Cara Melukis untuk Pemula yang Harus Anda Kuasai

Cara Melukis untuk Pemula – Sedang mencari kegiatan atau hobi baru untuk mengisi akhir pekan? Melukis bisa jadi aktivitas seru untuk dicoba, terutama dengan menggunakan cat air.

Selain bahan-bahannya mudah didapatkan dan cukup terjangkau, ada banyak tutorial yang membahas cara melukis untuk pemula. Bukan hanya itu saja, Anda juga bisa bergabung dengan komunitas seni untuk meningkatkan kemampuan dan mengasah kreativitas yang dimiliki.

Sebelum mencoba berbagai cara melukis untuk pemula, hal yang perlu dipersiapkan tentunya adalah perlengkapan melukisnya. Yuk, kenali lebih mendalam dan miliki peralatan berikut ini sebelum mulai membuat karyamu sendiri.

Cara Melukis Untuk Para Pemula

1.    Kenali Kuas yang Diperlukan

kuas untuk melukis

Sebelum mulai mendalami cara melukis untuk pemula, ada baiknya mempersiapkan peralatan yang dibutuhkan seperti kuas. Menurut ilustrator Rachel Hinderliter, ada dua brush atau kuas yang sering digunakan dan menjadi favorit para pelukis profesional.

Pertama, Raphael Soft Aqua dengan ujung kuas berbentuk bulat dengan 12 pilihan.Ukuran terkecil ditandai dengan nomor 2 hingga yang terbesar dengan nomor 24. Sedangkan yang kedua adalah quill brushes dengan tekstur kuas yang lebih tebal sehingga dapat menahan lebih banyak air dan memberikan hasil akhir yang sempurna, terutama saat melukis dedaunan.

Tapi jika baru saja mempelajari cara melukis untuk pemula, biasanya benar-benar hanya memerlukan tiga kuas yaitu yang berujung bulat kecil dengan nomor 4, 5 atau 6, sebuah kuas flat bersudut dan flat besar berukuran 2 inci atau lebih. Sikat datar bersudut ini multifungsi karena mampu melukis area besar atau memberikan detail kecil.

Jangan membuang semua kuas lama yang sudah kaku karena dapat digunakan untuk mengangkat cat, memperbaiki kesalahan atau untuk meringankan area. Anda bahkan dapat memotong bulu kuas lebih dekat ke ferrule atau bagian logam pada kuas untuk membuatnya lebih kaku.

Pelajari lebih lanjut mengenai jenis kuas lukis untuk cat air di link berikut ini http://www.imural.id/blog/peralatan-melukis/.

2.    Gunakan Cat Air

cara melukis dengan cat air

Tentunya tidak bisa melukis tanpa media warna yang disediakan oleh cat air, ada dua bentuk cat air yang biasanya tersedia di pasaran, yaitu pan dan tube atau tabung. Pan lebih mudah untuk dibawa saat bepergian, tapi cukup sulit untuk mengumpulkan jumlah cat yang tepat untuk mewarnai area yang besar atau gelap.

Kemudian, bila anda menggunakan cat air berbentuk tabung, Anda bisa mengambil cat sebanyak atau sesedikit mungkin untuk diletakkan di palet. Agar lebih simpel dan tidak ribet dalam pengambilan cat air ketika melukis.

Selain itu, penting juga untuk kmengetahui ada beberapa jenis cat air yang memberikan tampilan yang berbeda setelah mengering. Sebagai pelukis pemula, ada baiknya untuk mencoba dulu semua jenis warna yang akan dipakai. Caranya cukup mudah, awali dengan mencampur cat dan air secukupnya. Bisa juga mencoba untuk memadukan dua warna atau lebih untuk menciptakan warna baru.

3.    Memilih Kertas

kertas lukisan cat air

Menggunakan gulungan kertas daripada lembaran individual dianggap jauh lebih murah untuk mengawali cara melukis untuk pemula. Beberapa jenis kertas memiliki bobot dan tekstur yang berbeda. Untuk memilih berat, pertimbangkan bahwa jumlahnya sebenarnya adalah berat 500 lembar kertas berukuran 20 kali 30 inci. Semakin tinggi angkanya, semakin tebal kertas.

Pilih kertas tipis untuk mengawali cara melukis untuk pemula, yang merupakan pilihan yang bagus untuk siapa saja yang ingin banyak berlatih. Sedangkan kertas dengan ketebalan sedang paling populer dibanding kerta yang lebih menyerupai kardus. Selain kertas yang berat itu lebih mahal, juga membutuhkan waktu lebih lama untuk mengering.

Selain ketebalan kertas, tekstur dan permukaan kertas juga penting. Kertas cat air yang kasar akan menambah tekstur pada hasil lukisan cat airmu. Sedangkan kertas hot press memiliki permukaan yang licin dan cenderung membuat warna terlihat lebih cerah, namun cat juga akan lebih mudah terangkat. Sebelum mulai melukis, periksa kedua sisi kertas untuk melihat perbedaan pada tekstur kertas dan gunakan sisi yang paling disukai.

4.    Teknik Dasar Melukis dengan Cat Air

teknik dasar melukis dengan cat air

Cat air dapat menjadi hal yang menakutkan bagi pemula, dan bahkan beberapa seniman berpengalaman merasa hal itu menantang. Dengan kegiatan pemanasan sederhana ini, Anda akan mulai memahami bagaimana cat air benar-benar bekerja, merasa nyaman, dan mudah-mudahan muncul dengan ide-ide untuk kreasi baru.

Mengawali cara melukis untuk pemula, coba metode wet-on-wet biasanya digunakan untuk melukis lanskap, langit sederhana, atau tampilan cat air lembut. Pada dasarnya, cat basah ditambahkan ke permukaan basah. Pertama, ambil cat yang dibasahi dari palet dan tambahkan warna ke kertas yang sebelumnya sudah diberi cat air dengan menggeser kuas dari sisi ke sisi. Setelah cat benar-benar kering, Anda akan melihat hasil akhir yang unik dan tekstur yang menarik.

5.    Wet-on-dry

teknik wet on dry

Teknik ini digunakan untuk mencapai bentuk yang lebih tepat dan terdefinisi. Ini adalah teknik yang digunakan sebagian besar untuk menciptakan gaya ilustrasi yang dicapai dengan menggunakan cat basah di area yang kering. Cara melukis untuk pemula ini cukup mudah kok, mulai dengan kertas kering.

Ambil sedikit cat yang dibasahi dengan kuas besar dan mulailah melukis. Lakukan eksperimen dengan cat air yang diberi lebih banyak aor agar tampak buram atau yang lebih kering untuk menemukan hasil akhir yang diinginkan. Setelah cat sudah benar-benar kering, perhatikan bagaimana warna cenderung memudar dan dapat terlihat sangat berbeda pada saat ini.

6.    Membangun warna

cara melukis untuk pemula mudah dan cepat

Kegiatan ini akan membantumu berlatih membangun warna dari air biasa hingga campuran cat yang jenuh. Awali cara melukis untuk pemula ini dengan menggunakan hanya satu warna untuk mencapai efek yang mulus, yang dikenal sebagai “ombré”.

Mulailah dengan kertas cat air yang kering. Masukkan genangan air kecil ke dalam palet dan setetes cat di sebelahnya. Ambil sedikit air dengan kuas bersih untuk memulai. Mulailah mengecat strip yang akan terlihat transparan di atas kertas.

Tambahkan sedikit pigmen ke dalam genangan air dan pastikan untuk memperhatikan berapa banyak cat yang ditambahkan. Ulangi proses ini dengan menambahkan sedikit lebih banyak cat dan ingat untuk membilas dan menepuk kuas di selembar kain atau kertas agar bersih. Pada saat mencapai ujung strip, campuran cat air harus cukup tebal dan cat akan terlihat pekat dan buram.

7.    Membuat gradien

gradian gradasi warna menggunakan cat air

Kegiatan ini mirip dengan membangun warna, tetapi alih-alih bekerja dengan air biasa dan tampilan berbeda dari satu warna, cara melukis untuk pemula ini menggunakan dua warna dan secara perlahan beralih dari satu warna ke warna lainnya. Ini adalah teknik yang bagus untuk melukis langit dan matahari terbenam.

Pastikan untuk menggunakan warna yang berdekatan pada roda warna untuk menciptakan harmoni, misalnya hijau dan kuning, biru dan ungu, merah dan oranye, atau biru dan hijau. Pertama siapkan cat yang tidak terlalu encer atau pekat, mulai lukis strip warna dengan cat murni tanpa air, lalu ambil warna lainnya dan sapukan dengan perlahan. Transisi warna harus lembut dan halus agar gradien tidak terlihat berombak.

Untuk lebih lanjut membaca gradian warna cat air silahkan putar video di bawah ini.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *