Cara Menanam Durian Musang King Agar Cepat Berbuah

Sebelum anda benar-benar tahu cara menanam durian musang king, sebaiknya anda ketahui dahulu ciri-ciri dan spesifikasi dari jenis durian mewah ini.

Mengapa wah & mewah karena memang harga durian musang king sangat tinggi dan membuat banyak orang ingin membudidayakannya. Termasuk anda bukan?

Nah, untuk dapat mendapatkan hasil yang maksimal dalam investasi bercocok tanam durian musangking. Simak tips rahasia cara menanam pohon durian agar cepat tumbuh besar, berbuah dan panen besar.

Cara Menanam Bibit Durian MusangKing

Lakukan persiapan lahan lebih dulu

persiapan lahan

Cara menanam durian jenis durian musang king yang pertama adalah Anda harus siapkan dulu lahannya. Setelah lahan Anda persiapkan, kemudian langkah-langkah yang Anda perlu lakukan meliputi :

  • Pastikan lahan Anda bersih dari gulma, tanaman pengganggu lain dan dari semak belukar.
  • Pastikan bahwa lahan yang menjadi tempat Anda budidaya durian musang king merupakan lahan tanam yang secara langsung mendapat siraman matahari.
  • Lubang tanamnya harus Anda buat dengan ukuran panjang 100 cm bersama lebar 80 cm. Biarkan terkena dan terjemur sinar matahari sebelum nantinya Anda mulai tanam bibit kurang lebih selama 3 hari.
  • Dalam cara menanam durian musang king ini, penjemuran lubang yang dilakukan bertujuan dalam rangka mematikan atau membunuh bakteri serta virus yang berpotensi mengotori lahan tanam.

Melakukan persiapan bibit

semai bibit biji durian

Sebelum berlanjut ke pembahasan ini. Sebaiknya baca dahulu artikel terkait ini cara membuat bibit durian dari biji agar cepat tumbuh. Agar bisa lebih memahami proses pembibitan durian musang king.

Cara menanam pohon durian jenis musang king sama halnya dengan cara menanam durian montong. Agar durian cepat berbuah, langkah melakukan persiapan bibit yang Anda perlu lakukan sebagai berikut :

  • Setelah Anda memilih bibit dari jenis musang king, Anda bisa langsung melakukan proses penanamannya.
  • Cara menanam durian jenis musang king tidak sulit, Anda hanya perlu memindahkan bibitnya ke dalam lubang tanam saja.
  • Pastikan bahwa Anda tidak merusak bagian batang atau daerah akar musang king ketika sedang melakukan proses pemindahan tempat dari bibit durian yang bersangkutan.
  • Buka kemudian polybag yang biasanya menjadi wadah atau tempat penanaman bibit ketika Anda membelinya dari petani durian dengan lebih cermat dan hati – hati.
  • Masukkan tanah serta bibit ke dalam lubang tanam dan timbun kembali setinggi tanah pada polybag yang sebelumnya.
  • Anda perlu lakukan proses pemupukan di sekitar lubang tanam dan juga lakukan teknik siram secara teratur. Hal ini sangat penting agar durian bisa tumbuh dan berkembang secara lebih maksimal.
  • Supaya Anda bisa mendapatkan hasil terbaik, jangan lupa Anda selalu berikan pupuk secara rutin.
  • Bersihkan juga daerah tanam dari berbagai macam rumput dan juga berbagai jenis hama pengganggu.

Perawatan & pemupukan durian musang king

cara membuat bibit durian cepat berbuah panen unggulan

Hal yang juga penting dilakukan adalah perawatan harian pohon durian musang king setelah ditanam. Langkah-langkah yang Anda bisa lakukan sebagai berikut :

  • Pupuk secara rutin dan teratur pohon durian dengan berbagai jenis pupuk kompos atau NPK. Takarannya sebanyak 1 sendok teh yang Anda bisa larutkan ke dalam 10 liter air untuk kemudian Anda gunakan kepada 10 bibit.
  • Anda bisa lakukan penyemprotan dengan memanfaatkan semprotan pupuk gandasil D yang bisa Anda lakukan sebanyak sekali per minggu atau setiap 10 hari sekali.
  • Lakukan kemudian teknik pemupukan dengan memanfaatkan pupuk kandang kering yang menyerupai pupuk fermentasi dan juga menyerupai tanah subur.
  • Anda bisa lakukan setelah bibit durian musang king akan ditaburkan pada area sekitar bibit sebanyak kurang lebih satu gayung. Jangan sampai terlalu banyak karena akan menghambat pertumbuhannya.
  • Lakukan penyemprotan dengan Anda manfaatkan pestisida dengan merek fastak atau diazinon. Fungsi bahan ini bahkan bisa membuat buah terbentuk dengan jauh lebih cepat sehingga durian musang king Anda akan lebih cepat berbuah.

Untuk lebih jelasnya silahkan lihat video ini.

Itulah bagaimana cara menanam durian jenis musang king agar cepat berbuah yang penting Anda tahu dan pahami. Semoga informasi diatas menjadi informasi yang bermanfaat.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *