Teknik Cara Membuat Montase

Montase mungkin cukup asing di telinga, tapi bagi yang menyukai seni gunting dan tempel untuk membentuk suatu gambar baru yang indah dan menarik. Sebagai bagian dari seni rupa dua dimensi, banyak yang bingung membedakan mana yang termasuk kolase, montase, dan mosaik. Meski tekniknya sama namun cara membuat montase, kolase & mozaik berbeda.

Perbedaan Kolase, Mosaik, dan Montase

contoh gambar montase

Walaupun sama-sama merupakan seni menyusun bentuk, ketiganya memiliki pengertian yang berbeda. Kolase sendiri merupakan kombinasi material berbeda yang kemudian direkatkan pada bidang permukaan untuk membuat gambar tertentu yang unik dan menarik. Bahan-bahan yang digunakan pun bisa dari berbagai jenis, misalnya kertas krep, origami, kertas koran, batu-batuan, hingga biji-bijian.

Jika cara membuat kolase dianggap cukup mudah, beda halnya dengan mosaik yang sering ditemukan menghiasi lantai maupun dinding bagunan. Mosaik terbuat dari kepingan material sejenis, seperti gelas, keramik, atau logam dengan ukuran yang kurang lebih sama.

Lalu susunannya memang terbilang unik karena menampilkan perubahan warna dan menunjukkan bentuk tertentu lewat kesatuan pola di atas sebidang permukaan. Secara pengertian bebas, mosaik dapat didefinisikan sebagai pola atau gambar yang dihasilkan dari susunan material – material berbahan keras dan potongan kecil. Bisa terbuat dari kaca, batu, keramik, biji – bijian dan masih banyak lagi jenisnya.

Seni mosaik sendiri sebenarnya sudah dikenal sejak zaman Mesopotamia tapi terus berkembang pesat pada peradaban Yunani dan Roma. Hingga kini, para seniman dan desainer kontemporer tetap mengeksplorasi seni ini untuk menciptakan karya unik dan menarik. Bukan hanya sekadar menjadi bentuk karya seni, kini seni mosaik pun merambah dunia desain interior dan digunakan sebagai dekorasi ruangan, misalnya pada material pelapis, dinding, lantai, hingga backsplash interior dapur.

Pengertian Montase

Mirip dengan mosaik dan kolase, montase merupakan juga merupakan karya seni tempel. Bedanya ada pada cara membuat montase yang mengkombinasikan gambar jadi dari berbagai sumber untuk membentuk susunan baru.

Bahan yang dipakai pun bermacam-macam, mulai dari koran bekas, majalah bekas, buku yang sudah tidak digunakan lagi, pamphlet, hingga sumber-sumber lainnya berbahan kertas.

Cara membuat montase jauh dari kesan rumit dengan menggabungkan satu gembar ke gambar jadi lainnya. Misalnya, gambar bunga dari majalah bekas dapat dipotong lalu ditempelkan ke permukaan kertas dan digabungkan dengan gambar bunga lain dari buku, gambar pemandangan alam dari pamflet hingga membentuk karya baru pada media gambar yang sama.

Mengingat kerumitan proses pengerjaan, tidak heran bila hasil akhir montase tampak lebih spektakuler dan bernilai seni tinggi.

Merambah Seni 3D

cara membuat montase

Montase sendiri bukan hanya dikerjakan secara manual saja, seperti gunting dan tempel, tapi juga merambah pada dunia lain. Seperti montase foto (photomontage) yang diaplikasikan untuk memodifikasi gambar baik gambar analog atau digital.

Photomontage mulai populer pada sekitar tahun 1920-an di Eropa. Dipopulerkan oleh beberapa seniman photomontage terkenal setelah Perang Dunia I dan II. Seniman – seniman montase yang populer di dunia seperti Raoul Haussmann, Hannah Hoch, Huelsenbeck, dan sebagainya.

Selain itu, ada juga cara membuat montase dalam sinematografi yang diartikan sebagai rangkaian gambar tidak bergerak.

Cara membuat montase kini mengalami perubahan. Montase yang awalnya hanya fokus pada karya dua dimensi kini juga merambah pada seni tiga dimensi. Bukan hanya sekadar merangkai gambar yang sudah jadi secara langsung, tapi mengandalkan teknik eksposisi atau layering dengan menggunakan software digital.

Cukup sederhana sih, pilih salah satu gambar atau foto yang dijadikan gambar dasar untuk mewakili latar tempat dan waktu. Tambahkan potongan gambar lainnya untuk menampilkan cerita yang baru.

Montase untuk Anak

cara membuat montase anak

Berkat cara membuat montase yang cukup mudah, karya seni ini sering diperkenalkan pada anak-anak. Fungsinya pun beragam. Untuk keperluan edukasi, montase dapat membantu pengembangan daya piker, emosi, estetika, konsentrasi, dan kreativitas. Sedangkan fungsi psikologis yang diberikan dapat mengasah ide-ide baru dan mengurangi stres.

Jika ingin mengenalkan cara membuat montase pada anak di rumah maupun di sekolah, Anda dapat menggabungkan potongan gambar yang diambil dari majalah atau koran bekas dengan lukisan tangan yang sudah dibuat sebelumnya. Pilih gambar yang berwarna agar hasilnya jadi lebih hidup dan pilih pola yang ada di sekitar lingkungan agar anak mudah membuatnya, misalnya pemandangan.

Alat-Alat Membuat Montase

Sebelum terlibat dalam cara membuat montase, tentukan terlebih dahulu temanya agar hasilnya lebih terkonsep dan memudahkan kinerja anak. Siapkan alat dan bahannya sebagai berikut:

  • kertas gambar
  • majalah bekas dengan warna-warna cerah
  • gunting
  • lem
  • pensil
  • penghapus
  • dan alat pewarna seperti spidol atau krayon

Cara Membuat Montase

cara membuat montase seni 3d

Mulailah dengan menggunting gambar-gambar yang ada di majalah dengan mengikuti pola agar hasilnya rapi dan tampak bagus. Kemudian, ikuti langkah – langkah sebagai berikut:

  • Rekatkan karakter yang digunting tersebut dengan menggunakan lem pada kertas gambar.
  • Ratakan lem yang dioleskan agar tidak mudah lepas lalu tambahkan gambar tambahan atau bahkan tulisan yang akan mempertegas cerita yang dibuat.
  • Jika perlu tambahkan sketsa tipis menggunakan pensil, baru kemudian ditebalkan menggunakan spidol.
  • Hapus sketsanya dengan menggunakan penghapus.
  • Lihat hasilnya dan tambahkan elemen lainnya jika menurutmu masih ada hal yang kurang.

 Ide-Ide untuk Membuat Montase

montase mozaik kolase

Selain cara membuat montage yang cukup mudah, bahan-bahan yang digunakan untuk membuat karya seni dua dimensi ini pun cukup mudah didapat. Bahkan Anda tak perlu membeli bahan-bahannya karena dapat memanfaatkan koran, kertas, majalah, hingga brosur yang ada di rumah.

Ada beragam ide yang bisa diaplikasikan untuk membuat montase, tergantung pada kreativitas yang dimiliki. Mulai dari bunga warna-warni yang cantik, membentuk wajah orang terkenal, hingga membentuk karakter komik yang populer.

Selain melatih kreativitas dan menjadi kegiatan pengisi waktu luang yang menyenangkan, montase pun juga dapat melatih kesabaran dan ketelitian.

Mulai dari membuat pola atau cerita yang diinginkan, menelusuri sumber untuk menemukan potongan-potongan gambar yang dapat digunakan dalam cara membuat montase, mengguntingnya satu per satu, dan menempelkannya dengan penuh hati-hati di sebidang kertas.

Tidak heran jika montase ini dapat dibuat mulai dari anak-anak hingga dewasa. Untuk anak-anak montase menjadi media belajar yang baik dan cukup efektif, sedangkan untuk orang dewasa bisa menjadikan montase sebagai elemen dekoratif di rumah.

Misalnya memajang montase buatan sendiri di dalam bingkai kayu untuk menghiasi dinding rumah atau membuat kartu ucapan dengan elemen montase sebagai bentuk perhatian pada orang-orang terdekat.

Ingin menjadikan montase sebagai alternatif pengisi waktu luang, mengajarkannya pada anak-anak, atau bahkan ditekuni sebagai usaha sampingan yang bisa dijadikan penambah penghasilan.

Mulailah sekarang juga dengan menggunakan langkah demi langkah dalam berkarya, termasuk dengan membuat montase yang mudah dan menyenangkan. Selamat mencoba dan berkarya lewat montase indah buatanmu!

Contoh Gambar Montase

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *