Cara Menanam Kelapa Kopyor Agar Cepat Berbuah

Cara Menanam Kelapa Kopyor Agar Cepat Berbuah

Cara Menanam Kelapa Kopyor – Kelapa kopyor merupakan jenis kelapa yang pertumbuhan buahnya tidak normal. Dari anomali (tidak normal) ini, kelapa ini justru menghasilkan tekstur lembut dan membuat semua orang tertarik.

Kelapa kopyor dapat diperbanyak secara generatif atau vegetatif, seperti kelapa normal. Secara umum, kelapa kopyor (alami) dapat diperoleh dengan menanam kembali kelapa normal yang digunakan sebagai benih kelapa yang menjadi kelapa kopyor. Metode ini adalah yang umum digunakan oleh banyak petani hingga saat ini.

Padahal, metode ini mengandung kerugian besar, yaitu Produksi kelapa pada pohon tunggal tidak semuanya menjadi kopyor. Nah, maka dari itu meski banyak file pdf panduan tanam yang sudah tersebar luas, berikut tips rahasia menanam pohon kelapa kopyor agar cepat bebruah & panen berlimpah ala petani Pati.

Alasan Budidaya Pohon Kelapa Kopyor

Kualitas kelapa (biau dan kopyor) yang diperoleh umumnya tidak baik karena tidak alami, karena faktor pemuliaan alami sangat tergantung pada sifat (angin perantara atau serangga) dan jenis benih. kelapa (serbuk sari) tidak diketahui. Dari jenis kelapa hibrida, kelapa kopyor juga dapat diperoleh dengan metode penanaman vegetatif (buatan). Maka agak sulit untuk budidaya-nya.

Nah, apa sih yang membuat banyak orang tertarik untuk budidaya bibit kelapa kopyor ini.

  1. Pasar sangat luas, banyak perindustrian yang ekurangan supali buah kelapa kopyor untuk diproduksi menjadi olahan.
  2. Investasi tabungan masa depan sang pemilik dalam jangka panjang.
  3. Kelapa yang banyak manfaatnya (serba guna).
  4. Salah satu buah kelapa yang harga jualnya stabil.
  5. Cara perawatan dan budidaya mudah.
  6. Estimasi modal untuk memulai budidaya juga cukup ringan bagi pemula.
  7. Mengisi lahan yang kosong di area rumah.
  8. Bisa dibuat menjadi taman atau wisata kebun kelapa kopyor.
  9. Bila ditanam di depan rumah akan menambah estetika dan harga sebuah bangunan rumah.

Tahap Awal Menanam Kelapa Kopyor

buah kelapa kopyor

Kelapa hibrida adalah jenis kelapa yang dengan cepat mendapatkan popularitas di masyarakat karena produksi buahnya yang tinggi, bahkan ketika mulai menghasilkan buah lebih cepat daripada jenis kelapa biasa.

Kelapa hibrida diperoleh dengan menyilangkan dua jenis tanaman kelapa, yang bervariasi dalam karakter: kelapa hibrida umumnya merupakan hasil perkawinan halus antara jenis kelapa dalam (lebih tinggi) dan kelapa geriah (lebih tinggi) karena jika disilangkan, itu bukan jenis kelapa yang unggul. dapat diharapkan menghasilkan karakteristik kelapa hibrida yang tidak lebih baik daripada kelapa induk (ibu) dan kelapa ayahnya.

Tercipta dari persilangan kopyor dengan kelapa lain

Sedangkan tujuan dari manufaktur hibrida adalah untuk menggabungkan kualitas induk yang baik, untuk memunculkan karakteristik baru yang lebih baik dan untuk menambah prospek variasi dan variasi tanaman. Itulah hasil analisa para ahli agrotani dari berbagai tempat.

Cara penyilangan untuk membuat kelapa kopyor

Di bawah ini adalah penjelasan singkat tentang produksi generatif kelapa hibrida padatahapan menanam bibit kelapa, sebagai berikut:

Seleksi Kelapa Dalam untuk Varietas kelapa dalam hibrida dipilih dari varietas yang lebih tinggi dengan karakteristik pohon berusia 20 hingga 40 tahun jika hibrida yang mengandung kopyor diinginkan. Kemudian varietas kelapa unggul juga mengandung buah kopyor dalam tanda pohon, pertumbuhan batang sehat dan lurus, produksi asil buah yang kuat cukup tinggi.

Pemilihan kelapa awal untuk induk (ibu) Hibrida yang matang lebih awal dipilih dari varietas yang lebih tinggi dengan karakteristik usia pohon 15 hingga 30 tahun jika hibrida dingin akan mengandung kopyor, maka Cocoa yang lebih matang juga mengandung kopyor dalam satu pohon. Batang pertumbuhan yang sehat dan lurus cukup kuat untuk menghasilkan buah.

Persiapan kain selurung untuk menutupi buket bunga kelapa semprotan dengan pipa plastik di ujung mulut berfungsi sebagai tempat serbuk sari untuk bunga jantan. Pemotong bunga jantan dari kelapa utama.

Penyerbukan

Metode penyerbukan atau penyilangan buatan pertama kali yang harus dicari oleh bunga yang mulai berbunga, pada induk kelapa pada usia dini. Bunga jantan dipotong 3 cm di atas bunga betina, menggunakan pisau tajam, sehingga bunga jantan benar-benar bersih.

Kemudian, bunga betina dibungkus dalam jaringan bunga kelapa bagian dalam yang dipilih, dipotong dengan batang bunga yang hampir pecah, kemudian ditempatkan di bunga jantan dalam plastik kering ini, cukup ambil serbuk sari dan keluarkan serbuk sari kering diperoleh. dicampur dengan tepung steril dengan perbandingan 1 sampai 20 (bagian dari serbuk sari dan 20 bagian dari tepung steril), sari buah apel dapat disimpan dalam lemari es dengan umur sekitar hingga 4 bulan. Pollen ditempatkan dalam botol plastik.

Bunga betina yang akan diserbuki, lebih disukai bunga betina yang mulai masak dan yang ditandai oleh adanya lendir di putik, semprotkan bubuk pada bunga betina.

Cara Menanam Kelapa Kopyor Genjah Pati Coconut

manfaat kelapa kopyor

Untuk membantu anda menanam, artikel ini menyediakan prosedur penanaman mulai dari persiapan tanah, pemilihan pupuk, dan perawatan pasca tanam. Untuk lebih jelasnya, saya akan membahas masing-masing poin satu per satu.

Pemilihan bibit

Dalam memilih bibit, anda harus benar-benar memastikan kalau petani atau penjual bibit tersebut berpengalaman dan sudah ada jam terbang dalam penanaman, pembibitan kopyor dan semua ilmu mengenai kelapa kopyor lainnya.

Maka dari itu anda cukup cari dan ketahui mendalam semua tentang kelapa kopyor dan teknik membibitnya agar tak salah memilih. Pastikan pula bahwa bibit tersebut kelapa kopyor asli bukan yang lain. Untuk mengetahui ciri-ciri bibit kelapa kopyor silahkan pelajari link ini https://damainesia.com/jual-bibit-kelapa-kopyor/.

Selanjutnya, bila memang anda belum memiliki chanel petani dan produsen bibit tanaman silahkan kunjungi juga petani bibit segala tanaman di link ini.

Lansekap

Persiapan tanah sangat penting karena tanah adalah tempat tinggal pohon-pohon yang akan kita tanam nanti. Hampir semua jenis lahan dapat digunakan sebagai lahan untuk menanam, tetapi sebisa mungkin hindari tanah dengan tanah kapur yang keras. Mengenai masalah ketinggian tanah, kelapa Kopyor standar dapat tumbuh dan berbuah hingga lava pada ketinggian 400 m dengan minimum 75% dibawah sinar matahari. Persiapan tanah ini dimaksudkan untuk meningkatkan produktivitas kelapa Kopyor nanti.

Untuk penanaman, gali lubang sedalam 50 cm dan lebar 40 cm. Masukkan pupuk yang telah terfragmentasi sekitar 10 cm ke dalam lubang. Kemudian tutup dengan 10 cm tanah yang sudah digali. Tempatkan benih siap ditanam di tanah dan susun sampai 3/4 lambung tertutup tanah (selalu ada 1/4 kulit terlihat). Jika 2-3 bulan, tutup lubang yang tersisa sehingga rata dengan tanah dan lambung tidak lagi terlihat.

Pemilihan pupuk

Pilihan pupuk sendiri dibagi menjadi dua bagian, yaitu pupuk awal dan pupuk lanjutan. Seperti juga ditunjukkan selama persiapan tanah, pemilihan awal pupuk dilakukan selama penanaman benih. Pupuk awal yang saya rekomendasikan adalah pupuk kandang yang sudah terfragmentasi atau kompos. Sementara pupuk lanjutan dapat menggunakan pupuk NPK ketika pohon berumur 1 tahun, dengan penggunaan 3 sendok makan pupuk NPK, setiap pohon memiliki jarak pemupukan 30 cm dari pusat pohon.

Perawatan pasca tanam

Untuk perawatan pohon setelah penanaman di tanah, tidak diperlukan perawatan khusus. Hanya ketika musim kemarau, ketika pohon masih kecil dan karakteristik daun belum mekar seperti kelapa biasa, kadar air harus dikontrol dengan menyiram sekali sehari.

Jika musim hujan dihindari, hindari terlalu berlumpur atau tenggelam di dalam air. Jika pohonnya besar, tidak masalah kedua masalah ini. Selain itu, terkadang ada jenis ulat yang menyerang daun ketika pohon masih kecil. Solusinya mungkin dengan menyemprot daun dengan pestisida tanaman.

***

Jadi, itulah metode penanaman yang baik dan cara budidaya singkat tanaman kelapa kopyor genjah pati, semoga, membantu anda. Ketika anda mulai menanam. Penanaman yang baik sangat mempengaruhi hasil yang akan dihasilkan nantinya.

Baca juga mengenai kelapa kopyor kuljar (kultur jaringan) agar wawasan anda lebih luas mengenai bercocok tanam pohon kelapa yang sangat variatif.

Tinggalkan komentar