Tips dan Cara Membuat Bibit Kelapa Kopyor Agar Bisa Panen Raya

Tips dan Cara Membuat Bibit Kelapa Kopyor Agar Bisa Panen Raya

Tips dan cara dibawah ini akan memandu anda cara membuat bibit kelapa kopyor. Memiliki bibit atau biji kelapa kopyor yang nantinya akan berbuah yang banyak adalah impian bagi setiap petani kelapa atau perkebunan di mana saja.

Namun, pencapaiannya tentu tidak semudah yang diharapkan. Terkadang pohon kelapa kopyor yang belum menghasilkan buah, malahan sudah terserang penyakit tanaman seperti belalang, kumbang, tupai, dll.

Karena buah kelapa kopyor berbeda dengan jenis pohon kelapa lainnya. Untuk itu perlu materi khusus dalam pembibitan, perawatan dan penanaman pohon kelapa kopyor.

Namun, simak baik-baik postingan ini. Postingan ini akan membantu Anda membuat pohon kelapa kopyor yang Anda tanam untuk menghasilkan buah yang lebat. Jika ingin panen berlimpah. Pertama, pastikan lahan yang ditanam subur. Kesuburan tanaman adalah salah satu faktor utama dalam keberhasilan membudidayakan kelapa kopyor.

Pelajari juga : Manfaat kelapa kopyor untuk tubuh kita

Tips Cara Membuat Bibit Kelapa Kopyor Agar Berbuah Lebat

manfaat kelapa kopyor

Reproduksi

Langkah awal dalam membuat bibit unggul kelapa kopyor. Bila ditinjau secara generatif, yaitu bahwa kelapa kopyor dapat diperoleh dengan menanam kembali buah kelapa normal yang digunakan sebagai bibit/biji dari kopyor buah kelapa tersebut. Tetapi metode ini kurang efektif karena kelapa kopyor di pohon sangat sedikit diproduksi.

Cara modern yang telah dilakukan adalah perbanyakan in vitro. Metode ini melibatkan kultur embrio dari buah kopyor pada media kultur buatan dalam kondisi aseptik laboratorium. Tanaman yang diproduksi dengan cara ini akan menghasilkan 90% hingga 100% buah kopyor.

Bahkan, metode ini telah diterapkan oleh Lembaga Penelitian Bioteknologi Tumbuhan Indonesia (BPBPI) dan hasil benih juga telah dikomersialkan untuk digunakan oleh petani. Tanaman kelapa kopyor yang diperbanyak dengan metode in vitro ditanam di Ciomas (Bogor), Riau dan Kalimantan Timur.

Penanaman

Jika Anda menanam kelapa dari bibit ini, Anda harus memperhatikan proses penanaman, terutama saat memindahkan benih ke tanah atau kebun. Jika Anda memindahkan atau mentransfer bibit kopyor yang terlalu muda atau kurang dari 8 bulan, mereka mungkin mati.

Sementara dalam pemindahan bibit kelapa kopyor yang terlalu tua atau lebih dari satu tahun dapat mandek (berhenti tumbuh sementara), mencegah pertumbuhan. Karena itu, tanaman kelapa kopyor yang ideal untuk ditanam berusia antara delapan bulan dan satu tahun.

Dalam cara membuat bibit kelapa kopyor dianjurkan juga untuk menanam kopyor atau tanaman kelapa di daerah yang tidak berdekatan dengan kelapa biasa dengan jarak minimum 500 meter. Untuk mencapai produksi maksimum, direkomendasikan untuk menanam di tanah setinggi kurang dari 200 meter dan jarak tanam 9 meter kali 9 meter, atau 10 meter kali 10 meter dengan pola segitiga. Populasi pohon antara 100 dan 140 pohon per hektar.

Waktu tanam yang tepat

Dapat dikatakan bahwa waktu yang tepat untuk mulai menanam kelapa Kopyor adalah ketika musim hujan dan bergerak menuju musim kemarau. Memang, di musim hujan, kadar air tanah sangat memadai dan dapat mengangkut semua nutrisi dari tanah ke tanaman.

Saat musim memasuki musim kemarau, tingkat matahari meningkat. Waktu ini paling disukai oleh pohon untuk mengembangkan tunasnya. Karena itu penanaman bibit kelapa kopyor harus dilakukan pada akhir musim hujan dan mendekati musim kemarau.

Kondisi tanah

Karena itu, Anda harus menemukan cara agar tanah Anda subur. Mungkin dalam banyak hal. Salah satunya adalah menyediakan pupuk organik dari kotoran (kambing, sapi, kerbau, dll). Anda juga dapat menggunakan polong, cocopite, kompos, humus atau sisa pembakaran sampah organik, dll.

Sinar matahari yang cukup

Kedua, dalam cara membuat bibit kelapa kopyor pastikan Anda memiliki cukup sinar matahari. Hampir semua makhluk hidup membutuhkan sinar matahari, termasuk pohon kelapa Kopyor. Itu sebabnya, beri jarak yang cukup di kebun kelapa kopyor Anda. Jarak ideal bisa 6×6 atau 6×7.

Kemudian, pastikan tidak ada tanaman lain yang menutupi atau memarut kopyor atau kebun kelapa Anda. Jika perlu untuk memotong mereka sehingga matahari lebih mudah bersinar pada tanaman kelapa kopyor Anda.

Ketersediaan air yang harus memadai

Ketiga, memastikan ketersediaan air yang memadai. Pohon kelapa Kopyor membutuhkan elemen air untuk meningkatkan pertumbuhannya. Kebutuhan air sangat penting, terutama di awal perkebunan. Jadi, menanam selama musim hujan adalah langkah yang baik karena Anda tidak perlu menyiram setiap hari.

Lain halnya bila menanam di musim kemarau, maka Anda harus menyiramnya secara intensif sesuai dengan kebutuhan tanaman Anda.

Bebas dari parasit penyakit

Keempat, pastikan tidak ada parasit. Bagaimana Anda memanen banyak jika pohon sering diserang hama? Ini bukan kesempatan untuk beruntung. Untuk ini, pastikan tanaman kelapa Kopyor Anda bebas dari hama.

Anda dapat mencegahnya dengan menggunakan berbagai metode, organik atau cara lainnya. Metode organik dapat disemprotkan dengan ekstrak daun sirsak, ekstrak isi kapuk (pagoda). Atau metode kimiawi penyemprotan insektisida, pestisida, dan produk serupa yang banyak dijual di toko pertanian.

Perawatan

Perawatan penting dilakukan setelah menanam benih. Pemeliharaan dilakukan dengan memberikan pupu ke lubang tanam dengan kompos atau pupuk kandang. Pupuk ini akan mendorong pertumbuhan bibit karena akan memberikan nutrisi dan zat yang diperlukan untuk pertumbuhannya.

Selain itu, cobalah untuk mendapatkan benih intensitas cahaya matahari sekitar 50%. Kemudian, lingkungan harus dicegah agar tidak mengering dan harus dengan menyiramnya. Tetapi jika pohon telah tumbuh dan daunnya telah mekar, tidak perlu perawatan intensif.

Salah satu tantangan menanam kelapa kopyor adalah hama, atau kebanyakan orang Jawa menyebutnya “kuwawung”. Serangan hama dengan menggerogoti pohon untuk buah, yang sangat mengganggu produktivitas. Untuk mengendalikan hama ini atau sejenisnya, Anda dapat menggunakan insektisida yang cukup.

Setidaknya dalam cara ini, pohon kelapa kopyor Anda diharapkan berbuah dan Anda akan mendapatkan hasil yang memuaskan. Tentu saja disertai dengan upaya dan doa. Dengan perawatan intensif, saya harap Anda akan berhasil membudidayakan perkebunan kelapa Kopyor di kota ata didaerah anda Anda.

Tinggalkan komentar