Lafal Akad Nikah Bahasa Arab Singkat Sesuai Sunnah

Lafadz Akad Nikah Bahasa Arab – Akad nikah merupakan salah satu rukun yang harus dilakukan pada saat pernikahan berlangsung. Apabila rukun ditinggalkan maka nikah-pun tidak sah.

Sebagaimana Ibnu Taimiyah menyatakan bahwa masyarakat umum dapat melafalkan ijab kabul pernikahan dengan bahasa daerah masing-masing.

Namun janji suci dalam pernikahan juga butuh sebuah keberkahan, yakni sebuah tindakan yang telah disunnahkan. Seperti pengucapan lafal ijab qobul dengan bahasa arab.

Maka tak heran pula bila para orang terkenal dan mentereng di negeri kita ini juga mengajarkan sunnah. Mereka menggunakan lafal bahasa arab ketika menikah atau menikahkan anaknya. Jadi penggunaan teks lafal tulisan akad nikah ijab qobul bahasa arab juga sangat populer juga di Indonesia.

Nah sebagai tolak ukurnya. Apabila anda ingin menikah lalu anda juga ingin menggunakan teks bahasa arab, maka kewajiban anda tau dan hafal teks yang akan anda baca saat menghadap wali (calon pasangan).

Maka dari itu anda harus sejak dini belajar dan wajib tahu lafal dan cara membacanya mulai dari hari ini. Agar tidak grogi &  perlu pengulangan ketika hari ijab qobul dilaksanakan.

Nah, untuk bisa mengetahui dan menghafal teks akad nikah yang bahasa arab dibersamai dengan artinya. Ditambah contoh via video dan mp3 agar dapat ditangkap oleh visual tubuh dengan sigap. Mari simak ulasan berikut ini.

Syarat – Syarat Ijab Kabul Nikah Yang Benar

Adapun syarat-syarat yang harus dipenuhi sebelum acara ijab qobul pernikahan dimulai yaitu :

  1. Kedua Belah Pihak Harus Sudah Tamyiz (Sudah Lamaran)
  2. Ijab Kabul Nikah Berada di Satu Majelis (Disaksikan Oleh Para Saksi)
  3. Lafadz Ijab Kabul Nikah Harus Bersambung (Dari Wali Langsung Ke Calon Pria)
  4. Ijab Kabul Harus Diucapkan Dengan Kata Yang Mutlak & Jelas
  5. Ijab Kabul Diucapkan oleh Pelaku Akad Nikah

Tulisan Lafadz Akad Nikah Bahasa Arab Singkat

susunan acara akad nikah islami

Pada saat acara akad nikah, ucapan ijab qabul diawali dengan orang tua pengantin atau sang wali mempelai perempuan dengan cara menjabat tangan dan mengucap lafal serah terima (ijab qobul).

Adapun lafal bahasa arabnya yang akan dibaca oleh wali nikah perempuan, yakni sebagai berikut.

bacaan akad nikaha bahasa arab wali

Setelah kalimat selesai dibaca, selanjutnya mempelai pria langsung menjawab dengan lafal dibawah ini.

bacaan akad nikah bahasa arab laki-laki

Cukup singkat bukan? Meski sedikit jumlah katanya, tetapi kalau membacanya di depan para wali calon pasangan dan keluarganya, apalagi di depan publik atau para tamu undangan, pasti jadi malu dan grogi tidak menentu.

Tips yang perlu anda kuasai yakni konsentrasi, tenangkan pikiran dan tenangkan hati agar detak jantung tetap stabil. Disini lah ujian seorang laki-laki diuji, kunci utamanya adalah terlatih dan hafal dengan lafal nikah bahasa arab ini.

Akad Nikah Sesuai Sunnah

Ijab Qobul Akad Nikah Bahasa Arab

Bila mengikuti sunnah dan aturan islami. Ijab qobul bisa dipanjangkan dengan perbanyak kalimat memuji Allah SWT dan sholawat kepada nabi Muhammad SAW. Adapun susunan bacaannya sebagai berikut.

  • Basmallah (bismillahir rahmanir rahim)
  • Hamdalah (alhamdulillahi rabiil ‘alaamiin)
  • Sholawat (allahummashollii ‘alaa sayyidina……)
  • Doa akad nikah (ijab qobul)
  • Hamdalah bersama-sama

Sang wali (orang tua perempuan) membaca bismillah, alhamdulillah lalu sholawat dan dilanjut lafal “ankahtuka…”

Tetapi bagi sang pria langsung menjawab dengan lafal “qubiltu….”

Setelah selesai diharapkan para hadirin, saksi dan semua yang hadir mengucap rasa syukur hamdalah. Lalu dilanjutkan doa yang mendoakan semua yang hadir terutama sang pengantin baru.

Doa Setelah Akad Nikah Ijab Qobul

doa berhubungan intim badan malam pertama wanita dan pria

Setelah ijab qobul selesai, sebaiknya sang pengantin pria mendoakan untuk dirinya sendiri dan pasangannya dengan doa yang telah diajarkan Rasulullah SAW yang berbunyi.

اللهم بارك لي في أهلي وبارك لأهلي في
**

Allaaahumma baarik lii fiii ahlii wa baarik lii ahlii fiyya

Artinya “Yaa Allah limpahkanlah berkah pada istriku, padaku dan limpahkanlah berkah pada keluargaku”

Seraya membelai ubun-ubun di kepalanya dan mengusapnya secara lembut. Atau anda bisa membaca do’a setelah ijab qobul akad nikah berikut ini.

اللَّهُمَّ إِنِّى أَسْأَلُكَ خَيْرَهَا وَخَيْرَ مَا جَبَلْتَهَا عَلَيْهِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ شَرِّهَا وَمِنْ شَرِّ مَا جَبَلْتَهَا عَلَيْهِ

Allaahumma innii as-aluka khayrahaa wa khayra maa jabaltahaaa ‘alaihi wa a’uudzubika min syarrihaa wa min syarri maa jabaltahaa ‘alaihi

Artinya “Yaa Allah sungguh aku memohon kebaikan-nya dan kebaikan apa yang Engkau ciptakan pada diri-nya. Dan aku memohon perlindungan kepada-Mu dari keburukan-nya dan keburukan apa yang Engkau ciptakan pada diri-nya”.

Contoh Video Akad Nikah Bahasa Arab

Untuk bisa mendownload akad nikah bahasa arab versi mp3 nya anda bisa gunakan web converter online di google.

Kesimpulan

Menggunakan teks bahasa arab ketika akad nikah bukan suatu keharusan. Meski menggunakan bahasa daerah itu juga bukan persoalan, tetap saja sah menurut agama dan negara.

Namun dengan menggunakan lafal bahsas arab akan bisa meningkatkan nilai positif keislaman dan menambah wawasan baru. Termasuk lebih menyukai bahasa arab dan melaksanakan apa yang dilaksanakan Nabi kita.

Sebagaimana dalam Qur’an surat Asy-Syuara ayat 192 sampai 195. Menjelaskan bahwa bahasa arab adalah bahasa mulia, bahasa para rasul utusan Allah dan bahasa yang digunakan kitab suci Al-Qur’an.

Eits jangan salah bila anda hafal teks bahasa arabnya jangan lupa harus tahu artinya juga yaa. Belajar secara keutuhan tidak hanya hafal tapi juga tau makna sesungguhnya apa yang telah diucapkan.

Banyak pertimbangankan menikah dengan menggunakan lafal ijab qobul bahasa arab. Semoga acara pernikahan anda berjalan lancar yaa.

Bagi yang masih sendiri dan tetap mau belajar menghafal tulisan ijab qobul akada nikah bahasa arab, semoga anda segera dipertemukan jodohnya.

Bagi para wali nikah, semoga keberkahan selalu terlimpahkan pada anda.

Sekian, terimakasih.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *