Cara Mengatasi Rambut Kering Pria & Wanita

Salah satu masalah rambut yang sering menghinggapi para kaum pemuda pria dan wanita adalah rambut kering dan kusam. Ciri dari rambut kering dan kusam yaitu kasar bila disentuh, terasa kaku, mudah rontok, dan cepat tumbuh bercabang. Untuk mengatasinya, anda perlu melakukan perawatan khusus untuk rambut Anda.

Supaya rambut anda tampak hitam sehat dan berkilau. Untuk mengurangi kadar kering dan kusam pada rambut, Anda bisa memperhatikan dan mempraktekan tips perawatan rambut berikut ini yang mudah sekali untuk dilakukan secara rutin, bahkan di rumah sekalipun. Berikut ulasan singkat tapi mudah dimengerti mengenai cara mengatasi rambut kering dan bercabang.

Penyebab Rambut Kering & Kusam

Efek Menggunakan Masker Rambut

Rambut kering pada awalnya muncul karena produksi minyak yang tidak stabil hingga membuat kondisi rambut lembap. Kemudian lapisan luar rambut mengelupas dan terlihat kering nan kusam. Pastinya ada beberapa faktor luar yang membuat rambut cepat kering? Untuk menjawab kegelisahan anda saat ini, mari kita ulas 5 faktor penyebab rambut kering dahulu sebelum cara mengatasinya.

1. Faktor lingkungan

Polusi dan kotoran merupakan penyebab rambut kering yang pertama. Jadi lingkungan dan cuaca harian membuat rambut anda mudah kotor, kering dan kusam. Sinar matahari dan cuaca ekstrim menambah resiko rambut rusak parah. Apalagi di Indonesia yang memiliki iklim tropis, ketika musim kemarau pastinya panas mengahmpiri setiap kujur tubuh termasuk rambut.

2. Cara keramas yang salah 

Loh kok keramas bisa salah? Iya mungkin sebagian orang menganggap keramas hanya bersampho untuk rambut saja. Bebas mau gerakan bagaimana dan dengan jarak waktu yang tak tentu.

Eits, padahal keramas ada aturan mainnya. Pertama, keramas secara berlebih dapat menghilangkan minyak rambut, sehingga kelembaban alaminya hilang secara sia-sia. Kedua, menggunakan sampho yang tidak sesuai dengan jenis rambutnya juga membuat kerusakan pada rambut terutama kering dan mudah rontok. Ketiga, ketika berkeramas tidak digosokan pada rambut tetapi dipijatkan ke rambut dan kulit kepala.

3. Alat rias penghantar panas 

Alat kecantikan juga dapat membuat rambut anda kering. Terlebih hair dryer dan catokan. Penggunaan dua alat perawatan rambut itu justru dapat merusak struktur rambut anda. Meski akan membuat rapi di waktu itu, namun akan mengecewakan di hari mendatang.

Karena, panas yang dikeluarkan pengering rambut dan catokan rambut tak dapat menstabilkan kelembaban pada kulit kepala sehingga lebih aman bisa konvensional untuk berias rambut. Tapi tak salah juga bila pemakaian alat rias modern dalam jangka waktu selisih lama (sepekan sekali – tidak setiap hari).

4. Penggunaan pewarna rambut

Penyebab rambut kering selanjutnya yang sering diabaikan oleh banyak orang adalah seringnya mewarnai rambut. Pewarna rambut dibuat dari bahan kimia dapat menyerap minyak alami rambut sehingga membuat rambut menjadi kering.

Disisi lain, pewarna rambut juga menjadi faktor timbulnya penyakit yang awalnya memberi dampak ringan  seperti alergi, rambut rontok, iritasi mata, peradangan hingga berujung kanker, kelainan pada janin serta gangguan hormonal. Menurut penelitian dokter Devina dalam berita banjarmasin, tribunnews com.

5. Kurang asupan air putih dan nutrisi

Pentingnya konsumsi air putih 2 liter sehari bukan hanya untuk kesehatan dalam tubuh saja. Tapi juga buat rambut.  Minum air putih yang cukup sesuai takaran dapat menormalkan perkembangan sel-sel di rambut dan kuku. Terutama untuk mengatur kadar lembap pada rambut supaya terhindar dari kering dan rapuh.

Selain itu, terpenuhinya nutrisi rambut juga sangat kompleks untuk menunjang kesehatan rmabut pria dan wanita. Apalagi bila Anda sedang diet yang mengurangi sebagian besar porsi makan dan nutrisi tidak hanya mempengaruhi kondisi tubuh, tetapi juga kondisi kesehatan rambut Anda.

Jadi beri asupan terbaik untuk kesehatan tubuh anda agar terhindar dari segala kekurangan yang membuat kecantikan mu berkurang termasuk indah dan menawannya rambut anda.

Baca Juga : Cara Merawat Rambut Pria Simple Aman dan Sehat Berkilau

Cara Mengatasi Rambut Kering

cara mengatasi rambut kering

1. Pilih bahan perawatan rambut yang tepat, hindari produk mengandung alcohol

Cara mengatasi rambut kering yang pertama Anda perlukan adalah memperhatikan bahan yang ada pada produk rambut yang akan Anda gunakan. Upayakan untuk Anda gunakan produk perawatan rambut yang terhindar dari alcohol karena alcohol dapat menjadikan rambut semakin kering.

Gunakan produk yang mengandung bahan – bahan perawatan rambut kering alami seperti minyak kelapa, minyak argan, shea butter, minyak zaitun dan kandungan bahan lain yang memang memiliki suatu kemampuan dalam memberikan perlindungan atas kelembaban rambut. Juga memberikan nutrisi terbaik pada rambut.

2. Hindari bahan yang dapat memicu rambut semakin kering

Tips selanjutnya yang Anda harus lakukan adalah hindari bahan yang mengandung silicon untuk perawatan rambut. Bahan ini memang merupakan kandungan bahan yang dapat membuat rambut lebih berkilau.

Akan tetapi tanpa kita sadari, silicon dapat merusak folikel rambut sehingga pada akhirnya nutrisi yang dibutuhkan rambut tidak sampai di bagian terdalam rambut. Akibatnya rambut kering dan rusak akan didapatkan.

Selain itu, produk rambut yang mengandung sulfat juga dapat menjadikan rambut cenderung lebih kering. Hal ini karena produk tersebut dapat menghilangkan minyak alami pada rambut serta kulit kepala Anda.

Baca Juga : 1001 Model Rambut Keren 2019

3. Menggunakan minyak zaitun untuk merawat rambut kering

Minyak zaitun memang minyak yang sangat ajaib. Tidak hanya dapat menghaluskan dan melembutkan kulit, minyak zaitun juga dapat mengatasi masalah rambut kering. Minyak zaitun didalamnya mengandung vitamin E dan kandungan antioksidan yang besar. Baca juga macam vitamin rambut kering dan rontok rekomendasi untuk anda.

Kandungan tersebut dapat menutrisi rambut dengan cara menyelimuti kutikula rambut. Cara menggunakan minyak zaitun untuk merawat rambut kering yaitu dengan Anda masukkan ke dalam cangkir atau mangkuk.

Setelah itu Anda hangatkan minyak zaitun didalam microwave selama beberapa detik. Pada waktu hangat tersebut, oleskan minyak zaitun ke kulit kepala dan juga batang rambut Anda secara menyeluruh. Lakukan pemijatan secara lembut dan diamkan beberapa menit.

4. Hindari mencuci rambut terlalu sering

Cara selanjutnya mengatasi rambut kering yaitu dengan Anda mencucinya tidak setiap hari. Mencuci rambut terlalu sering justru dapat menyebabkan kondisi hilangnya minyak alami pada rambut beserta kulit kepala.

Hal ini tentu justru dapat menjadikan rambut semakin kering dan rapuh. Baiknya Anda cuci rambut setiap 2 – 3 hari sekali untuk membantu mempertahankan minyak alami di rambut Anda.

5. Manfaatkan masker rambut

Penggunaan masker untuk merawat rambut kering juga dapat menjadi salah satu cara perawatan untuk meyehatkan secara terbaik. Penggunaan masker rambut memberikan tujuan untuk membantu melembutkan rambut kasar serta menambah kelembabannya.

Cara menggunakan masker rambut yaitu dengan Anda oleskan masker ke rambut Anda secara menyeluruh setelah keramas. Kemudian ratakan masker ke seluruh rambut Anda dan biarkan selama kurang lebih 20 atau 30 menit sebelum Anda bilas.

Anda bisa menggunakan masker yang Anda beli di toko atau supermarket. Selain itu membuat sendiri masker rambut dari berbagai bahan alami yang ada di pasaran juga dianjurkan.

6. Manfaatkan shampoo dan conditioner secara tepat

Perawatan rambut kering tentu sangat bergantung pada penggunaan shampoo dan juga conditionernya. Bersihkan seluruh rambut dan kulit kepala Anda secara menyeluruh. Untuk pemakaian conditioner ada baiknya Anda gunakan hanya di bagian ujung rambut.

Hindari menggunakan conditioner di bagian pangkal rambut. Hal ini karena conditioner yang digunakan di bagian pangkal rambut dapat menjadikan akar rambut menjadi berminyak.

7. Perbanyak minum air putih

Faktor lain yang membuat seseorang memiliki rambut kering adalah kurangnya cairan suplemen tubuh berupa ion. Air putih bisa menjadi solusi asupan pertama dalam menangani kekurangan cairan pada tubuh.

Termasuk rambut, manfaat air bagi perkembangan dan kesehatan tubuh sangat dominan. Rambutpun juga demikian perlu air putih sebagai pelancar dan penyuplai nutrisi yang akan masuk ke dalamnya.

Maka dari itu perlu rutinitas yang baik dalam meminum air putih dalam sehari penuh, apalagi saat sebelum tidur dan sesudah tidur. Karena dehidrasi tinggi terjadi ketika tidur dan cuaca panas.

***

Demikian cara mengatasi rambut kering yang tepat untuk Anda lakukan. Terapkan secara rutin untuk mendapatkan manfaat sehatnya pada rambut Anda.

Artikel terkait :

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *