Alat Musik Khas Jawa Tengah

Alat Musik Khas Jawa Tengah

Tepat di tengah pulau Jawa, terdapat satu provinsi yang cukup besar yaitu Jawa Tengah. Tidak hanya menjadi center pulau Jawa, Jawa Tengah juga menjadi pusat kebudayaan. Banyak yang bisa Anda temukan di provinsi tersebut mulai dari pakaian adat hingga alat musik khas Jawa Tengah.

Alunan musik Jawa sudah terkenal dan memiliki ciri khas tertentu. Di Jawa Tengah sendiri terdapat beberapa alat musik khas yang juga bisa menghasilkan alunan musik Jawa tersebut. Di balik lestarinya musik Jawa Tengah, terdapat alat musik atau gamelan dari Jawa Tengah sebagai berikut.

Kendang Solo Jawa Tengah

alat musik solo jawa tengah

Alat musik pertama yang perlu Anda kenali adalah kendang. Mengenal alat musik yang satu ini cukup mudah, karena nama yang digunakan hampir sama dengan suara alat musik tersebut, yaitu “Dang tak ken dang”. Suara kendang akan sangat menentukan enak atau tidaknya arangsemen sebuah lagu.

Secara umum, banyak budaya Jawa Tengah yang bisa ditemukan di Yogyakarta. Misalnya saja pakaian adat khas solo yang juga ada di Jogja hanya saja beda motif. Begitu juga kendang, Anda juga bisa temukan kendang di Jogja, hanya saja khas musik yang dihasilkan memiliki arangsemen yang berbeda.

Bonang

Bonang Alat Musik Tradisional Jawa Tengah

Bonang merupakan alat musik yang dapat menghasilkan nada yang enak didengar. Kalau Anda menyukai musik Jawa, Anda bisa rasakan ketukan yang menenangkan dari suara bonang ini. Dibutuhkan skill khusus untuk memainkan bonang agar bisa mengikuti arangsemen yang diharapkan.

Alat musik bonang dapat dimainkan dengan cara dipukul dengan alat yang bernama bindhi. Sebagai salah satu alat musik tradisional, bonang telah memiliki sejarah yang panjang dan bisa tetap lestari hingga sekarang seperti alat musik tradisional Jawa Tengah lainnya.

Saron

saron solo

Kali ini, Anda diperkenalkan dengan saron yang merupakan bagian dari alat musik balungan. Rasanya ada yang hambar ketika Anda mendengar lagu Jawa yang tidak di iringi dengan alat musik tradisional tersebut. Dalam satu set gamelan, terdapat 4 buah saron yang telah di atur jenisnya.

Dapat dijelaskan, satu set saron tersebut telah di atur untuk versi Pelog dan Slendro. Sudah sepatutnya tempat-tempat publik seperti universitas di solo dan ruang publik lainnya untuk melestarikan alat musik Jawa Tengah tersebut baik sebagai sarana pendidikan maupun untuk pelestarian budaya.

Demung

Demung - alat musik tradisional Solo Jawa Tengah

Demung adalah alat musik selanjutnya yang perlu Anda ketahui. Dapat dikatakan bahwa demung hampir mirip dengan saron, hanya saja demung memiliki nada yang lebih rendah dibandingkan dengan saron. Untuk menghasilkan nada yang pas, dibutuhkan skill yang cukup untuk memainkannya.

Sama seperti pada saron, dalam satu set gamelan juga terdapat 4 buah demung yang juga memiliki versi untuk Pelog dan juga Slendro. Untuk membedakan antara demung dengan saron, Anda bisa melihat bagian wilahan demung yang lebih tipis dibandingkan yang terdapat pada saron.

Kenong

kenong

Alat musik Jawa Tengah yang selanjutnya adalah kenong. Tidak kalah penting dengan alat musik lainnya, kenong memiliki fungsi khusus yaitu untuk menunjukkan nada akor atau juga bisa menjadi batas gatra dalam istilah lagu Jawa. Kenong juga menjadi alat musik yang menarik untuk dipelajari.

Anda bisa belajar musik kenong melalui gambar agar lebih mudah memahami. Satu set terdiri dari 10 buah kenong, pastikan Anda mengenali mana gambar yang dipukul untuk mempertegas irama dalam lagu Jawa. Untuk mempelajari musik Jawa tersebut, Anda bisa belajar dari yang sudah ahli.

Slenthem

Demung - alat musik tradisional Solo Jawa Tengah

Setiap alat musik dalam satu set gamelan memiliki fungsinya masing-masing. Seperti contoh di atas bahwa fungsi demung adalah untuk menghasilkan nada rendah. Nah, alat musik selanjutnya adalah slenthem. Alat musik yang satu ini berfungsi untuk menghasilkan dengungan rendah.

Istilah dengungan rendah di atas mungkin lebih familiar ketika disebut dengan bunyi gema. Anda bisa dengan mudah mengenali slenthem, yaitu alat yang terbuat dari logam tipis kemudian terdapat untaian tali yang meletakkan logam tipis tersebut di atas tabung-tabung.

Gong

gong

Bisa jadi gong adalah alat musik dari Jawa Tengah yang paling terkenal dan pernah dipukul oleh seorang Joko Widodo ketika ada peresmian event besar atau semacamnya. Iya, gong tidak hanya dimiliki oleh Yogyakarta saja, tetapi alat tersebut juga termasuk alat musik tradisional dari Jawa Tengah.

Cara memainkan alat musik yang satu ini adalah dipukul dan biasanya Anda dengan di akhir ketukan pada lagu Jawa. Memiliki bentuk yang cukup besar dan mewah, ternyata gong terbuat dari logam seperti tembaga atau perunggu yang sudah diolah sedemikian rupa.

Siter

siter solo

Alat musik dengan suara khas yang dihasilkan, yaitu siter. Cara memainkan siter pun cukup unik, yaitu harus dimasukkan ke dalam kotak. Macam nada yang dihasilkan siter juga terdapat dua versi, yaitu Pelog dan Slendro.

Kalau Anda penasaran dengan alunan nada dan suara dalam lagu Jawa yang menyayat hati, maka jawabannya adalah dari alat yang bernama siter tersebut. Tidak terlalu besar, siter biasanya berukuran sekitar 30 cm, dengan dilengkapi 11 dan 13 pasang senar.

Kempul

kempul

Selanjutnya, Anda bisa berkenalan dengan kempul, yang juga merupakan alat musik yang harus ada ketika pementasan musik Jawa. sebagai bagian dari alat musik gamelan, kempul termasuk ke dalam jenis instrumen keras.

Gambang

gambang

Pernah melihat pementasan gambang kromong? Nah, gambang yang digunakan pada pementasan tersebut kurang lebih sama dengan gambang yang merupakan bagian dari alat musik tradisional Jawa Tengah ini.

Gambang yang dimiliki oleh alat musik Jawa Tengah adalah gambang yang terdiri dari 18 bilah bambu. Adapun cara untuk memainkan alat musik tersebut adalah dengan cara dipukul.

Suling

suling

Tentu Anda sudah mengenal alat musik yang disebut suling. Dalam perkembangan musik modern, terdapat alat yang hampir mirip dengan suling seperti recorder, atau mungkin Anda sering menyebutnya dengan sebutan seruling. Tetapi, alat musik suling tetap memiliki ciri khasnya tersendiri.

Ciri khas dari suling tradisional adalah bahan untuk membuat alat tersebut yaitu bisa dari bambu atau kayu. Yang tidak kalah menarik, Anda bisa dengarkan suara yang begitu merdu ketika suling tradisional ini dimainkan oleh wiyaga atau pemain musik yang sudah ahli.

Kini, seruling tidak hanya dikenal sebagai alat musik tradisional saja. Tetapi, sudah banyak musik modern yang memadukan suara suling dengan alat musik modern lainnya untuk menghasilkan nada dan arangseman yang enak didengar.

Gender

alat musik tradisional gender

Tidak kalah penting dengan alat musik lainnya, gender adalah alat musik Jawa Tengah yang harus ada pada satu set gamelan. Terdapat tiga versi suara yang bisa dihasilkan oleh gender, yaitu pelog, pathet nem dan lima, pelog pathet barang dan slendro.

Untuk menghasilkan nada yang diharapkan, gender telah dilengkapi dengan 10 hingga 14 bilah logam.

Perpaduan suara gender dengan alat musik gamelan lainnya bisa menghasilkan suara yang khas Jawa Tengah dan seolah membawa Anda ke kedamaian zaman di masa lampau

Tinggalkan komentar