Cara Membuat Kolase

Punya waktu senggang bingung mau nagapain? Yuk kita seneng-seneng bareng. Traveling sudah, memasak bukan hobimu? Yuk belajar cara membuat kolase saja.

Pengertian kolase

Kolase  nerupakan seni rupa yang menggabungkan beberapa material benda lalu dieratkan pada bidang tertentu dengan tujuan agar terbentuk suatu gambar seni.

Menjadi seniman kolase adalah hal yang luar biasa nan menyenangkan. Menjadikan barang tak terpakai menjadi suatu karya sederhana yang memukau mata.

Sebelumnya kita juga sudh membahas mengenai mozaik. Lalu apa perbedaan kolase dan mozaik, padahal keduanya memiliki arti yang hamper mirip anat keduanya.

Perbedaan Kolase & Mozaik

Terletak pada bahan dasarnya. Bila kolase dari berbagai bahan dasar yang dijadikan satu sedangkan mozaik dan bahan satu lalu diberi tambahan warna.

Contoh bahan kolase: biji jeruk, beras, kacang hijau, beras ketan, dedaunan kering. Ditempel untuk membentuk suatu gambar.

Contoh bahan mozaik: cangkang telur yang di tempelkan pada canvas sesuai bentuk yang diinginkan lalu diberi warna dengan cat

Artinya, keduanya memiliki prinsip yang sama namun langkah berbeda.

Baca juga: teknik membuat montase lebih menarik

Langkah Membuat Kolase

Berbicara mengenai teknik, setiap orang memiliki khas seni berpikir dalam berkarya yang variatif. Begitu pula dengan cara membuat kolase sederhana namun menarik kali ini.

Di sini yang akan kami jabarkan sesuai apa yang admin ketahui mengenai teknik membikin gambar bentuk kolase. Jadi bila ada perbedaan tips itu tidak menjadikan beban anda dalam berkarya. Yuk kita mulai saja.

Cari bahan yang sesuai konsep

Setelah menemukan konsep foto atau gambar yang akan dibuatm sekrang saatnya mencari bahan yang bisa anda kombinasikan sesuai kebutuhan warna.

Dalam memilih bahan-bahan untuk membuat kolase anda bis gunakan barang bekas yang sudah tak terpakai. Seperti barang plastic bekas, kelontong, majalah bekas, koran bekas dan barang yang bisa ditempel ke kertas dasaran atau kanvas.

Selain dengan bahan rongsok (bekas), anda bisa juga menggunakan bahan dapur. Seperti biji bijian, kacang-kacangan, daun kering dan bahan alam (batu kecil, kerikil, beras dan lainnya).

Untuk memberi efek yang lebih bagus ada kesan vintage retro seperti seniman professional English, anda bisa tambahkan bahan modern seperti kertas lipat origami, bahan mengkilap. Dan mencari referensi online di contoh gambar pada internet.

Tentukan tekstur agar sama rata

Untuk memulai pembuatan kolase pilih terlebih dahulu tekstur yang terlihat sama, sehingga bila dipandang mata lebih enak.

Bila anda menggunakan bahan yang rawan rusak atau sobek, tempelkan secara perlahan dan ratakan dengan menekan agar rapi sama rata teksturnya.

Untuk pemotongan gambar khusus gunakan gunting yang tepat agar bahan yang digunting presisi seperti yang anda inginkan.

Bila menggunakan bahan kaku seperti biji-bijian bentuk dengan pelan-pelan agar rata menutup dasaran canvas kertas hingga tertutup sempurna.

Memilih tema

Tema kolase ada 3 jenis:

  1. Tema rumit
  2. Tema sedang
  3. Tema sederhana

Memilih obyek foto atau gambar yang akan dibuat kolase adalah hal yang harus diperhatikan. Bila anda pemula pastikan tema dan pemilihan warnanya sesederhana mungkin. Bila kesulitan memisahkan warna, gunakan kertas origami dan koran bekas dahulu untuk belajar kolase.

Menempelkan bahan

Tahapan selanjutnya dalam cara membuat kolase yaitu menempelkan bahan. Pertama sebelum membalurkan lem perekat, alangkah baiknya dicoba dahulu tanpa menggunakan lem agar porsi warna bentuk sesuai keinginan dahulu.

Namun bila telah sesuai langsung saja bahan ditaburkan dan dirapikan di atas kertas papan dasaran kolase dengan cara sedikit menekan agar merekat dengan sempurna.

Buatlah semenarik mungkin

Dengan menggunakan unsur seni rupa yang terdapat pada karya kolase:

  • Titik/bitnik
  • Garis
  • Bidang
  • Bentuk
  • Warna

Gunakan kain perca

Selain untuk menjahit baju, kain perca juga bisa menggunakan benang tebal untuk menambah garis pada gambar kolase yang sedang anda buat.

Untuk anak di usia dini atau kecil juga bisa menggunakan plastisin sebagai bahannya. Jadi bisa bongkar pasang bergitu.

Cap stempel barang

Dari bahan dasar diatas anda juga bisa membuat kolase dengan cara cap temple tinta. Contoh menggunakan daun apel, daub singkong dan daun lain yang variatif bentuknya guna membuat seni cap kolase lebih aktif.

Selain bentuk anda juga memainkan warna dari tinta yang dipakai. Ditambah lagi memainkan tekstur ketebalan dan ketipisan tinta juga bisa menonkolkan nilai seni yang indah.

Lakukan eksperimen latihan

Setelah tahu bagaimana cara membuat kolase yang sederhana namun sempurna. Sekarang saatnya anda latihan dan temukan kreasi dari eksperimen yang telah anda lakukan.

Jangan terpaku dengan satu kreasi saja, contoh membuat bunga, besoknya lagi bunga. Sebaiknya setiap kali latihan berbeda biar bisa kreatif.

Contoh Gambar Karya Kolase

Gambar Kolase Bunga Mawar

contoh kolase bunga

Gambar Kolase Hewan

contoh gambar kolase hewan

Gambar Kolase Burung Hantu

gambar kolas burung hantu

Gambar Kolase Foto Wajah

kolase wajah

Video Bagaimana Cara Membuat Kolase

Pada video di atas akan ada beberapa tips dan contoh bagaimana membuat kolase, contoh pertama gambar kolase kupu-kupu kemudian dikombinasikan dengan berbagai warna agar sesuai selera masing-masing.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *