Cara Memupuk Pohon Durian yang Baik dan Benar

Cara Memupuk Pohon Durian

pemberian pupuk pada pohon durian

Perhatikan waktu pemberian pupuk

Cara memupuk pohon durian yang pertama perlu Anda perhatikan adalah kapan waktu pemberian pupuk tersebut dilakukan. Cara pemupukan pohon durian baiknya dilakukan dengan prinsip berikut ini :

Ketika sebelum menanam (pupuk dasar)

Sebelum Anda menanam pohon durian, ada baiknya tanah yang nantinya akan Anda tanami Anda beri pupuk lebih dulu. Tujuan dilakukan hal ini adalah untuk mencukupi kebutuhan unsur hara tanah sehingga akan sesuai dengan kebutuhan tanaman.

Satu hal yang Anda harus ingat bahwa tanah yang memiliki defisiensi unsur hara menyebabkan buah tumbuh tidak dalam kondisi sempurna dan menjadikan kualitas buah akan mengalami banyak masalah. Kini pupuk yang diberikan tentu harus pupuk organic ketika pertama kali pohon durian ditanam.

Pemupukan durian saat tanaman belum berbuah atau masih berbunga

Pemupukan durian saat berbunga adalah satu cara memberi pupuk durian agar cepat berbuah. Anda juga bisa berikan ketika tanaman belum berbuah sebanyak dua kali dalam satu tahun. Pupuk nantinya diberikan pertama kali di waktu tanaman masih berumur sekitar tiga bulan.

Pupuk yang diberikan terdiri atas dua macam yaitu bisa menggunakan pupuk organic atau pupuk kompos atau pupuk kandang dan pupuk NPK. Pemupukan yang dilakukan dengan menggunakan pupuk organic paling baik jika dilakukan di waktu musim kemarau.

Sementara pemberian pupuk NPK dilakukan secara rutin. Anda bisa ulangi setiap empat bulan sekali sampai dengan tanaman durian Anda berumur tiga tahun.

Pemupukan Durian Saat Berumur

pemupukan pohon durian

Cara memupuk pohon durian yang selanjutnya adalah dilakukan ketika tanaman durian sudah berbuah. Tujuannya adalah untuk membantu merangsang pembuahan, meningkatkan kualitas buah dan juga memperbaiki kondisi tanaman setelah berbuah.

Ketahui dosis pemberian pupuk yang tepat

Tentu saja pemberian pupuk tidak boleh dilakukan semaunya atau secara asal. Pemberian pupuk memiliki dosis sendiri – sendiri. Untuk dosis pupuk dasar dilakukan ketika durian baru saja ditanam dengan jenis pupuk kompos, pupuk kandang, bokhasi atau pupuk hijau sebanyak 30 – 40 kg per pohon.

Kemudian dosis pupuk pada pertumbuhan generatif juga perlu diperhatikan. Untuk tanaman berusia 1 tahun dosisnya sebesar 40 – 80 gram per tahun. Untuk tanaman berusia 2 tahun, dosisnya sebesar 150 – 300 gram per tahun. Sementara untuk tanaman berusia 3 – 4 tahun, dosisnya sebesar 400 – 600 gram per tahun.

Selain itu, ketika pohon durian berbuah dosisnya juga penting Anda perhatikan. Anda perlu berikan pupuk dengan dosis yang tepat setelah pemangkasan, ketika pucuk mulai menua, dua bulan setelah pemupukan kedua, ketika muncul bunga dan satu bulan sebelum masa panen.

Cara mengaplikasikan pupuk pada durian

Cara mengaplikasikan pupuk pada durian biasanya dilakukan orangdengan membuat galian pada sekeliling tajuk tanaman. Akan tetapi Anda harus tahu bahwa cara memupuk pohon durian yang seperti ini dapat merusak atau memutus perakaran tanaman durian yang sudah berkembang.

Cara yang paling tepat adalah dengan Anda taburkan pupuk di bagian bawah tajuk dimulai dari bagian tepi kemudian semakin ke dalam buat semakin tipis. Setelah Anda beri pupuk, kemudian pupuk bisa ditutup dengan pemberian kompos. Dapat juga dengan Anda gemburkan bidang olah menggunakan garpu agar tidak merusak akar tanaman yang menyebar dan sudah berkembang.

Rumus Tabel Pemupukan

tabel pemupukan pohon durian

Itulah bagaimana cara memupuk pohon durian yang penting Anda tahu dan perhatikan. Terapkan cara diatas dan rawat pohon durian Anda semaksimal mungkin.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *