Cara Membuat Plastisin Cepat Mudah & Aman Untuk Anak

Cara Membuat Plastisin – Kegiatan bermain selama ini hanya dianggap sebagai cara anak untuk bersenang-senang, padahal di dalamnya juga melibatkan proses belajar.

Dari sekian banyak mainan yang disukai anak-anak, playdough atau plastisin sering ditemukan, baik di sekolah maupun di rumah.

Tekstur yang lembut dan licin serta mudah dimainkan menjadi berbagai macam bentuk membuatnya sangat menarik di mata anak-anak. Apalagi ditambah aneka warna yang membuat si kecil selalu bersemangat memainkannya.

Cara membuat plastisin yang sederhana namun bisa tahan lama perlu tahapan khusus dalam pembuatannya. Begitu juga jika lebih memilih untuk membelinya, kini plastisin banyak dijual di pasaran dengan harga yang cukup terjangkau. Selain mudah didapatkan dan dimainkan, plastisin bisa jadi media yang tepat bagi anak untuk belajar banyak hal.

Cara Membuat Plastisin yang Mudah dan Aman

mainan plastisin malam pet

Selain berkreasi dengan menggunakan plastisin, kita juga bisa mengajak anak-anak untuk membuat sendiri adonannya. Cara membuat plastisin di rumah ini cukup sederhana karena memanfaatkan bahan-bahan yang ada, seperti sabun & tepung kanji di rumah akan cukup aman jika untuk bermain si kecil, terutama oleh anak-anak yang usianya masih sangat kecil.

  • Pertama, siapkan bahan-bahannya seperti tepung terigu, air putih matang, minyak goreng, garam, dan pewarna makanan secukupnya. Mulai cara membuat plastisin dengan mengaduk semua bahan kering hingga rata lalu tambahkan air dan minyak secar perlahan.
  • Kedua, masak di atas kompor dan aduk terus hingga mendekati tekstur bubur kental. Tambahkan pewarna makanan lalu aduk rata. Tunggu hingga angat dan kalis, plastisin pun bisa dijadikan teman bermain dan belajar di rumah.

Ada juga resep lainnya yang hasilnya cukup bagus, bahkan bisa tahan hingga enam bulan lamanya. Pertama siapkan baskom yang agak besar lalu campurkan tepung terigu, garam, baking powder, dan minyak sayur ke dalamnya. Siapkan air mendidih dan jika ingin bisa menambahkan pewarna makanan dan tuang ke adonan tepung sedikit demi sedikit hingga terus diaduk. Jika ingin tampilan plastisin yang mengkilap, bisa juga menambahkan gliserin.

Tunggu adonan plastisin hingga dingin lalu keluarkan dari baskom untuk diulang, jika masih terasa lengket, tambahkan tepung terigu sedikit demi sedikit hingga tidak lagi terasa melekat di jari-jari tangan atau alasnya. Hanya butuh waktu enam menit untuk membuatnya, jika masih ada sisa plastisin, coba letakkan di tempat tertutup yang tahan hingga enam bulan lamanya.

Manfaat Bermain Plastisin untuk Anak

cara membuat mainan dari plastisin

Pengembangan Motorik Halus

Anak-anak perlu mengembangkan otot jari mereka dan memiliki kontrol jari yang tepat sebelum mereka dapat belajar menulis di sekolah. Selama tahun-tahun prasekolah, mereka mengembangkan otot-otot ini melalui berbagai kegiatan bermain, termasuk dengan media plastisin.

Selain membentuk, meratakan, memencet, mencubit, mematahkan dan menggulungnya, bisa juga memberikan peralatan tambahan untuk dimainkan, seperti pemotong, pisau plastik, dan rolling pin. Mereka juga dapat menggunakan benda-benda seperti manik-manik, kancing dan kerang untuk memperindah hasil kreasinya.

Menambah Kosakata

Ketika anak-anak bermain dengan plastisin, mereka membentuk ide dan konsep baru. Mereka akan belajar kata-kata baru seperti menggulung, meratakan dan menguraikan apa yan dibuat dengan kata-kata. Selain mengobrol dengan teman sebaya, anak-anak juga bisa meningkatkan kemampuan sosialisasinya bersama orang tua atau guru saat sedang bermain plastisin.

Mengasah Kreativitas

Ketika seorang anak bekerja dengan plastisin, mereka pada dasarnya memiliki kanvas kosong yang menunggu untuk dibentuk menjadi sesuatu yang unik. Kegiatan ini dapat mengasah kreativitas karena mereka mencoba membuat bentuk yang pernah mereka lihat atau inginkan. Semakin sering memainkan plastisin, maka anak-anak akan menunjukkan lebih banyak detail dan kreativitas.

Meningkatkan Konsentrasi

Bermain plastisin termasuk kegiatan tenang yang mengharuskan anak untuk duduk diam selama periode waktu tertentu. Ini bagus untuk memperpanjang rentang konsentrasi anak dari waktu ke waktu. Semakin anak-anak tampak asyik dengan plastisin yan ada di hadapannya, mereka akan mendorong diri untuk tetap fokus dan sebisa mungkin memusatkan konsentrasi untuk menyelesaikannya.

Mengurangi Stres

Selama ini, stress lebih banyak dikaitkan dengan orang dewasa yang sepertinya menghadapi tantangan yang lebih sulit di kehidupan sehari-hari. Ternyata, anak-anak pun bisa mengalami hal yang sama, misalnya saat belajar hal baru, masuk ke dalam lingkungan asing, atu belum terbiasa dengan perubahan.

Selain itu, bermain plastisin dipercaya efektif mengurangi stress dan rasa cemas karena dapat memberikan efek relaksasi dan mengalihkannya dari permainan yang berisik ke waktu yang lebih tenang.

cara membuat plastisin malam mainan

Mengenal Bentuk Bangun

Usai menguasai cara membuat plastisin yang mudah dan sederhana, ini saatnya mengenalkan anak-anak pada permainan yang dapat dilakukan di rumah. Pertama, belajar bangun datar dengan memanfaatkan alas yang terbuat dari kertas dengan bentuk-bentuk yang ada di sekitar mereka. Pola lingkaran merupakan bentuk yang paling sederhana dan mudah dipahami, disusul segi empat, dan terakhir bentuk segitiga.

Mengenalkan Angka dan Huruf

Untuk mengenalkan angka dan huruf lewat permainan pun bisa menggunakan plastisin. Bisa menggunakan plastisin yang dijual atau buatan sendiri, sediakan juga contoh huruf atau angka dalam bentuk kartu atau alas kertas yang dilapisi plastik. Ajarkan anak untuk memipihkan plastisin lalu menyusunnya hingga membentuk angka dan huruf sesuai dengan contoh yang diberikan.

Jika sudah mahir, latih anak-anak tanpa menggunakan contoh untuk membuat bentuk huruf atau angka yang disebutkan sebelumnya, bahkan merangkai huruf menjadi namanya atau benda-benda di sekitarnya. BIsa juga dimanfaatkan untuk belajar membaca dan berhitung juga, lho. HIndari memaksa anak dan lakukan saat kondisi anak ceria agar tak mudah bosan mengulangi permainan ini.

Mengenal Hewan

Mengenal nama hewan bukan hanya bisa dilakukan dengan melihat video, melihatnya secara langsung di kebun binatang, membaca buku, atau bernyanyi, tapi bisa juga lewat media plastisin.

Pertama, minta anak-anak untuk menyebutkan nama hewan yang ingin dibuat dari plastisin malam dan usahakan berbentuk boneka patung hewan yang dapat dinalar anak. Mulai dari kupu-kupu, bebek, ular, lebah, hingga bentuk hewan yang lebih rumit seperti singa, panda, maupun harimau. Biarkan mereka berkreasi sebebas mungkin dengan membuat aneka bentuk, memlih warna, memanfaatkan peralatan yang ada, hingga membuat cerita atau narasi.

Contoh bermain ini dapat menarik otak anak dalam belajar pula. Membentangkan seni dalam berkaya membuat kerajianan dan sebagainya. Jadi anda tak perlu khawatir akan pembelajaran harian anak anda. Selagi tidak berbahaya mengapa tidak.

Mengenal Tumbuhan dan Bunga

Selain bentuk hewan, kenalkan bentuk tanaman dan bunga pada anak-anak saat bermain plastisin. Mulai dari membentuk kreasi tiga dimensi yang diingat oleh anak, menggunakan alat cetakan yang membentuk bunga, hingga membuat cap pada lilin plastisin dengan menempelkan berbagai bentuk daun.

Apapun hasilnya baik warna yang campur aduk maupun hasilnya yang kurang rapi, berikan apresiasi pada anak-anak untuk meningkatkan semangatnya dalam bermain dan belajar.

Selain bentuk-bentuk di atas, bebaskan anak-anak untuk menuangkan kreativitasnya dalam bermain plastisin. Ada beberapa yang menggunakannya untuk mewakili aktivitas memasak, transortasi, hingga menggambarkan keadaan sekitar anak, misalnya membuat pelangi, matahari, atau membentuk wajah.

Serta selalu dampingi anak-anak dan dukung mereka untuk terus berkreasi sehingga tak bosan memainkannya dalam waktu yang relative lama. Selamat mencoba cara membuat plastisin yang mudah dan cara memainkannya, ya.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *