Cara Menjahit Baju & Celana Lama Jadi Outfit Trendy Kekinian

Cara Menjahit Baju & Celana Lama Jadi Outfit Trendy Kekinian

Cara Menjahit Baju Lama Menjadi Trendy – Tren fashion terus berganti setiap tahunnya, bahkan sebulan bisa ada trending baru. Jika anda termasuk orang yang peduli penampilan, sudah pasti lemari anda penuh dengan pakaian yang overload.

Pasti akan membuat malas juga melihat lemari yang penuh dengan tumpukan pakaian lama. Padahal ruang yang ada sebenarnya bisa dimanfaatkan untuk menyimpan pakaian-pakaian baru dan favoritmu.

Bukan hanya menghabiskan tempat di lemari, pakaian lamamu juga seringkali berujung ke tempat sampah atau dijadikan pengganti lap.

Sayang banget kalau diterlantarkan. Ups, sebenarnya ada banyak cara untuk mengubah pakaian lamamu jadi tampak kekinian tanpa perlu jadi ahli yang menguasai cara menjahit baju. Yuk, intip beberapa inspirasi mudah dan praktis ubah pakaian lama jadi tampak baru seperti berikut ini.

1.    Mengubah Panjang Celana Jeans

cara menjahit celana panjang menjadi pendek

Memiliki celana jins panjang yang akan terlihat sangat imut kalau saja tidak terlalu pendek atau sebaliknya, memiliki keliman yang panjang dan longgar? Selain menggunakan cara instan dengan menggulung celana dengan rapi, ada banyak kemungkinan yang bisa dijajal. Seperti mengubah celana panjang menjadi celana pendek atau ditambah variatif lainnya.

Jika memang anda sudah merasa bosan mengenakan celana jenas panjang. Anda bisa mencoba mengubanhnya menjadi celana pendek seperti poto diatas. Selain itu, anda juga bisa memotong celana jins tersebut di atas pergelangan kaki dan membiarkannya berjumbai, memperkenalkan detail baru pada siluet.

2.    Memendekkan keliman pada gaun, rok, atau celana

cara menjahit untuk memendekan keliman

Jika memiliki gaun, rok, atau celana yang panjangnya tidak pas, anda bisameng-upgrade-nya menjadi busana yang baru sesuai dengan tren saat ini. Berikut cara yang bisa anda lakukan.

Minta bantuan seseorang untuk meletakkan jarum pentul di tempat yang diinginkan. Kemudian balikkan ke luar, ukur untuk memastikannya sama dan gunakan setrika panas untuk menekan sepanjang lipatan baru tersebut.

Ini saatnya mengeluarkan kemampuanmu dalam memanfaatkan cara menjahit baju. Gunakan jarum dan benang atau mesin jahit dan ikuti keliman yang baru dibuat. Lakukan dengan hati-hati untuk memberikan tampilan busana yang rapi, layaknya baru dibeli dari pusat perbelanjaan atau butik favoritmu.

3.    Ganti kancing baju atau tambahkan lebih banyak untuk hiasan

menganti kancing baju

Cara termudah untuk memperbaharui pakaian lama adalah dengan mengganti kancing. Datangi toko kerajinan atau toko kain maupun alat jahit yang menjual berbagai benang dan jarum yang digunakan dalam cara menjahit baju sendiri.

Lalu, ganti kancing baju dengan model yang disukai, misalnya modern, vintage, atau bahkan terkesan tradisional. Selain kancing, bisa juga menambahkan berbagai hiasan lainnya, seperti pita, badge, atau bros yang bisa disesuaikan dengan busana itu sendiri, selera, hingga tren yang sedang berjalan.

4.    Cara ubah maxi dress atau rok yang lama tak terpakai

cara menjahit baju maxi gaun

Menambahkan belahan adalah cara sempurna untuk mengubah gaun lama yang menumpuk terlalu lama di lemari pakaian. Gunakan spidol/kapur yang dapat hilang bekasnya ketika dicuci untuk menentukan letak dan panjang belahan tersebut. Tandai sesuai keinginan, lalu gunakan gunting jahit untuk memotong setinggi ukuran anda. Balikkan ke dalam dan lipat kain menjadi sekitar setengah sentimeter, dua kali. Sematkan dan jahit!

Jika rok atau gaun terbuat dari kain jersey atau bahan melar, hemat waktumu dengan melewatkan menjahit. Kuasai penggunaan mesin jahit yang menjadi modal dalam cara menjahit baju di rumah. Gunakan cara ini untuk menjaga hasil jahitanmu tampak rapi.

5.    Mengubah jaket denim Dilan jadi trendi

cara menjahit baju jaket lengan denim

Sempat booming berkat film Dilan, kini jaket yang terbuat daru bahan denim kembali booming kali ini lengkap dengan tambahan yang memberikan kesan personal. Tinggal kuasai sedikit cara menjahit baju dan perlengkapan yang dibutuhkan, mulai dari gunting, jarum, dan benang. Ada banyak trik yang bisa dijajal.

Mulai saja dengan memotong kedua lengan lalu sambung dengan bagian lengan dari atasan lainnya. Bisa berupa t-shirt, kaus lengan panjang hingga memberikan aksen baju rajutan. Jahit dengan rapi dan kuat, dan jaket denim modifikasi pun siap dikenakan saat hangout bareng sahabat atau sedang berbelanja.

Ingin memberikan perubahan lebih banyak pada jaket denimmu? Selain memotong lengan jaket, potong juga bagian depannya tapi sisakan bagian kancing saku, pundak, kerah, dan bagian belakangnya. Ganti bagian depan yang sudah terpotong tersebut dengan kain lainnya yang diambil dari dress bekas yang masih tampak cantik dan elegan.

6.    Kaos biasa jadi super istimewa

cara mengubah kaos menjadi trendy

Kaus favoritmu yang sering dikenakan dalam berbagai acara mulai tampak tak layak pakai. Bukan hanya melar, warnanya pun juga riskan mengalami perubahan. Jangan buru-buru membuangnya, ubah kaus agar tampil lebih istimewa walau tanpa cara menjahit baju layaknya seorang profesiona.

Untuk tampilan shabby chic misalnya, masukkan sepotong renda di sisi kaus. Cukup potong bagian sisinya, jahit renda di sepanjang sisi baju yang bukan hanya memperbaharui penampilannya tapi juga menyiasati kaus yang ukurannya terlalu kecil.

Selain di bagian sisi baju, bisa juga menggunting bagian belakang kaus berbentuk bulatan lalu menambahkan doily yang memberikan kesan feminine dan manis pada busana favoritmu. Ingin mencari cara mengubah baju yang dapat dilakukan dengan mudah dan cepat, coba gunting bagian bawah kaus dalam bentuk kecil-kecil dan memanjang. Selain bisa dibiarkan menjuntai, bisa juga membuat simpul yang bikin tampilan kaus kental dengan nuansa hippie.

7.    Mengubah baju atau gaun menjadi rok rumahan

cara mengubah baju menjadi rok

Kadang-kadang gaun kehilangan daya tariknya karena sudah memakaianya berulang kali, ketinggalan zaman, atau sekadar tidak lagi cocok untukmu.

Cukup mudah kok untuk memperbaikinya yaitu menggunakan cara menjahit baju dengan tangan ataupun tanpa mesin dan mengubahnya menjadi rok yang cepat dan sederhana. Cukup potong sesuai dengan panjang yang diinginkan, jangan lupa tambahkan karet elastis di bagian pinggang, ritsleting, atau kancing untuk menjaga rok tidak melorot.

Karena dengan bahan tipis, anda tak perlu menggunakan mesin jahit namun bila memang dirasa kurang puas. Silahkan gunakan juga mesin jahit. Sebenarnya dengan tangan tanpa mesin jahit sudah cukup kuat ikatan benangnya.

8.    Potong dan jahit pakaianmu

cara menjahit baju jekt dan celana

Atasan yan terlalu panjang bisa jadi memberikan kesan menenggelamkan tubuh, apalagi yang ukuran tubuhnya cukup mungil atau pendek. Cara termudah untuk menonjolkan pinggang tanpa bantuan ikat pinggang adalah dengan mengikatkan ujung baju tepat di tengah. Ini memberikan hasil akhir yang lebih kreatif daripada hanya menyelipkan baju dan menambahkan sentuhan yang menyenangkan.

Untungnya, hampir semua atasan bisa digunakan untuk memberikan tampilan yang lebih modern. Mulai dari mengubah sweater longgar yang dipotong pendek di atas pinggang untuk memberikan kesan tubuh lebih jenjang dan langsing. Selain itu, kaus atau blus yang lebih tebal pun bisa diubah jadi crop top yang fun dan menyenangkan saat dikenakan di akhir pekan.

9.    Ubah baju dan gaun malam

cara mengubah jahitan baju

Memiliki gaun malam yang disukai dan dipakai terus-menerus hingga terlihat using, atau bisa juga terkena noda yang sulit dihilangkan, hingga panjang gaun yang membuatmu merasa kurang nyaman. Nah, potong bagian roknya dan ubah menjadi atasan yang mewah.

Ikuti cara menjahit pola baju dress sederhana yang dipermak berikut ini. Pertama, potong rok di midhip dan buang lapisan apa pun untuk membuat bagian atas sedikit lebih ringan. Ini juga tip yang bagus untuk diingat ketika menemukan gaun malam yang luar biasa, kamu Anda selalu dapat mengubahnya menjadi blus  yang tampak menyenangkan.

Sebaliknya berlaku untuk gaun malam itu, bisa juga mengubahnya menjadi rok baru. Gaun formal seringkali terlalu berlebihan untuk dipakai lagi. Ubah gaunmu menjadi rok sepanjang lantai untuk malam, atau lebih pendek dari lutut untuk siang hari.

Ada begitu banyak cara untuk memperbarui lemari pakaian tanpa harus membeli pakaian. Tapi ingat, anda harus  tahu dahulu cara menjahit baju praktis yang baik dan berpengalaman agar hasil dari desainmu berhasil dan memuaskan untuk dipakai kembali.

Teknik Dasar Menjahit

Satu pemikiran pada “Cara Menjahit Baju & Celana Lama Jadi Outfit Trendy Kekinian”

  1. Terimakasih, artikelnya sangat bermanfaat sekali. Jangan lupa untuk mengunjungi website kami di tokoseragamdrumband,com

Tinggalkan komentar