Mengenal Ciri-Ciri Kelapa Kopyor Buah Abnormal

Ciri-ciri kelapa Kopyor – kelapa Kopyor sebenarnya adalah buah Abnormal. Kelapa biasa, dagingnya menempel pada cangkang dan dipisahkan dari air kelapa. Dalam kelapa kopyor, daging buah tidak melekat pada cangkang tetapi tercamur dengan air kelapa. Sampai kelapa kopyor apabila di guncang, suara yang dihasilkannya sangat khas, tidak seperti kelapa biasa.

Karena daging tidak melekat pada cangkang, selulosa (serat mentah) dari daging kelapa kopyor juga tidak terbentuk. Hingga tekstur kelapa kopyor tetap lembut dan empuk. Oleh karena itu, banyak orang berpikir bahwa kelapa kopyor adalah kelapa muda. Padahal kelapa kopyor sebenarnya dipetik setelah usia tua. Semua jenis kelapa, baik luar maupun dalam, juga bisa menjadi kopyor.

Kopyor Coconut adalah istilah untuk kelapa dengan kelainan genetik (kopyor). Karakteristiknya adalah daging cangkang yang lunak dan longgar. Kopyor Coconut memiliki rasa khas yang enak dan segar. Buah kelapa Kopyor dapat diketahui dengan mengocok buah ke kiri dan ke kanan untuk memberi kesan bahwa buah kelapa tidak diisi dengan air tetapi diisi dengan pasir atau suara. Contoh bunyi “kropyok-kropyok”.

Pelajari juga : Manfaat kelapa kopyor untuk tubuh kita

Ada 2 jenis tanaman kelapa kopyor, yaitu tipe Deep dan tipe Quick. Perbedaan di antara mereka adalah bahwa tipe dalam memiliki batang berbeda yang besar, memiliki mangkuk di pangkal batang, mulai berbunga pada 5 hingga 7 tahun, buahnya cukup besar tetapi juga memiliki jumlah kecil dan memiliki keragaman genetik yang besar.

karena bunga yang diserbuki melewati risiko pertemuan gen resesif pada bunga betina. dan serbuk sari relatif kecil. Secara alami, jenis kelapa kopyor hanya menghasilkan 1 hingga 2 butir buah / tandan. Jenis kelapa ini ditemukan di Kalianda (Lampung Selatan), Ciamis (Bogor), Sumenep dan Jombang (Jawa Timur) serta Pati (Jawa Tengah).

Sejarah Kelapa kopyor

Buah-Kelapa-Kopyor

Kelapa Kopyor (yang oleh sebagian orang di Jawa Tengah disebut garoh) adalah kelainan genetik dari kelapa tersebut. Ciri khas dengan gangguan ini adalah “daging buah” yang empuk atau terpisah dari cangkang, jumlah air kelapa yang kecil dan memiliki aroma khas yang berbeda dari daging kelapa biasa.

Sifat ini adalah hasil dari mutasi spontan di bagian lokal mayang (biasa disebut chimera dalam kimia). Perubahan alam ini dapat terjadi baik setelah pembuahan atau bahkan sebelumnya. Buah kelapa Kopyor dikenali dengan mengocoknya ke kiri dan ke kanan, dan suaranya akan seolah-olah kelapa itu tidak diisi dengan air tetapi dengan pasir.

Buah kopyor sangat populer karena memberikan sensasi menyegarkan ketika disajikan sebagai minuman. Kegunaan lain ada sebagai bahan kue, baik kue kering dan kue basah. Nilai ekonomi juga sangat tinggi. Dibandingkan dengan kelapa biasa, harga kelapa kopyor bisa mencapai empat hingga lima kali lipat. Dengan teknik kultur jaringan, banyak orang dapat membuat kelapa yang dapat menghasilkan 70-90% kelapa kopyor.

Cerita Rakyat

Di beberapa daerah di Jawa, orang tidak makan buah kelapa kopyor karena mereka mengetahui bahwa kelapa tersebut dimakan oleh bulan. Menurut kepercayaan tradisional, ketika gerhana bulan terjadi, bulan turun ke tanah dan memakan kelapa. Sisa kelapa yang dikonsumsi bulan ini menjadi kelapa kopyor. Untuk mencegah bulan memakan lebih banyak, warga selalu memukul kentongan, drum dan benda-benda lain untuk menakuti bulan agar menjauh dari Bumi.

Budidaya kelapa kopyor

Pada prinsipnya, menanam kelapa kopyor cukup sederhana. Adapun menanam pohon kelapa lainnya. Ini melibatkan persiapan bahan tanam yang subur, benih kelapa berkualitas kopyor, baca juga cara membuat bibit kopyor unggulan. Ketersediaan air yang cukup, jarak tanam yang ideal, sinar matahari yang cukup, pemupukan yang cukup, dan tidak ada serangan parasit atau penyakit.

Di Indonesia sendiri, kelapa kopyor sudah mulai dieksploitasi oleh perusahaan. Tidak mengherankan bahwa banyak petani baru-baru ini menanam pohon kelapa Kopyor. Tapi tahukah Anda karakteristik pohon kelapa kopyor? Temukan karakteristik kelapa kelapa Kopyor dibawah.

Perawatan kelapa Kopyor

Setelah penanaman, lakukan perawatan karena hal itu penting. Pemeliharaan dilakukan dengan menambahkan pupuk ke lubang tanam menggunakan kompos atau pupuk kandang. Tujuan dari pupuk ini adalah untuk mendukung pertumbuhan bibit karena akan memberikan nutrisi dan zat pertumbuhan. Selain itu, cobalah untuk mendapatkan benih intensitas cahaya matahari sekitar 50%.

Jagalah agar lingkungan tetap kering dengan penyiraman intensif, tetapi jika pohon itu tumbuh dan daunnya mekar, tidak perlu perawatan intensif.

Hama sering menjadi salah satu hama yang menyerang tanaman kelapa kopyor. Hama ini menyerang dengan menggerogoti pohon yang akan menghasilkan buah, yang sangat mengganggu produktivitas. Pengendalian serangga ini atau hama lain dapat menggunakan insektisida yang cukup.

Ciri-Ciri Kelapa Kopyor Pada Umumnya

ciri dan manfaat kelapa kopyor

  • Berwarna hijau atau kuning kecoklatan
  • Buah kopyor (daging buah pecah tidak menyatu)
  • Pohon pendek
  • Bentuk buah lebih kecil dari kelapa lain
  • Bila digoyangkan terdengar suara kryupyuk (gerak air terbentuk daging kelapa yang hancur)

Perbedaan Kelapa Kopyor dengan Kelapa Biasa

  • Suara Ketukan yang Berbeda

Kelapa kopyor bila dipukul dan digyangkan akan mengeluarkan bunyi. Begitu juga dengan kelapa tua yang diketuk juga akan mengeluarkan bunyi. Namun bunyi yang dihasilkan dari buah kelapa kopyor dan buah kelapa tua sangat berbeda. Bunyi yang dihasilkan kelapa kopyor ketika diketuk dengan irama tertentu menimbulkan bunyi yang lebih lembut dibandingkan kelapa tua biasa yang biasanya lebih keras dan terkesan nyaring.

  • Suara Guncangan Air yang Berbeda

Tips untuk membedakan kelapa kopyor dengan kelapalainnya adalah dengan cara diguncangkan. Ketika kelapa kopyor diguncangkan akan, air di dalam kelapa akan menimbul bunyi yang jelas dan terkesan lembut (orang Jawa bilang “Bindeng”). Sedangkan jika kelapa tua biasa  akan menimbulkan suara air yang keras dan ada bunyi kletukan terbenturnya air ke dinding keras.

  • Daging yang Berbeda Jauh Ketika Dibelah

Jika ingin membedakan kelapa kopyor secara utuh dan jelas antara kelapa kopyor dengan kelapa biasa, anda cukup belah dan lihat struktur dagingnya. Ketika dibelah akan terlihat perbedaan jelas pada dagingnya. Daging kelapa kopyor akan rontok, sedikit lunak hancur dan terlepas dari tempurungnya. Tidak seperti kelapa yang lainnya yang menempel keras di tempurungnya.

  • Perbedaan dari Segi Ekonomis (Harga Jual)

Perbedaan yang terakhir ini tidak diperlu diragukan lagi. Harga kelapa kopyor lebih tinggi dari pada harga kelapa biasa. Harganya buah kopyor bisa mencapai 5-10x lipat harga kelapa biasa.

Nah, cukup mudahkan mencari perbedaan antara kelapa kopyor dengan kelapa biasa. Meski masih banyak lagi perbedaan lainnya yang dapat dijumpai, namun ulasan suingkat tersebut sudah mewakili segala aspek dari kopyor. Semoga ulasan mengenai perbedaan kelapa kopyor dengan kelapa biasa ini dapat memperjelas pengetahuan Anda dan menjawab rasa penasaran Anda tentang kelapa kopyor.

Ciri-Ciri Sesuai Jenis Kelapa Kopyor

Berikut adalah ciri-ciri kelapa Kopyor yang tipe dalam:

  • Pohon kelapa kopyor ini memiliki batang berdiameter besar
  • Pohon kelapa kopyor ini akan mulai berbuah sejak umur 5 tahun
  • Pohon kelapa kopyor ini dapat menghasilkan buah besar, tetapi di setiap koleksi buah, hanya ada 1-2 buah kopyor
  • Buah kelapa Kopyor berwarna hijau, hijau kekuningan dan hijau kecoklatan

Sedangkan untuk ciri ciri kelapa Kopyor yang tipe Genjah:

  • Jenis batang lebih kecil dari kelapa kopyor dan ukuran buahnya lebih kecil tetapi jumlah buah yang dihasilkan banyak
  • Kelapa kopyor yang matang awal ini akan berbuah setelah sekitar tiga tahun
  • Buah kelapa kopyor memiliki beberapa jenis pohon dan beberapa warna seperti hijau, hijau kekuningan, hijau kuning-coklat dan oranye (gading).

***

Sekarang, anda dapat memahami ciri-ciri kelapa Kopyor. Saya harap artikel ini bisa membantu Anda. Selamat belajar memahami dan belajar menanam kelapa kopyor.

Silahkan share dan coment bila memang dibutuhkan oleh banyak orang di sekitar anda. Salam damainesia semoga pembaca sehat selalu.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *