semai bibit biji durian

Cara Membuat Bibit Durian dari Biji Cepat Tumbuh, Berbuah Hingga Panen

Cara membuat bibit durian dari biji cepat berbuah (pembibitan unggulan cepat panen) – Ada beberapa langkah yang Anda perlu tempuh dalam melakukan prosedur dan step by step cara membuat bibit durian dari biji. Langkah-langkahnya sebagai berikut ini.

Cara Membuat Bibit Durian Unggulan

semai bibit biji durian

Pilih bibit unggulan

Bibit durian unggul dapat dikenali dari bentuk bijinya yang masih utuh dan tidak dalam kondisi kisut. Kemudian Anda juga perlu memilih biji yang berasal dari buah durian indukan yang sehat. Hal tersebut sangat penting agar bibit yang dihasilkan nantinya juga dalam kondisi yang sehat.

Siapkan benih durian

Dalam menyiapkan bibit durian, pertama – tama yang Anda harus lakukan terlebih dahulu adalah membersihkan biji durian dari sisa – sisa daging durian yang masih menempel. Kemudian setelah Anda bersihkan bibit durian unggulan tersebut keringkan dulu bijinya.

Caranya yaitu dengan Anda angin – anginkan saja. Setelahnya biji ini tidak dapat secara langsung Anda gunakan. Supaya biji dapat menghasilkan benih pohon durian yang unggul, maka Anda perlu siapkan waktu sekitar 2 minggu di tempat yang kering. Selanjutnya baru Anda bisa tanam bijinya didalam sebuah tempat persemaian.

Semaikan biji durian

Dalam menyemaikan biji atau bibit durian, agar bibit durian unggul yang cepat berbuah Anda dapatkan maka media semainya harus tepat. Gunakan media tanam berupa tanah dengan campuran pasir dalam perbandingan 1 : 1.

Proses penanaman bibit durian

Anda harus tahu bahwa media tanam untuk durian harus Anda bersihkan lebih dulu sebelum Anda tanami bibit durian. Anda bisa buat bedengan sebagai saluran air ketika hujan datang mengguyur. Dengan demikian air hujan tidak akan menggenang.

Anda juga bisa semprotkan basamid sebagai upaya menghindarkan tanah dari jamur yang mungkin akan menyerang pohon durian. Selanjutnya tentukan jarak penanaman antar bibit yaitu antara 10 – 12 m. Kemudian buat sebuah lubang untuk memindahkan bibitnya.

Setelah bibit Anda masukkan, tutup dengan jerami yang kering. Setelah itu baru bisa Anda siram bibit dengan air secukupnya.

Bibit Pohon Durian Cepat Tumbuh Berbuah & Panen

cara membuat bibit durian cepat berbuah panen unggulan

Berikut bagaimana cara membuat bibit pohon durian agar bisa cepat tumbuh besar dan cepat panen dengan hasil yang memuaskan. Untuk lebih jelas simak ulasan tips ringkas yang jarang diperhatikan para petani lokal.

Ketahui teknik penyiraman

Anda dapat mulai membuat aliran drainase untuk jalannya air. Pada bibit yang baru saja ditanam, Anda perlu siram satu kali dalam sehari. Sementara untuk bibit yang sudah lebih dari 1 bulan usianya bisa Anda siram sekitar 2 sampai dengan 3 kali dalam satu minggu.

Penjarangan juga diperlukan

Penjarangan perlu dilakukan untuk mendapatkan hasil buah durian dengan cita rasa yang nikmat dan mencegah supaya pohon durian tidak mati karena jumlah bunga yang dibuahi sangat banyak.

Penjarangan bisa dilakukan dengan cara Anda semprotkan Auxin A untuk mematikan bunga yang belum dibuahi. Sementara bunga yang sudah dibuahi akan tetap berkembang menjadi buah. Pemangkasan juga perlu Anda perhatikan.

Menyiangi dan memberi pupuk

Anda bisa melakukan penyiangan atas tanaman-tanaman liar yang terdapat di sekitar pohon. Hal tersebut menjadi sangat penting agar tidak mengganggu tumbuh kembang pohon durian. Selain itu berikan pupuk kompos, pupuk buatan lain dan pupuk hijau.

Anda juga dapat menambahkan pupuk lain seperti jenis NPK 200 gram untuk setiap pohon setelah 3 bulan di masa penanaman durian. Kemudian lakukan juga teknik pemupukan rutin dengan NPK setiap kurang lebih 4 bulan sekali.

Jika semua sudah dilakukan, Anda tinggal menunggu sampai bibit durian Anda tumbuh menjadi pohon durian besar dan bisa dipanen. Itulah cara membuat bibit durian dari biji dan selamat mencoba dengan teknik budidaya durian dari petani damainesia.

husni

Solo (Spirit of Java) - Magetan - Young - Moslem - Publisher - Marketer Online - Student - Worker

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *