Cara Membuat Batako Manual Mudah

Cara Membuat Batako Secara Manual Mudah – Bahan bangunan yang satu ini menjadi sangat populer setelah era milenium ini. Yang dahulu para kontraktor lebih mengenal batu bata sebagai bahan dasar tembok. Saat ini batako dinilai lebih praktis dan lebih hemat. Cek harga batako terbaru.

Sehingga membuat pencarian pasar-pun semakin meningkat dan membuat banyak pemasok dibuat kuwalahan (tak dapat memenuhi permintaan pasar). Jadi perlu banyak produsen untuk mengembangkan pemasokan.

Nah, bagi anda yang ingin membuka usaha baru di zaman modern ini. Produksi batako untuk dijual di pasaran juga bisa menjadi solusi produksi material jualan anda. Baik di pasar lokal maupun luar daerah, offline maupun online.

Selanjutnya, bagi anda yang ingin membuat batako sebagai bahan baku tembok kontruksi rumah sendiri. Berikut beberapa bahan, alat dan tutorial khusus bagaimana langkah cara membuat batako secara manual dengan alat sederhana namun menghasilkan yang terbaik dengan cepat.

Alat dan Bahan

Dalam membuat batako, mungkin ada berbagai jenis alat dan bahan yang berbeda di setiap produksi. Tetapi bagi anda yang baru saja ingin membuat batako di rumah sendiri dengan manual dan cepat tanpa ribet. Berikut beberapa alat & bahan yang harus anda sediakan dahulu sebelum produksi batako.

Alat untuk Membuat Batako

  1. Cetakan Batako. Terbuat dari baja, bisa anda beli di toko bangunan terdekat dengan ukuran sesuai yang anda inginkan. Bisa juga dengan cara merakit sendiri. Gambar seperti foto diatas.
  2. Cangkul. Untuk mengolah bahan dan mengisikan bahan ke dalam cetakan.
  3. Kayu Penekan kepadatan. Untuk (press batako) menekan bahan yang dimasukan ke dalam cetakan batako.
  4. Sekop. Berfungsi sama dengan cangkul, untuk mengayak bahan dan mengisikan bahan ke kotak cetakan.
  5. Ayakan pasir. Untuk menghasluskan pasir. Memilahkan pasir dari kerikil.
  6. Ember. Sebagai tempat air pelempab adukan pbaha (pasir dan semen).

Bahan untuk Membuat Batako

  1. Semen
  2. Pasir
  3. Kerikil (kasar namun kecil)
  4. Air
  5. Styrofoam

Untuk cek harga pasir dan semen lihat di sini : harga pasir terkini & harga semen terbaru.

Cara Membuat Batako Press Manual

cara membuat batako manual cepat dan kuat

Persiapan tempat

Lakukan pengolahan di tempat yang teduh (terkena matahari namun tidak selama sehari penuh). Agar stamina tetap bisa pria meski dilakukan di siang hari. Di tempat yang tidak terpancar matahari secara menerus juga bisa membuat pengeringan calon batako juga lebih baik.

Memisahkan pasir dari kerikil besar

Dengan alat cangkul atau sekop mulailah memisahkan pasir dari kerikil dengan cara disaring dengan ayakan pasir. Banyak cara untuk memisahkan pasir dari kerikil besar, dengan ayakan miring ayakan tangan (diayunkan) dan lain sebagainya.

Mencampurkan adonan pasir

Proses pengadonan bahan pembuatan batako sebenarnya sangat variatif. Ada yang menggunakan obat penguat cor batako (cairan) ada juga yang hanya memperbanyak semen sebagai penguat batako. Ada pula yang campurannya biasa-biasa saja (gak bagus banget tapi juga gak jelek banget).

Nah, bagi anda yang ingin memulai produksi batako secara mandiri, cukup ikuti adonan standart dari beberapa contoh orang yang pernah memproduksi batako secara besar-besaran namun kualitas standart. Dengan perkiraan resep perbandingan adonan batako, 10 pasir : 1 semen, plus air secukupnya.

Bila ingin lebih bagus anda gunakan kalkulasi perbandingan, pasir 7 : semen 1. Bisa juga ditambah cairan penguat batako. Dan ditambahkan sedikit air agar dapat mencampur sempurna.

Adapun pilihan yang ketiga, yakni pembuatan batako dengan butiran styrofoam. Dengan campuran styrofoam, batako akan lebih ringan bila dijinjing. Untuk ukuran perbandingannya 50% pasir, 40 % styrofoam  10% semen. Ditambah air secukupnya. Batako styrofoam anti gempa.

Dari berbagai resep diatas anda bisa memilih yang mana dirasa lebih bagus dan memiliki nilai lebih bagi didi anda. Karena dari semua resep diatas tersebut telah digunakan oleh banyak kalangan produsen batako.

Lalu tambahkan sedikit kerikil-kerikil kecil untuk penguat batako dan aduk adonan batako yang sudah anda campurkan secara merata. jangan sampai ada bagian yang tidak tercampur ya, karena bisa membuat batako tidak awet.

Mencetak batako

Kalau menggunakan mesin kita hanya perlu memasukan bahan adonan pasir dll kedalamnya. Namun bila manual tanpa mesin kita perlu satu-satu dalam mencetak batako.

Langkah pertama, menggunakan cangkul atau sekop masukan adonan bahan ke dalam cetakan. Lalu padatkan pasir batako dengan kayu buat (batako press) penekan kepadatan yang telah disiapkan.

Kemudian pastikan cetakan batako terisi penuh. Setelah itu angkat batako dan letakkan pada tempat untuk mengeringkan batako dengan cara melepaskan adonan pasir dari cetakan batako.

Menunggu kering

Dalam menunggu batako mengering, anda cukup menunggu 1-3 hari untuk jenis batako styrofoam. Sedangkan untuk campuran tanpa styrofoam 5-7 hari untuk memastikan bahwa batako siap pakai. Tergantung cuaca panas atau hujan.

Batako telah selesai dibuat. Pastikan memiliki resep rahasia yang terbaik untuk bisa memastikan bahwa batako hasil buatan anda terbaik dan berkualitas.

Cara Membedakan Batako

cara membuat batako press manual berkualitas bagus

Dalam menentukan kualitas batako sebenarnya itu sangat sulit bagi pemula yang belum paham bahan bangunan dan sangat mudah bagi mereka yang telah lama bergelut dengan kontruksi. Mereka yang sudah paham betul dengan melihat dan menyentuh saja duah tau kualitas dari batako yang ia nilai.

Untuk anda yang belum tahu, berikut beberapa cara mudah membedakan dan menentukan pilihan batako terbaik sesuai kegunaannya. Simak baik-baik ya. Semua batako baik yang kuat, awet dan kurang bagus, semua memiliki fungsi masing-masing.

  • Memilih batako yang padat sebagai bahan tembok yang kuat atau tembok bagian bawah kontruksi rumah. Kekuatan batako padat bisa dibuktikan dengan cara menimbang berat.
  • Memilih bentuk batako sesuai lekukan. Untuk yang lekukan banyak sebagai pengai batako satu dengan yang lain. Untuk sang tanpa lekukan berfungsi seperti batu bata namun dalam teksturnya lebih kasar agar bisa merekat dengan pasir semen.
  • Batako press dibuat dengan mesin, sementara batako manual dengan cara diatas tadi. Batako press lebih rapi, namun kepadatan lebih memihak press manual.
  • Menyesuaikan kebutuhan dalam memilih batako. Karena jenis batako juga variatif. Cek dahulu harga batako di link berikut ini harga terbaru batako bulan ini.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *