Ngecamp di pantai gunung kidul

Pesona Luar Biasa Camp di Pantai Gunung Kidul – Beauty and Wonderful

Liburan akhir tahun ajaran baru sekolah adalah salah satu jadwal holiday yang paling ditunggu banyak orang. Untuk mengisi kelonggaran selama kurang lebih dua pekan tersebut, Aku berinisiatif mengajak sanak saudara dan kerabat untuk menikmati dinginnya malam di pesisir pantai. Yak Nge Camp di Pantai gitu istilah nya.

Ceritanya bosen kamping di Gunung, pengen suasana baru.

Di lain sisi Aku juga ingin merasakan sensasi dari tiupan angin laut selatan. Yang katanya akan dapat mendekatkan ruh jiwa seseorang kepada Rabb nya bila berdiri di pesisir pantai.

Obrolan Santai Yang Berujung Fix Nge-Camp Ke Pantai

angkringan - obrolan santai berujung Ngecamp di pantai
angkringan  – via @portal-bisnis,com

Berawal dari obrolan santai dengan temen dan kerabat ketika nongkrong bareng di pinggiran Kota. Cerita curhat gosip masa depan semua Kami curahkan ketika itu. Singkat cerita aja, soalnya kalo Aku ceritakan semuanya bisa panjang hingga 2000 kata.

Setelah hampir beranjak dari tempat ku coba bujuk mereka semua dengan pertanyaan untuk mengadakan agenda liburan tahun ini, 2018.

Lain orang lain hati. Lain hati lain pilihan. Mereka memilih liburan dengan nonton anime, film dan drama korea di rumah, mager. Dibanding liburan yang membuang-buang duit.

Bikin emosi juga sih masukan dari mereka. Apa gak bosen liburan Cuma di rumah? Masa liburan tahunan juga masih pengen nyelem di kapuk.

Eh ya, maaf. Dua paragraf diatas itu boong. Yang bener yang ini nih.

Ringkast kata. Ternyata mereka itu juga nungguin ajakan mabar (main bareng) satu sama lain. Soalnya kalo mau ngajak takut gak kesampean. Jadi saling nunggu, gaje.

Seketika itu juga langsung Aku ajukin pertanyaan “Gimana kalo Camp di Pantai Gunung Kidul?”.

Dari 5 orang, banyak jawaban yang bervariasidari yang aneh sampai yang nyeleneh.

Pokoknya akhir dari rapat cepat ala tongkrongan angkringan Kota Solo  hari itu adalah Fix Ngecamp pantai pekan depan.

BTW. Yang tadinya mau beranjak pulang dari angkringan malah berlarut hingga malam, karena bahasan Main ke Pantai.

Persiapan Camp di Pantai

ngecamp pantai bersama mereka
@pixabay

Ngomogin soal persiapan bermalam nge Camp di Pantai harus diperhitungkan seakurat mungkin. Pertama yang Kami perhatikan. Kok jadi Kami bukan Aku. Ya kan yang persiapan bukan Aku saja, Temen-temenku juga hehehe.

Ngobrolin tentang kemping berkemah itu sebenarnya gampang-gampang susah. Terlebih di pantai dengan cuaca dan keadaan yang gak menentu.

Dengan cuaca dan pasang surut air laut berbeda tiap bulannya maka kami tentukan hari dan tanggal yang untuk berangkat dengan tepat. Melalui bantuan perhitungan akurasi suhu dan cuaca melalui jalan eyang Google dari website BMKG untuk melihat cuaca sepekan ke depan.

Setelah terpilih planning tentang waktu hari pemberangkatan Kami mulai eksekusi ke persiapan nge camp di pantai selanjutnya.

Persiapan Tempat

Menentukan tempat berlabuh bersinggah untuk menyejukan mata mendinginkan hati dan mendekatkan diri kepada Sang Ilahi di sisiran pantai Selatan. Sebenarnya banyak pantai yang cocok untuk camping di Gunung Kidul Jogjakarta. Hampir ada lebih dari puluhan spot disana keren ngecamp di pantai selatan.

Dalam berunding  menentukan temapat, saya dengan sengaja mengajukan beberapa rekomendasi. Berikut beberapa Rekomendasi Pantai Gunung Kidul Jogja Untuk Camping Bersama teman Ku. Yang mungkin juga bisa menjadi tolak ukur bagi Anda.

  • Pantai Greweng

Camping-Pantai-Greweng
@pantainesia.com

Terletak di Desa Jepitu, Kec. Girisubo, Kab. Gunung Kidul, Jogjakarta.

Greweng merupakan istilah bahasa jawa yang artinya berlubang sedikit. Dari bahasa tersebut telah menyebutkan fisik keadaan sekitar pantai. Ya, pantai dengan apitan dua batu yang greweng bawahnya karena sapuan ombak.

Kenapa harus milih di sini?

Satu, karena masih sepi. Serasa lokasi milik pribadi.  Jadi lebih inside kalau mau menikmati liburan bersama kawan ataupun sanak saudara.

Dua, Disepanjang pantai disuguhkan panorama alam yang masih alami tanpa sentuhan manusia.

Tiga, untuk dapat mencapai tujuan pantai Greweng kita harus jalan setapak terlebih dahulu. Karena transportasi besar belum dapat masuk ke pesisiran pantai.

Tapi, untuk bisa sampai di bibir Pantai Greweng kita harus jalan setapak terlebih dahulu, jalur menuju pantai terbilang cukup ringan kok. Sepanjang perjalanan kita akan disuguhkan dengan pemandangan alam sekitar Pantai Greweng yang terlihat masih alami.

  • Pantai Krakal

ikon ikan pantai krakal
@detik

Letak strategis nya di Dsn Ngesti rejo, Kec Tanjung sari, Kab Gunung Kidul.

Pantai Krakal telah lama menjadi ikon pantai di daerah Gunung Kidul. Ikon ikan kuning pada monumen karang besar di krakal menjadi ciri khas pantai Karang ini. Pasir pantai yang membentang luas di penjuru timur sampai barat krakal juga akan tampak mempesona bila bergerak diterkam ganasnya ombak laut.

Terlebih di sisi kanan dan kiri batu karang besar terdapat spot-spot keren dan cocok untuk kemping. Bila ditinjau dari wisatawan yang datang ketika pagi hari lumayan sedang tidak sepi dan tidak begitu padat.

  • Pantai PrangTritis

camp di pantai parangtritis
@visit2indonesia.com

Memang sudah tak asing di telinga kami. Pantai Parangtritis terletak di Kabupaten Bantul, namun pantai ini masih termasuk pekarangan pantai selatan Jogjakarta. Jadi masuk salah satu kriteria tujuan kami. Dengan menempuh jarak 27 kilometer dari pusat kota menjadi referensi lain untuk bermalam mendirikan tenda di sisran pantai ini.

Panorama pasir coklat khas pantai membentang luas akan menyuguhkan pemandangan yang super keren menyihir kelopak mata. Selain itu pantai ini juga salah satu pantai paling rame dikunjungi wisatawan. Jadi ketika siang hari akan terlihat rame banyak orang wisata disana.

Setelah selesai perundingan untuk memilih lokasi, skarang telah terpapar jelas beberapa pantai yang menjadi rekomendasi tujuan Kami. Melalui ujicoba teknis Kami menentukan Pantai Krakal sebagai tempat mendirikan tenda beberapa hari ke depan. Dengan alasan logis, tidak terlalu sepi, simpel, deket warung dan mudah dilalui sepeda motor.

Persiapan Bekal Camp di Pantai

Soal persiapan barang, bahan dan alat-alat yang akan dibawa untuk camping, temen ku yang bernama Ollajuwon lah yang ahli dalam hal itu. Barang sekecil apapun tak akan dia lewatkan. Karena dia berpikir “bila persiapan matang hasilnya pasti lebih matang”.

Sore hari menjelang magrib, dia tiba-tiba datang menghampiri ku di depan rumah. Ngrobolin bosa basi yang gak basi-basi lalu membawaku ke renta peralatan naik gunung dan camping. Seperti kompor mini outdoor, tenda head-lamp dan lain-lain.

Bekal lain pun juga kami siapkan setelah sholat magrib selesai kami laksanakan. Bekal yang kami siapkan untuk camp di pantai cukup simpel.

Bekal logistik kami membawa makanan ringan, air mineral putih, singkong mentah dan mie instan yang sekiranya cukup untuk sehari semalam di pantai. Tak lupa kami membawa alat masak seperti panci dan sendok.

Berbanding lurus dengan kebutuhan pangan, Kita juga perlu mempersiapkan kesehatan mulai dari hari ini agar tetap fresh ketika berangkat besok sore harinya.

Perlengkapan Camping Di Pantai Yang Harus Dibawa

  • tenda
  • matras
  • flyheet (kain anti air penghalang air)
  • headlamp
  • alat masak
  • obat-obatan
  • pisau
  • wadah air
  • air putih bersih
  • handuk/lap kering
  • minyak tanah
  • baju ganti
  • sleeping bag
  • kacamata renang
  • kamera dan handphone

Membawa 4 Kuda Besi Tua Tenaga Baja Ke Pantai

vespa nge camp di pantai gunung kidul yogyakarta jogja
@pexels

Sore yang sedikit mendung, tepatnya pada hari sabtu pukul 19.00 wajah berseri mendatangi kami. 7 orang berkumpul di satu titik kumpul tanpa ada koma. Kami mulai berdoa lalu memeriksa kembali perbekalan yang akan dibawa. Mulai ransel besar kami termasuk isi dompet. Biar gak kosong kayak hati ini.

Perjalanan kami pun dipimpin oleh satu diantara kami, yakni Tupan. Kenapa kami harus mengangkat seorang pemimpin? Toh perjalanan Cuma buat liburan.

Karena Rasulullah SAW telah mengajarkan dalam sebuah hadist : “Apabila ada 3 orang yang sedang keluar pada suatu perjalanan safar, maka hendaklah mereka mengankat (menunjuk) salah seorang dari mereka sebagai pemimpin ” (Hadist riwayat Abu dawud 2241)

Setelah kata “aamiin” dari doa terucap. Kami pun memulai memanaskan mesin motor dan menekan sedikit tancapan gas untuk menagwali perjalanan menuju pantai Krakal tujuan kami kemping.

Untuk menempuh perjalanan 85 KM dari rumah ke lokasi pantai membutuhkan waktu kurang lebih dua setengah jam. Untuk itu kami perlu bergantian memegang kemudi motor agar tidak terlalu capek diperjalanan, karena kami melakukan perjalanan malam dari habis isyak.

Setelah sejam, kami mulai memasuki Kabupaten Gunung Kidul. Dari sinilah kami mulai melewati jalan tanjakan yang menyuguhkan pemandangan luar biasa di sekitar. Butuh fokus lebih untuk menerjang dinginnya malam di perjalanan.

Rasa dingin dan kantuk kami terobati dengan adanya pemandangan lampu dari sekitar pemukiman Gunung Kidul masih terkesan yang masih menyala. Terlebih dengan penataan jalan dan proyek yang terbilang rapi di sekitar jalan.

Bila di siang hari kita melewati jalan. Akan dapat melihat di samping perlintasan jalan ke arah pantai terdapat perkebunan warga, persawahan, bukit hijau, hingga taman yang sengaja dibuat untuk wisata. Baik milik swasta maupun pemerintah setempat.

***bersambung klik disini ***

husni

Solo (Spirit of Java) - Magetan - Young - Moslem - Publisher - Marketer Online - Student - Worker

2 thoughts to “Pesona Luar Biasa Camp di Pantai Gunung Kidul – Beauty and Wonderful”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *