensi Hasil Karya

Contoh Seni Rupa 3 Dimensi Hasil Karya

Contoh Seni Rupa 3 Dimensi dan Cara Pembuatannya – Banyak sekali seni rupa yang kita temui di lingkungan hidup kita. Dari segmen yang sangat beragam, di dalam rumah, luar rumah, museum, tempat-tempat wisata dan alam murni sekitar.

Namun yang menjadi permasalahan yakni, sulitnya membedakan antar jenis seni rupa. Dari seni rupa dua dimensi, seni murni dan seni rupa tiga dimensi.

Nah, untuk mengatasi kuper, akan hal tersebut simak ulasan artikel kami berikut ini mengenai contoh hasil karya seni rupa 3 tiga dimensi murni, terapan dengan cara membuatnya dan penjelasannya. Tak lupa pula kami ulaskan pengertian, fungsi, unsur dan teknik pembuatan karya seni rupa 3 dimensi.

Karya Seni Rupa 3 Dimensi

Karya Seni rupa 3 dimensi yang dapat dan sering kita jumpai di kehidupan sehari-hari yakni sebagai berikut.

Seni Kriya

Kriya merupakan karya seni yang dibuat menggunakan keterampilan tangan dan memperhatikan segi kebutuhan kehiduapan fisik manusia dan memperhatikan estetika segi keindahan. Karya seni kriya juga dapat dinamakan sebagai karya seni rupa terapan nusantara.

Kebanyakan kriya digunakan sebagai finishing dekorasi suatu karya benda terapan. Kriya juga memiliki beragam jenis seperti seni kriya kayu, seni kriya keramik, seni kriya kulit, seni kriya logam, seni kriya tekstil dan seni kriya batu.

Seni Anyaman

Anyaman juga merupakan salah satu cabang seni rupa turunan daari seni kriya. Suatu teknik lipat dengan cara tindih-menindih, silang-menyilang, lipat-melipat, bolak-balik dengan pola yang sudah ditentukan agar terbentuk sebuah karya. Bahan-bahan untuk membuat anyaman adalah rotan, lontar, mendong, enceng gondok, bambu, pandan, kertas, plastik dan dan lainnya yang berbentuk panjang pipih dan sedikit elastis untuk dibentuk bersilangan.

Pusat kerajinan anyaman dapat dijumpai di sebagian daerah Indonesia yakni di Bali, Sulawesi, Tasikmalaya, Kalimantan dan Papua. Mereka membuat kombinasi seni anyaman untuk membuat sebuah karya seperti tas rajut, nampan rajut, kipas bambu, sandal rajut, bola rotan dan lainnya.

Kerajianan Keramik

Karya seni rupa kerjinan keramik merupakan seni tradisional yang berpaduan dengan kontemporer atas perkembangan seni modernisasi. Seni keramik ibuat menggunakan bahan dasar dari tanah liat yang harus dibuat melalui proses pemijiran, butsir, pilin hingga pembakaran dan glasir.

Karna tanah liat mempunyai sifat yang plastis elastis makan dalam pembuatan keramik membutuhkan teknik khusus dalam pengolahannya. Dari tahap awal hingga akhir.Pleh karena itu harus dilakukan secara profesional oleh orang yang ahli, agar hasil baik dan tidak gagal.

Kualitas sebuah keramik dinilai dari proses pembuatannya yang nantinya akan dapat terbukti dengan keawetan dan daya tarik keramik tersebut. Bermacam model dan kombinasi seni akan membedakan harga jual keramik, seperti guci, keramik hiasan dan hiasan dinding.

Ukir Patung

Salah satu seni rupa 3 dimensi yang paling sering kita jumpai hampir di setiap daerah pasti ada, patung. Sampai sekarang seni patung semakin berkembang dan mampu memiliki daya tarik untuk dikembangkan karena munculnya alat dan pengrajin yang semakin eksotis karyanya. Hingga dapat melonjakkan nilai harga pembuatan patung di dunia.

Patung dapat dibuat dengan media batu, kayu, logam dan apapun yang dapat diukir diatasnya untuk menjadi suatu berbentuk. Patung mempunyai bentuk, titik pandang, panjang, lebar dan tinggi dan terbuat dari benda padat maupun lunak.

Berdasarkan jenisnya, teknik pembuatan ukiran perpatungan juga terbagi menjadi dua yaitu:

  1. Zonde Bosse –  bentuk patung yang mampu berdiri sendiri, tidak ada bantuan tembok ataupun penyangga di sebelah belakang, depan, kanan dan kirinya. Patung ini biasanya didirikan pada satu sisi yakni berdiri sendiri di topang oleh permukaan saja.
  2. Relief – bentuk patung yang menempel pada permukaan, berupa dinding. Relief dibuat juga berdasarkan tujuan untuk menggambarkan sebuah adegan dari cerita. Relief dapat kita lihat di beberapa Candi di Indonesia salah satunya Candi Prambanan yang menggambarkan ramayana.

Arsitektur

Mengapa artsiterktur masuk ke dalam seni 3 dimensi? Karena dalam perencanaan pembangunannya melibatkan beberapa teknik karya seni, dari menggambar, membuat, desaign dan barang bahan yang digunakan mengandung karya seni 3 dimensi.

Dalam pengembangan arsitektur juga terus memegang prinsip keindahan dari segi kesatuan, keseimbangan dan keserasian.

Memang arsitek cenderung merupakan ilmu perancangan lingkungan, bangunan ataupun pembangunan kota. dengan rekayasa teknologi yang sengaja dibuat manusia untuk menyempurnakan kontruksinya. Maka dari itu arsitektur juga melibatkan banyak instansi dalam merancangnya, termasuk bidang teknik, bidang desaign, bidang psikolog dan bidang geografik untuk menentukan langkah tujuan pembangunan.

Baca juga seni rupa lainnya di cara membuat montase lengkap dengan contoh gambarnya.

Contoh Seni Rupa 3 Dimensi Murni

Seni rupa tiga dimensi dibagi menjadi dua yakni murni dan terapan. Pada bab ini akan kami tampilakan 10 contoh karya seni rupa 3 dimensi murni. Berikut gambar beserta penjelasan cara membuatnya.

Patung

patung hewan gajah

Patung merupakan salah satu karya seni rupa 3 dimensi yang dibuat dengan cara dipahat, diukir menggunakan alat ukir. Serta ditambahkan ke sebagian bidang dengan cor sebagai pelengkap bentuk atas wujud patung.

Dengan mengedepankan tekstur, patung akan terlihat indah bila menyerupai bentuk asli suatu obyek ataupun memiliki khas tersendiri. Contoh pada gambar diatas terdapat garis-garis pada tubuh gajah, padahal pada gajah sebenarnya tak memiliki corak garis disetiap tubuhnya. Itu memberikan nilai lebih pada karya 3 dimensi patung itu.

Relief

relief patung

Wisata sejarah di Monumen Lubang Buaya Cemetuk Banyuwangi. Relief tersebut diatas dibuat dengan cara pengecoran lalu dirapikan dengan cara memahatnya perahan agar terlihat sempurna dan rapi.

Pada gambar tersebut mneyajikan bagaimana terjadinya pemberontakan G 30 SPKI yang dilakukan oleh para komunis terhadap petinggi, perwira, ustadz dan tokoh-tokoh masyarakat terhadap mereka.

Pada gambar relief 3 dimensi itu juga memiliki fungsi, yakni agar selalu mengingatkan para generasi kita untuk tetap waspada terhadap pergerakan para konumis, pada masa mendatang maupun masa lalu yang kelam. Karena mereka tidak pandang bulu dan selalu datang tiba-tiba.

Banyak juga kita temui seni 3 dimensi berupa Peta daerah ataupun Peta negara. Dengan tujuan mengenalkan pelajaran melalui visual yang mudah ditemui dan diingat oleh banyak orang.

Ukiran Kayu

ukiran kayu indah

Dengan bahan dasar kayu, biasanya kayu yang bertekstur keras seperti kayu mahoni, jati, sengon dan lainnya. Pembuatan pola kerutan dilakukan dengan alat bantu ukir berupa gergaji, pahat lurus, pahat lurik, pahat pengot, palu, sikat ijuk, batu, amplas  dan mesin bor untuk membuat lubang tertentu.

Ukiran Sabun

Dengan menggunakan alat bantu seadanya dan bahan sederhana ukiran sabun dapat tercipta dan menjadi karya seni yang menakjubkan.

Sama halnya dengan ukiran batu patung dan ukiran kayu. Seni ukir ini dibuat untuk membuat sesuatu dari media tertentu. Dengan bantuan alat dan bahan sederhana namun dapat mengahsilkan karya seni rupa yang luar biasa.

Lukisan

lukisan_pemandangan_alam_gunung_bromo

Berbahan dasar media gambar berupa kertas, kanvas kulit maupun dinding. Peralatan yang dibutuhkan berupa kuas, cat padat dan cair. Perlu skill khusus untuk membuat aliran seni rupa yang langka seperti

  1. Aliran Abstraksionisme
  2. Aliran Dadaisme
  3. Aliran Ekspresionisme
  4. Aliran Fauvisme
  5. Aliran Futurisme
  6. Aliran Gotik
  7. Aliran Impresionisme
  8. Dll

Lukisan lain yang dapat menghasilkan karya 3 dimensi sangat banyak. Termasuk hasil gambar doodle 3 dimensi. Di dalam karya doodle dapat diselipkan karakter maupun karya yang bersifat 3d dari sudut pandang mata melihat.

Kaligrafi

kaligrafi

Seni gambar adalah seni rupa yang dihormati karena media dan hasil seni tersebut berupa ayat suci guna melestarikan Al-Qur’an lewat seni tersebut. Seperti halnya seni lukis media penerapannya menggunakan alat dan bahan menggunakan kuas, pena, cat dan dasaran kanvas, kertas, kulit maupun media lain.

Yak seni kaligrafi. Ada banyak sekali jenis dan cara membuatnya. Karena di setiap tempat memiliki adat menulis arab yang berbeda-beda. Termasuk bangsa Arab asli, Persia dan Pendatang. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai kaligrafi silahkan kunjungi link ini.

Topeng

topeng

Contoh seni rupa 3 dimensi berikutnya adalah topeng. Seni yang digunakan untuk pameran pentas seni maupun dibuat sebagai pajnagna galeri. Cara membuatnya sangat bervariasi, mulai dari bahan dasar plastik dengan cara dicetak oleh pabrikan, sedangkan bahan dasar kayu dibuat dengan teknik ukir dan pahat. dengan proses akhir pemngecatan warna.

Baca artikel terkait seni rupa lainnya cara membuat mozaik lebih indah dari yang lain.

Seni Fotografi

Faroe Islands, Samudra Atlantik Utara

Seni 3 dimensi tak selalu monoton dengan skill kelihaian tangan, namun dengan skill pengetahuan pula. Seperti halnya fotografi, sesorang yang akan menampilkan seni 3 dimensi lewat fotografi harus mampu mengkondisikan dan memanfaatkan momen agar hasil cepretan fotonya berasa all in out.

Dengan skill fotografi dan penepatan momen dapat menjadikan foto yang diciptkan akan sempurna. Dengan bantuan alat modern yang lebih canggih dapat memudahkan Anda untuk menjadi pemeran seni fotografi selanjutnya. Mencobalah!

Digital Painting

Menggambar pada laptop, komputer, handphone atau media layar lain dengan bantuan alat operasional seperti Sketchpad, Tablets, MacPaint, Adobe dan Kid Pix. Kebanyakan pemain digital painting menggunakan aplikasi adobe photoshop dan corel draw.

Karikatur

karikatur spongebob

Karikatur ada dua jenis, karikatur gambar dan karikatur bentuk. Karikatur gambar berupa gambaran pada sebuah media untuk menjelaskan dengan gambar sebuah karakter sesuai sifat, bentuk dan karakteristik makhluk hidup untuk dijabarkan.

Sedangkan karikatur bentuk adalah sebuah gambaran patung berupa makluk hidup untuk menggambarkan sifat, karakter, bentuk dan prosentasi karakter yang dibuat. Dibuat dengan cara dicetak, diukir ataupun dipahat dengan kombinasi warna agar nampak jelas antar sisi berbeda.

Kerajianan dari Keramik

kerajinan keramik modern

  • Pengolahan bahan

Pembuatan bahan keramik dari campuran tanah liat berupa lumpur yang di-mix bersama bahan keramik seperti semen dan bahan dasar lain.

  • Pembentukan

Tahap kedua dibentuk langsung dengan cara : handbuilding (tangan langsung), throwing (teknik putar ), dan casting (teknik cetak).

Untuk dapat membuat bentuk keramik butuh kebiasan agar rapi dan sesuai keinginan. Karena tak sembarang orang dapat mengolah tangannya sedemikian rupa agar terbentuk seni rupa berupa gerabah, guci dan lainnya.

  • Pengeringan

Setelah benda keramik terbentuk, kemudian tahap selanjutnya adalah pengeringan. Air pada lapisan antarpartikel lempung mendifusi ke permukaan hingga menguap sampai terjadi penyusutan air dan mengering.

Air yang terserap ke  permukaan bawah partikel akan tiba-tiba hilang dengan perlahan. Kenapa harus perlahan karena dapat mengurangi resiko keretakan pada keramik yang dibuat.

Untuk menghindari pengeringan yang terlalu cepat, pada tahap awal keramik yang basah perlu dianginkan dengan suhu kamar. Setelah tidak terjadi penyusutan sedikit pada kelembaban keramik, pengeringan dengan sinar matahari atau mesin dapat dilakukan.

  • Pembakaran

Proses selanjutnya yakni pembakaran, untuk mengubah keadaan rapuh menjadi kuat dan keras. Pembakaran dilakukan di atas tungku dengan suhu tinggi dengan tahapan fase. Kisaran suhu 700 – 1000 °C. Pembakaran biskuit dengan suhu tinggi bertujuan agar benda menjadi kuat, keras, kedap air.

  • Pengglasiran

Pengglasiran, penyelupan dan penyemprotan keramik dengan tujuan menjadi lapisan kuat akhir dan seni untuk keramik. Seperti pengecatan untuk keramik dan gambar seni pada keramik.

Setelah diglasir keramik selesai dan siap digunakan atau dijual sesuai karya yang telah dibuat. Semakin indah bentuk dan desaign semakin tingggi pula harga jual keramik.

Lihat Juga Karya Doodle Nama Unik

Contoh Seni Rupa 3 Dimensi Terapan

Mungkin sekilas sama namun berbeda dalam aspek penerapannya. Untuk model seni rupa terapan berikut contoh karya seni rupa 3 dimensi dan cara pembuatannya.

Anyaman

tas anyaman

Tampah

tampah

Batik

batik jarik

Kerjianan dari Kulit

kerajinan-kulit

Poster

poster menjaga bumi

 

Peralatan Rumah Tangga

kerajinan keramik

Pengertian Seni Rupa 3 Dimensi

Seni rupa 3 dimensi adalah seni rupa yang memiliki bentuk, volume, panjang, lebar dan berwujud dapat diraba dan dipandang mata karena estetika keindahannya.

Pembuatan karya seni rupa tiga Dimensi terbagi menjadi dua bagian, berdasarkan fungsi dan tujuan seni rupa  yakni seni rupa murni dan seni rupa terapan. Lalu apa pengertian keduanya ?

  • Seni Rupa Murni
    merupakan karya seni yang dibuat secara bebas dengan mengutamakan keindahan dari pada karya tersebut, sebagai kepuasan pandangan mata dan naluri hati saja. Dan biasanya sering digunakan hanya sebagai hiasan pajangan.
  • Seni Rupa Terapan
    merupakan karya seni yang mengutamakan  karya dari segi fungsi untuk membantu kehidupan manusia, seta tak melupakan akan nilai seni daya tarik seseorang untuk memandangnya. Biasa didapati pada karya seni rupa 3 dimensi.

Teknik Pembuatan Karya Seni Rupa 3 Dimensi

Dalam pembuatan sebuah karya seni masing-masing dimensi memiliki cara dan teknik yang berbeda. Hal tersebut dipakai untuk menyelesaikan karya seni rupa agar lebih elegan dan nampat 3 dimensi.

Teknik Mozaik
Adalah Teknik membuat karya seni dengan cara menempel benda 3 dimensi yang diatur dan ditata dengan sedemikian rupa sehingga menghasilkan lukisan.
Teknik Aplikasi
Adalah Sebuah karya hias dalam seni menjahit dengan cara menempelkan bermacam-macam guntingan-guntingan kain yang berbentuk hiasan seperti binatang, bunga maupun bentuk lainnya pada sebuah kain lain sebagai hiasan.
Teknik Pahat
Adalah Teknik membentuk suatu karya seni dengan membuang sebgian bahan dasar yang tidak dibutuhkan dengan cara dipahat, kikir dan martil. Bahan atau media dasaran yang dipakai berupa bahan keras seperti batu, kayu, gips, dan bahan lainnya.

Teknik Merakit
Adalah Teknik membuat sebuah karya seni dengan cara menyambung beberapa potongan bahan. Yakni cara menggabungkan antar beberapa bahan agar tercipta menjadi karya seni, dapat dilakukan dengan cara dipatri, disekrup, mengelas atau dengan cara lainnya.

Teknik Menganyam
Menyelipkan dua bahan dasar menjadi satu dengan tujuan agar mengerat menjadi suatu benda yang dapat digunakan. Contoh anyaman sisiran bambu yang dibuat tampah, anyaman bahan dasar bambu dibuat kipas dan anyaman kain wooll yang dibentuk tas.

Teknik Cor atau Menuang
Adalah Karya seni yang dihasilkan dengan cara menuang bahan cair yang dituang pada sebuah alat cetakan yang berbentuk. Setelah bahan cair dasar tersebut mengeras, kemudian dikeluarkan dari cetakan bentuk. Bahan berupa cairan yang biasa digunakan sebagain bahan cor yaitu seperti semen, logam, gips atau karet.

Unsur Seni Rupa 3 Dimensi

Terdapat beberapa unsur-unsur yang harus ada pada seni rupa 3 Dimensi:

  1. Mempunyai panjang, lebar, tinggi
  2. Menempati ruang
  3. Dan bisa dilihat dari segala sudut pandang
  4. Secara rincinya seperti unsur seni rupa pada umumnya,
    Seperti titik, garis, bentuk dan lainnya.

Karya seni rupa juga biasa digunakan sebagai barang souvernir atau kado pernikahan. Selain barangnya yang unik. Hasil karya 3 dimensi memiliki nilai lebih daibanding karya yang lain. Karena bisa dilihat, diraba dan nikmati dengan lebih nyata.

Tinggalkan komentar